Mengenal Manfaat Timun Jepang Untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Timun Jepang Untuk Kesehatan Tubuh – Tahukah Anda manfaat timun jepang bagi kesehatan?. Timun jepang memiliki rasa tawar, namun hadir dengan tekstur yang lebih padat dan berair dibandingkan dengan timun lokal. Selain itu, timun jepang memiliki daging yang transparan dan cenderung agak berbiji. Sementara itu, kandungan nutrisi yang ada pada timun jepang cenderung sama dengan timun lokal.

Mengenal Manfaat Timun Jepang Untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Timun Jepang Untuk Kesehatan Tubuh
Mengenal Manfaat Timun Jepang Untuk Kesehatan Tubuh

Anda sudah sering makan mentimun, tetapi sudah pernah coba zucchini atau si timun jepang belum? Sayuran yang bentuknya mirip terong ini ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan Anda.

Kita akan menjabarkan mengapa timun jepang begitu menakjubkan bagi kesehatan. Timun jepang diperkaya dengan serat, protein, karbohidrat dan vitamin C. Selain itu, makanan sehat ini juga tinggi vitamin A, folat dan kalium.

Kemudian, hampir 95 persen dari timun jepang adalah air dan mengandung antioksidan, sehingga melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan karena oksidasi. Nah, penasaran kan manfaat selengkapnya dari mengonsumsi timun jepang bagi kesehatan?

Berikut manfaat mengonsumsi timun jepang bagi kesehatan:

Mengenal Manfaat Timun Jepang Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan berat badan

Jadi, jika Anda mengonsumsi banyak, kandungan kalori tubuh Anda akan tetap terkendali pada saat yang sama membuat Anda merasa kenyang untuk durasi yang lebih lama.

100 gram timun yang tidak dikupas akan menghasilkan sekitar 15 kalori, jadi meskipun Anda mengonsumsi 200 atau 300 gram timun, asupan kalori Anda akan sekitar 30 hingga 45 kalori.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Timun jepang mengandung jumlah air dan kalium yang cukup besar. Karena yang memiliki sifat diuretik. Berarti itu membantu menjaga level air tubuh Anda terkendali. Secara umum, jika tubuh Anda (tepatnya ginjal) sedang berjuang untuk mengeluarkan air dan efek negatif dari garam, kemungkinan besar Anda akan mengalami pembacaan tekanan darah tinggi.

Di sinilah timun memainkan peran yang sangat baik untuk menyeimbangkan kadar air dan kadar natrium dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Timun jepang sebenarnya membantu meningkatkan kualitas tidur. Kandungan magnesium yang tinggi dalam Mentimun membantu untuk menginduksi tidur dan mengurangi episode insomnia. Magnesium memainkan peran kunci untuk mendorong tidur dan ada uji klinis pada magnesium yang tersedia untuk mendukung klaim ini.

4. Menjaga mata dan kulit Anda tetap sehat

Bahan utama dalam mentimun yang bertanggung jawab untuk kesehatan mata yang baik adalah Beta-karoten, Lutein, Zeaxanthin dan lutein.

Lutein dan Zeaxanthin menghalangi cahaya biru dari mencapai retina sehingga mengurangi kerusakan oksidatif yang diinduksi cahaya, sedangkan Beta-Karoten adalah antioksidan yang diubah menjadi Vitamin A oleh tubuh kita untuk menyehatkan Mata dan kulit kita.

Ingat, kulit dan biji mentimunlah yang menghasilkan Beta-karoten, lutein, dan Zeaxanthin. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan banyak beta-karoten, lutein dan Zeaxanthin dari mentimun, pastikan Anda tidak mengupasnya.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

5. Bagus untuk tulang, gigi, rambut dan kuku

Timun jepang mengandung bahan super yang disebut Silica. Silica dalam makanan inilah yang membantu menyerap kalsium dan mineral penting lainnya dengan optimal yang terbaik.

Jika Anda menderita masalah terkait tulang seperti osteoporosis atau penyakit degenerasi tulang lainnya, maka pastikan Anda mengonsumsi makanan seperti timun.

6. Sempurna untuk Ginjal

Kelebihan asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit yang menyakitkan seperti asam urat dan penyakit terkait gaya hidup lainnya. Oleh karena itu mereka yang menderita penyakit yang berkaitan dengan kadar asam urat yang tinggi harus memiliki makanan yang bersifat basa, sehingga membilas asam urat dari tubuh. Mengkonsumsi timun jepang di malam hari dapat membantu menghilangkan kristalisasi asam urat di persendian.

7. Bagus untuk jantung

Timun rendah lemak (hampir nol), kolesterol dan Natrium dan tinggi Potasium, Magnesium, dan vitamin. Karena kualitas ini, timun bertindak sebagai makanan super untuk jantung. Buah sederhana ini mengandung elemen kunci yang disebut Cucurbitacins.

Dan penelitian tentang Cucurbitacin telah menemukan bahwa ia memiliki sifat anti-aterosklerotik yang membantu menjaga aterosklerosis menjauh. Meskipun timun secara keseluruhan baik untuk jantung, komponen kunci yang membuatnya istimewa adalah keseimbangan kandungan kalium dan natrium.

8. Membuat Anda tetap terhidrasi

100 gram timun mengandung sekitar 96% air, oleh karena itu buah ini menjadi buah yang ideal untuk musim panas. Jika Anda adalah seseorang yang tidak minum banyak air, penting untuk mengonsumsi timun atau melon agar tetap terhidrasi.

9. Baik untuk penderita diabetes

Timun menjadi makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes, terutama karena 2 alasan utama. Satu, timun mengandung hormon penting yang dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin. Dua, silica dalam timun membantu menstabilkan pelepasan Insulin.

10. Mengatasi bau mulut

Timun jepang mengandung air dan serat yang membantu meningkatkan produksi air liur. Dengan demikian mencegah Anda dari mulut kering dan membersihkan residu yang tidak diinginkan yang mungkin ada. Fitokimia dalam timun dapat membunuh bakteri yang menghasilkan bau mulut.

Ketika Anda mengalami bau mulut, ambil sepotong timun dan letakkan di atap mulut selama satu menit, bau mulut pun akan memudar.