Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi kesehatan Tubuh – Petai memiliki bentuk biji pipih dan panjang, serta bulat seperti almond. Yang paling istimewa dari petai tentu saja baunya yang khas. Sebagian orang tidak keberatan dengan bau tersebut, sedangkan sebagian lainnya tidak menyukai bau yang dihasilkan dari petai. Cara mengonsumsinya pun beragam, petai bisa dimakan mentah, digoreng, dibakar, atau diacar. Di Indonesia sendiri biasanya petai disajikan bersama dengan nasi goreng, kentang goreng balado, atau pendamping lalapan.

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi kesehatan Tubuh
Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Petai Bagi kesehatan Tubuh

Petai dikenal juga sebagai parkia speciosa. Selain baunya, rasanya juga khas. Petai berasa sedikit pahit, namun jangan salah, petai tetap disukai banyak orang. Biar pun aromanya cukup mencolok, petai memiliki segudang manfaat. Bagi Anda yang menyukai maupun yang tidak menyukai petai, simak hal menarik berikut ini.

Nutrisi apa saja yang terdapat di dalam petai?

Berikut ini adalah zat-zat yang terkandung dalam petai :

  • protein 6,0-27,5 g
  • lemak 1,6-13,3 g
  • karbohidrat 13,2-52,9 g
  • serat mentah 1,7-2,0 g
  • energi 91,0-441,5 kcal
  • kalsium 108,0- 265,1 mg
  • zat besi 2,2-2,7 mg
  • kalium 341,0 mg
  • fosfor 115,0 mg
  • mangan 42,0
  • magnesium 29,0
  • tembaga 36,7 ppm
  • zinc 8,2 ppm
  • vitamin C 19,3 mg
  • thiamine 0,28 mg
  • ╬▒-tokoferol 4,15 mg
Manfaat petai untuk ginjal begitu beragam karena kandungan ini

Anda bisa merasakan manfaat petai untuk kesehatan dengan mengetahui berbagai kandunganya berikut ini. Ada antioksidan, beta-sitosterol dan stigmasterol, siklik polisufida, hexathionine, serta triathiolane.

Antioksidan

Petai mengandung antioksidan bernama flavonoid dan asam tiazolidin-4-karboksilat. Antioksidan ini berfungsi membantu melawan radikal bebas yang dapat melemahkan fungsi ginjal dan menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes dan kanker.Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa petai merupakan tanaman dengan kandungan dan aktivitas antioksidan yang tinggi.

Beta-sitosterol dan stigmasterol

Petai juga mengandung beta-sitosterol dan stigmasterol yang berfungsi menurunkan kadar gula darah. Gula darah yang tidak terkontrol dengan baik, dapat menyebabkan terjadinya gangguan fungsi ginjal.

Siklik polisulfida, hexathionine dan trithiolane

Manfaat petai untuk ginjal selanjutnya adalah mengurangi risiko infeksi ginjal yang sebagian besar disebabkan oleh bakteri.

Ekstrak biji petai mengandung siklik polisulfida, hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri. Penelitian sementara menyebutkan, ekstrak biji petai paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

Masih ada manfaat petai lainnya untuk kesehatan, apa saja?
1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat petai bagi kesehatan adalah memiliki efek hipoglikemik atau kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah. Khasiat petai untuk menurunkan kadar gula darah ini berkat kandungan beta-sitosterol, stigmasterol dan stigmast-4-en-3-one di dalamnya. Meski begitu, efek menurunkan darah ini baru berlaku pada hewan percobaan yang menderita gula darah.

2. Mengurangi Depresi atau Stres

Manfaat petai lainnya adalah mengurangi depresi atau stres. Petai memiliki kandungan triptofan, yaitu senyawa protein yang akan diubah tubuh menjadi serotonin. Dengan mengonsumsi serotonin, seseorang bisa menjadi rileks dan bahagia sehingga dia terhindar dari depresi atau stres.

3. Mengatasi Anemia

Manfaat petai atau pete yang bisa didapatkan oleh tubuh adalah merangsang produksi sel darah merah. Manfaat petai ini tentu sangat berguna untuk mengatasi anemia. Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin. Ketika tidak ada zat besi yang cukup dalam aliran darah, seluruh tubuh tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Petai mengandung kadar kalium yang tinggi tapi rendah garam atau natrium. Karena itu manfaat petai untuk menurunkan tekanan darah tinggi tak diragukan lagi. Tidak itu saja, penelitian yang dilakukan Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA) menunjukkan manfaat petai untuk menghindari serangan penyakit stroke.

Hal ini diperkuat sebuah riset yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine. Disebutkan bahwa menyertakan petai dalam makanan sehari-hari akan menurunkan risiko kematian karena stroke sampai 40%.

