Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITS

Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITSGarut memang sebuah kota yang sangat menarik untuk dikunjungi. Anda dapat berkeliling kota Garut seharian penuh dan masih merasa belum puas karena tak semua Tempat Wisata di Garut bisa anda kunjungi dalam sehari. Pemandian Air Panas Garut dan Kawasan Wisata Darajat Garut memang merupakan Tempat Wisata yang paling populer di Garut. Namun bila waktu anda di Garut habis, jangan merasa sedih ? Tenang. Setidaknya anda bisa membeli Makanan dan Oleh-Oleh Khas Garut ini untuk dibawa pulang sebagai pengobat rasa kecewa anda.

Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITS

Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITS
Itupk.com – Agen Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi DominoQQ | Bandar Q | AduQ | Bandar66 | Poker

 

Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITS – Setiap daerah pasti mempunyai suatu makanan khas yang menjadi ciri atau berbahan baku dari kekayaan alam yang dimilikinya. Selain itu, makanan khas tersebut tentunya bisa dijadikan buah tangan atau oleh oleh khas yang unik bagi siapapun yang berkunjung ke daerah tersebut. Tidak dipungkiri siapapun yang datang ke suatu wilayah pasti ingin membeli oleh oleh baik untuk dinikmati sendiri atau untuk diberikan kepada kerabat dan teman.

Begitu juga dengan Garut, meskipun Garut termasuk kota kecil namun ada beragam tempat wisata Garut yang patut dikunjungi serta berbagai macam sajian makanan khas Garut yang bisa kamu coba atau jadikan oleh oleh untuk keluarga dirumah.

Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITS

Berikut ini tempatwisataindonesia.id sajikan ulasan mengenai sajian kuliner khas Garut yang berhasil dihimpun :

Awug

Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITS – Awug adalah makanan tradisional khas Garut sekaligus makanan khas yang berasal dari Jawa Barat. Awug terbuat dari tepung beras yang diolah sedemikian rupa kemudian diberi isian gula merah. Awug lebih nikmat jika disantap dalam keadaan masih panas.

Burayot

Makanan khas Garut burayot terbuat dari campuran tepung beras pilihan dan gula merah. Burayot ini mirip dengan ali agrem makanan dari daerah lain karena bentuknya sama sama bundar keriput atau dalam bahasa Garut disebut ngaburayot. Asal kata inilah yang dijadikan nama sajian makanan khas Garut ini sehingga dikenal sebagai burayot. Makanan ini banyak diproduksi oleh masyarakat daerah Leles karena bahannya banyak didapat didaerah tersebut. Burayot bertekstur legit dan rasanya manis.

Kue Balok Maranti

Selain burayot makanan khas Garut ada juga kue balok maranti yang patut kamu coba. Kue balok merupakan panganan kue basah tradisional yang sekilas mirip dengan pukis, namun beda rasa dan beda isiannya. Jika kue pukis bertekstur lembut dan empuk, kue balok ini teksturnya lebih padat dan keras namun tetap saja empuk untuk disantap. Kue balok ini sering dijadikan menu pengganti sarapan oleh sebagian warga masyarakat Garut.

Chocodot

Selanjutnya, ada makanan khas Garut chocodot yang dipelopori oleh seorang pemuda asli Garut. Chocodot merupakan sajian kuliner yang mengkombinasikan berbagai jenis coklat dengan bahan bahan lokal lainnya misalnya buah, kacang, cabai, dan juga dodol sehingga menghasilkan puluhan jenis produk chocodot yang mempunyai kesan modern. Selain rasanya enak, chocodot ini dikemas dalam kemasan yang modern pula dan mudah dibawa. Chocodot juga mempunyai galeri yang bisa kamu kunjungi dan disitu pula kamu bisa melihat secara langsung proses pembuatan makanan chocodot. Chocodot sangat pas dijadikan oleh oleh setelah kamu berkunjung ke Garut yang dikhususkan untuk anak-anak kecil maupun dewasa.

Opak

Selanjutnya ada opak, makanan khas Garut selain dodol yang terkenal tadi. Opak adalah sejenis kerupuk yang menjadi ciri khas suku Sunda, Jawa Barat. opak terbuat dari tepung beras yang diberi bumbu, gula, garam, dan dicampur dengan air sehingga terbentuk adonan yang teksturnya lunak. Setelah itu, adonan tersebut dibuat lembaran lembaran tipis kemudian dijemur hingga kering dan dibakar di atas arang. Opak yang cukup terkenal di Garut adalah opak yang bermerk “Bungbulang”. Bungbulang sendiri merupakan nama salah satu kecamatan yang ada di bagian selatan Garut. Kamu tidak perlu jauh jauh berkendara sampai ke kecamatan Bungbulang untuk mendapatkan opak ini. Cukup membelinya saja di toko oleh oleh yang ada di sekitar kota Garut atau Cipanas karena pasti stocknya tersedia melimpah.

Emplod

Makanan khas Garut emplod mempunyai nama lain endog lewo yang artinya telur yang berasal dari daerah kampung Lewo. Bahan membuat emplod atau endog lewo ini adalah singkong yang diolah dengan cara digiling terlebih dulu kemudian diperas dan didiamkan selama 24 jam nonstop. Setelah itu, singkong tersebut dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu bumbu khusus lainnya untuk kemudian dibentuk bulatan bulatan kecil sebesar kelereng dan digoreng sebelum dihidangkan. Emplod juga bisa kamu temukan dengan mudah di seluruh toko oleh oleh yang ada di Garut.

