Pesona Keindahan Pantai Batu Lamampu Terancam Hilang Oleh Abrasi

Pesona Keindahan Pantai Batu Lamampu Terancam Hilang Oleh Abrasi – Masyarakat yang bermukim di sepanjang bibir pantai Desa Tanjung Karang, Kecamatan Sebatik, kini merasa was-was. Penyebabnya adalah abrasi pantai yang terus terjadi dan belum ada penanganan serius dari instansi terkait. Bahkan, objek wisata Pantai Batu Lamampu ikut terkena dampaknya.

Seorang warga Desa Tanjung Karang, Saharuddin, mengatakan abrasi pantai telah menghantui masyarakat Sebatik, khususnya yang tinggal di sekitar pantai. Mengingat, abrasi yang terjadi semakin parah tanpa ada penanganan yang dilakukan.

Pesona Keindahan Pantai Batu Lamampu Terancam Hilang Oleh Abrasi

Pesona Keindahan Pantai Batu Lamampu Terancam Hilang Oleh Abrasi
Pesona Keindahan Pantai Batu Lamampu Terancam Hilang Oleh Abrasi

Abrasi yang terjadi di bibir pantai Desa Tanjung Karang sudah lama, tapi sampai saat ini belum ada penanganan atau solusi yang dilakukan pemerintah,. Abrasi yang kian memprihatinkan membuat objek wisata unggulan Pulau Sebatik, Pantai Batulamampu, terancam hilang.

Banyak pohon yang berada di pinggir pantai mulai habis dihantam ombak. Pohon pinus yang menjadi tempat bernaung pengunjung sebagian telah rebah. Objek wisata Batu Lamampu belum dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan, sehingga menjadikan warga Desa Tanjung Karang prihatin. Padahal, selama ini, Pantai Batu Lamampu menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal yang berkunjung ke Pulau Sebatik.

Batu Lamampu Tempat Wisata Paling Diminatu di Kabupaten Nanukan

Pesona Keindahan Pantai Batu Lamampu Terancam Hilang Oleh Abrasi

Batu Lamampu, pantai indah di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan. Pulau terluar Indonesia yang berhadapan dengan Kota Tawau, Malaysia. Dalam kurun waktu satu dekade ini, hal itu membuat Pulau Sebatik jadi langganan kunjungan orang nomor satu di Republik ini. Tepatnya di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pantai yang terhampar kurang dari 15 kilometer ini menjadi objek destinasi bagi pelancong lokal maupun luar Kalimantan Utara hingga Malaysia.

Suguhan panorama indah juga cuaca sejuk ditambah ramahnya warga setempat membuat Pantai Batu Lamampu tidak sepi pengunjung. Dihari-hari libur, tidak kurang dari 500 pengunjung memanjakan diri dan keluarga di pantai Batulampu ini. Jika tidak membawa bekal makanan, pengunjung dapat belanja di kios pedagang makanan, milik warga setempat. Harganya murah dan pas lidah. Selain itu, ada fasilitas gazebo untuk beristirahat.

Keindahan pantai dan keunikan Batu Lamampu adalah penyebab diminatinya destinasi ini. Tampak hamparan pasir coklat bersih dan tumpukan batu besar ditumbuhi ragam jenis tumbuhan menjadikan objek ini tidak luput dari aksi mengabadikan momen. Bagi pengunjung yang hobi mancing, juga dapat berlibur sambil melemparkan mata pancingnya ke laut. Pasalnya, dipantai tersebut ada batu yang timbul dan menjorok ke laut. Batu itu dijadikan tempat memancing oleh warga setempat juga wisatawan yang hobi mancing.