5. Mengobati Sembelit atau Susah BAB

Manfaat petai atau pete selanjutnya adalah menormalkan kembali sistem pencernaan sehingga mampu mengobati sembelit atau susah buang air besar (BAB). Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi di dalam petai. Dengan mengonsumsi petai, kamu tak perlu minum obat-obatan pencahar untuk mengatasi sembelit atau susah BAB.

6. Memperbaiki Mood Saat PMS (Premenstrual Syndrome)

Manfaat makan petai atau pete berikutnya adalah memperbaiki mood saat PMS. Saat mengalami PMS, kamu tidak perlu mengonsumsi obat atau jamu khusus. Cukup makan dengan petai. Vitamin B6 di dalam petai mampu mengatur kadar gula darah sehingga dapat membantu memperbaiki mood saat PMS

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

7. Membantu Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Manfaat petai atau pete yang jarang diketahui adalah bisa membantu menghilangkan kebiasaan merokok. Ya, kamu mungkin bisa sembuh dari kebiasaan merokok dengan rajin mengonsumsi petai. Ini semua berkat kandungan vitamin B6 dan B12, kalium, potasium, dan zat besi di dalam pete yang bisa membantu tubuh untuk mengatasi kecanduan nikotin.

8. Sebagai Anti-bakteri

Kandungan senyawa polisulfida siklik menunjukkan manfaat petai atau pete bagi kesehatan sebagai anti-bakteri. Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak biji petai mengandung trithiolane dan hexathionine yang memiliki kemampuan anti-bakteri. Ekstrak biji petai itu paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

9. Sebagai Anti-kanker

Beberapa penelitian menemukan bahwa selain vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, ekstrak petai juga mengandung flavonoid, polyphenol, dan phytosterol. Ketiga kandungan tersebut menunjukkan, manfaat petai lainnya sebagai antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi. Jika ditambah dengan kandungan asam thiazolidine-4-carboxylic di dalamnya, maka berarti petai juga memiliki manfaat sebagai anti-kanker.

10. Memperbaiki Mood dan Emosi

Khasiat petai atau pete untuk pengobatan dapat dirasakan oleh penderita Seasonal Affective Disorder (SAD), sejenis depresi ringan yang lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Petai dapat membantu penderita SAD karena mengandung triptofan, salah satu jenis asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang bisa mendorong mood dan emosi. Efek triptofan secara biologis berperan dalam pembentukan serotonin. Zat neurotransmiter di otak ini dapat membuat seseorang lebih rileks. Selain itu, serotonin berkaitan dengan rasa mengantuk.

11. Meningkatkan Energi dan Stamina

Di dalam petai terkandung 3 gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Apabila dikombinasikan dengan serat, maka manfaat petai adalah untuk meningkatkan energi dan stamina. Sebuah riset membuktikan manfaat petai yaitu ketika seseorang menyantap dua porsi pete yang membuatnya mampu melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

12. Menenangkan Sistem Saraf

Petai memiliki kandungan vitamin B dalam jumlah besar sehingga manfaat pete yang bisa didapatkan adalah untuk menenangkan sistem saraf. Kandungan vitamin B yang tinggi membantu melemaskan sistem saraf pusat. Petai juga diperkaya oleh kalium yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan juga mengelola keseimbangan air tubuh manusia. Ketika merasa cemas, laju metabolisme meningkat hingga menurunkan kadar kalium.

13. Mengatasi Luka Lambung

Manfaat pete selanjutnya adalah mengatasi luka lambung. Petai dapat digunakan sebagai makanan untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

14. Mengatasi Mabuk

Salah satu manfaat petai bagi kesehatan adalah mengatasi mabuk akibat minum minuman keras. Caranya, buat milkshake dari petai yang diberi tambahan madu. Petai akan menenangkan perut, sementara madu akan meningkatkan kadar gula darah yang turun. Sedangkan susu akan menenangkan dan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. Meski cara ini terdengar aneh, akan tetapi aroma yang ditimbulkan dari petai dapat membangunkan seseorang dari mabuk.

15. Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah penelitian terhadap 200 siswa di Twickenham, Inggris, mengungkapkan khasiat petai atau pete untuk meningkatkan kemampuan otak. Mereka yang mengonsumsi petai sebanyak tiga kali sehari dapat mengerjakan soal ujian dengan mudah.

16. Meredakan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Manfaat petai yang jarang diketahui orang adalah bisa meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. Kamu mencobanya dengan menggosokkan kulit bagian dalam petai ke kulit yang gatal akibat gigitan nyamuk. Kulit petai akan meredakan rasa gatal dan radang yang mengganggu ini.

17. Mengatasi Mual dan Muntah

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat petai lainnya adalah untuk mengatasi mual dan muntah yang diakibatkan terlalu banyak makan. Hal ini bisa terjadi karena petai memiliki efek antasid pada tubuh. Petai dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit pada perut. Makan petai di sela waktu makan juga membuat kadar glukosa darah naik dan mencegah mual di pagi hari pada wanita.