Ladu

Makanan khas Garut ladu ini mempunyai tekstur yang mirip dengan dodol namun sedikit lebih kasar dan sedikit lebih keras. Ladu terbuat dari tepung ketan berwarna putih yang diolah dengan campuran gula aren dan parutan kelapa. Rasanya manis namun tidak terlalu dominan, beda dengan dodol yang mempunyai rasa dominan manis sehingga terkadang membuat eneg. Tekstur ladu yang sedikit agak kasar tentunya memberi sensasi tersendiri saat dikunyah. Ladu ini ternyata mempunyai nama lain loh, yaitu malangbong. Ladu bisa kamu temukan di toko oleh oleh yang tersebar di Garut meskipun kuantitasnya tidak terlalu banyak. Ladu ini dikemas dengan bentuk batangan, namun ada juga yang menjualnya secara kiloan.

Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITS
Rangginang

Rangginang atau rengginang pada dasarnya adalah olahan makanan yang sama jenisnya. Rangginang berbahan dasar beras ketan yang dikukus, kemudian dibumbui dan dibentuk bulat bulat kemudian dijemur di bawah terik sinar matahari selama beberapa hari. Setelah beras ketan yang telah dibentuk tersebut benar benar kering, barulah digoreng menggunakan minyak hingga menghasilkan cemilan garing yang kriuk kriuk ketika dimakan.

Rangginang Garut bisa kamu temukan di toko oleh oleh juga dengan tampilan sudah digoreng maupun mentah harus digoreng sebelum disantap. Saat ini, para pembuat rangginang sudah mulai berinovasi dengan membuat rangginang dalam berbagai rasa sehingga tampilannya menjadi berwarna warni menambah daya tarik tersendiri.

Moring Garutan

Makanan khas Garut moring ini adalah cemilan berupa keripik yang terbuat dari cimol. Moring sebenarnya adalah singkatan dari cimol kering. Sesuai dengan namanya, moring berasal dari bahan baku cimol yaitu tepung kanji yang dibumbui kemudian diiris tipis dan digoreng hingga kering. Moring garutan banyak dijual dengan berbagai macam pilihan rasa diantaranya BBQ, pedas, dan juga keju.

Comring Banjarwangi

Cemilan khas Garut yang belum sepopuler opak bungbulang ini pantas masuk dalam daftar oleh oleh khas Garut yang harus kamu beli. Comring banjarwangi dibuat pertama kali oleh Bapak Maman Gembol seorang warga asli Garut. Terbuat dari singkong yang dihaluskan kemudian diberi bumbu khusus khas comring kemudian digoreng sehingga tercipta sajian cemilan renyah nan murah serta nikmat.

Comring singkong ini banyak dijual di wilayah Kecamatan Banjarwangi dimana Bapak Maman Gembol menetap. Selain itu, comring ini juga bisa kamu temukan di Jalan Patrol Cikondang yang dibuat oleh Bapak Maman juga. Siapa tahu jika kamu membeli langsung dari produsennya, kamu akan mendapatkan potongan harga dan bonus.

Wajit Cisompet

Makanan khas Garut yang satu ini terbuat dari ketan berkualitas unggul yang dicampur dengan santan dan gula merah. Di Jawa Barat, wajit yang cukup terkenal adalah wajit Cililin. Meskipun begitu ada jenis wajit lain yaitu wajit Cisompet khas Garut yang teksturnya legit dan unik. Wajit Cisompet ini ukurannya lebih besar dan dibungkus menggunakan daun pelepah kawung atau daun aren. Seperti namanya, wajit Cisompet banyak dijumpai di Kecamatan Cisompet setelah kamu mengunjungi Pantai Santolo atau Pantai Sayang Heulang.

Keripik Kentang Cikajang

Makanan khas Garut yang enak ini berasal dari Cikajang yang merupakan sentra pertanian. Cikajang merupakan salah satu wilayah yang berada di kaki gunung Cikuray beriklim dingin sehingga cocok untuk pertanian. Sebagai sentra pertanian yang ada di Garut, Cikajang ini berhasil menghasilkan dan mengembangbiakkan kentang berkualitas tinggi. keripik kentang Cikajang selain dijual di pasar induk yang ada di kota-kota besar juga dijual di toko oleh oleh yang ada di Jalan Otista, Tarogong.

Ceprus

Ceprus bisa kamu temukan di wilayah Garut Selatan. Ceprus ini terbuat dari singkong bakar yang dicelup dengan gula merah panas atau disebut dengan kinca. Ceprus merupakan jenis makanan khas Garut yang sudah langka dan hanya disajikan di sentra gula merah asli dari pohon kawung atau aren. Maka dari itu, jika kamu mencari ceprus ini di toko oleh oleh mungkin kamu akan sedikit kecewa karena jarang ada toko oleh oleh yang menjual makanan ceprus ini sekalipun berada di wilayah Garut.

Angleng

Angleng sebenarnya sama dengan dodol garut yang dibuat dari campuran beras ketan dan gula merah. Proses pembuatannya pun sama dengan dodol hanya saja tidak dibuat menyerupai tekstur karamel. Angleng banyak diproduksi oleh masyarakat yang ada di Kecamatan Cihurip. Angleng cocok kamu jadikan oleh oleh setelah kamu puas berkunjung ke Garut.

Oleh Oleh Khas Garut Yang Gak Kalah HITS – Demikianlah ulasan mengenai makanan khas Grut yang dapat kami berikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda untuk berburu kuliner khas Garut, disamping mengunjungi berbagai tempat wisata Garut. Ditunggu kedatangannya di garut.