Permen Traditional Indonesia Yang Masih Eksis DiEra Millenial

Permen Traditional Indonesia Yang Masih Eksis DiEra Millenial – Siapa yang tidak pernah makan permen? Tentunya semua pernah bukan. Permen merupakan makanan manis yang dapat dikonsumsi kapanpun dan dimana saja. Sekarang sudah banyak aneka ragam permen yang dijual di pasaran. Namun tahukah kamu kalau Indonesia juga memiliki permen tradisional yang cita rasanya tidak kalah dengan permen modern buatan pabri besar.

Permen Traditional Indonesia Yang Masih Eksis DiEra Millenial

Permen Traditional Indonesia Yang Masih Eksis DiEra Millenial

Indonesia memang memiliki keanekaragaman kuliner yang tidak diragukan lagi. Namun sayangnya beberapa permen ini sekarang mulai langka dan jarang ditemui. Apa saja permen tradisional dari Indonesia? Ini dia permen tradisional Indonesia yang tentunya bisa bikin kamu ketagihan.

Permen Kelapa

Permen kelapa atau bon bon kelapa merupakan permen tradisional yang terbuat dari santan kelapa. Rasa kelapa yang gurih dan manis membuat kamu ketagihan pada permen satu ini. Permen kelapa merupakan permen khas dari bumi melayu Riau.

Gula Gait

Gula geliat merupakan suguhan permen manis berwarna cokelat yang berasal dari Samarinda. Permen ini dibuat dari campuran gula aren dan gula putih yang dimasak hingga menjadi karamel. Kemudian setelah matang, campuran gula ditarik berulang kali hingga lentur dan dicetak menjadi bentuk dan ukuran kecil. Permen ini disebut juga dengan permen kayu karena bentuknya yang menyerupai potongan kayu.

Permen Jelly Kering

Permen berwarna-warni cantik ini terbuat dari agar-agar atau jelly. Rasanya manis dan terkadang diberikan campuran buah di dalamnya. Permen ini memiliki tekstur kering diluar dan bertabur gula putih sedangkan bagian dalamnya kenyal dan empuk. Permen ini juga memiliki kandungan serat yang baik karena terbuat dari agar-agar.

Permen Susu Kerbau

Permen ini merupakan permen tradisional dari kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Sesuai dengan namanya, permen ini terbuat dari susu kerbau yang diperah langsung oleh peternaknya. Kenapa bukan susu sapi? Karena orang Sumbawa jauh lebih menyukai susu kerbau ketimbang susu sapi. Alasannya karena susu kerbau lebih kental, gurih dan lebih banyak manfaatnya dari susu sapi. Permen ini punya cita rasa manis dan gurih dan tentunya memiliki banyak manfaat dan bergizi.

Ting Ting Kacang

Permen ini sebagian orang ada yang menyebut ting-ting, ada juga yang menyebut enting-enting. Permen ini terbuat dari gula jawa yang dicampur dengan kacang atau wijen kemudian dicetak pipih dan dikeraskan. Ting-ting kacang ini merupakan oleh-oleh tradisional khas Jawa Tengah.

Permen Asam Jawa

Bagi kamu pencinta rasa asam manis, kamu harus mencoba permen satu ini. Permen berbentuk bulat berwarna coklat tua ini memiliki cita rasa asam asam manis menyegarkan. Permen ini juga mengandung vitamin karena terbuat dari asam jawa. Selain itu, permen ini juga bermanfaat untuk mengatasi batuk, sariawan dan sakit perut.

Gulo-Gulo Tareh

Kalau dari namanya mungkin kamu sudah bisa menebak dari mana asal permen satu ini. Permen tradisional yang berasal dari daerah Bukittinggi ini sudah mulai jarang ditemukan. Gulo gulo dalam bahasa Minang berarti permen. Gulo gulo tareh berwarna coklat, berbentuk tidak beraturan, panjangnya kira-kira 2 cm dan dilapisi tepung ubi putih. Permen ini terbuat dari gula tebu asli dan bebas pengawet.

Permen Jahe

Permen yang terbuat dari jahe dan gula merah ini selain enak dan manis juga baik untuk kesehatan. Permen ini dapat membantu menghangatkan tubuh dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Permen ini sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan supaya nggak gampang terserang flu.

Gulali

Permen satu ini mungkin merupakan jajanan hits anak-anak ketika jam istirahat pada masanya. Permen yang terbuat dari gula pasir yang dicairkan dan diberi pewarna. Gulali ini mempunyai beragam bentuk menarik mulai dari bunga, burung, hingga hewan-hewan lainnya yang bisa di request. Rasanya yang manis dan legit serta tampilannya yang menarik menjadi primadona jajanan buat anak-anak.

Rambut Nenek

Kalau yang satu ini mungkin kamu udah nggak asing lagi bukan? Yup, rambut nenek ini memang agak berbeda dengan permen pada umumnya. Bentuknya yang sekilas mirip dengan rambut nenek-nenek yang sudah pudar sesuai dengan namanya yaknuli rambut nenek. Rambut nenek ini terbuat dari gula yang telah dilelehkan dan diberi pewarna kemudian diberi tepung jagung dan ditarik-tarik hingga berubah menjadi lembaran tipis. Rambut nenek biasanya disajikan dengan kerupuk manis berwarna pink. Teksturnya yang lembut akan terasa lumer di lidah. Sekarang rambut nenek sudah mulai kembali banyak ditemukan.