Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Jogja Terenak

Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Jogja Terenak

Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Jogja Terenak

Halo guys kembali lagi dengan mimin di MasihBaru , kali ini mimin punya Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Jogja Terenak yang harus kalian coba nih.

Baca Juga : Es Teler Sperma di Yogya yang Sempat Viral

Belum ke Yogyakarta jika belum makan gudeg, padahal banyak tempat makan gudeg Jogja yang variatif. Well, Jogja dan gudeg memang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. jika kamu berniat pergi ke Jogja untuk pertama kalinya, dan merasakan cita rasa khas gudeg, delapan tempat ini menjadi rekomendasi yang tepat mendapatkan sensasi betapa manisnya kuliner khas Jogja ini, seperti setiap kenangan dan perjalanan serumu di kota ini.

1. Gudeg Yu Djum

Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Jogja TerenakBerdiri sejak 1951, Gudeg Yu Djum bisa dikatidakan sudah menjadi salah satu gudeg Jogja yang ikonik ini. Tentunya bukan tanpa alasan gudeg yang dirintis oleh Djuwariyah itu bisa begitu dikenal oleh hampir semua orang.

Gudeg kering, dan pastinya manis juga, menjadi ciri khas Gudeg Yu Djum. Gorinya, alias nangka muda yang digunakan, berasal dari wilayah Prembun, Kebumen sedangkan ayamnya menggunakan ayam kampung dan telurnya dari telur bebek. Dengan tambahan areh kental dan sambal krecek, Gudeg Yu Djum dijamin akan membuat lidah kamu bergoyang!

Lokasi: Jalan Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Yogya, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Gudeg Permata Bu Pujo

Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Jogja TerenakKamu tidak harus khawatir jika perut mulai keroncongan di malam hari kala berwisata ke Jogja karena banyak pilihan spot untuk kuliner malam, termasuk di antaranya tempat untuk menyantap gudeg yang manis dan gurih ini.

Gudeg Permata Bu Pujo buka mulai pukul 20.30 tetapi kamu mungkin harus antri untuk bisa merasakan melegendanya rasa dari gudeg di sisi barat gedung bioskop Permata ini. Sedikit bocoran, kamu akan merasakan gabungan rasa manis dan gurih dalam daging ayam kampung yang lembut, telur yang kenyal dan sambal krecek yang mengigit lidah. Gudeg Permata Bu Pujo harus masuk dalam daftar jujukan tempat makan gudeg Jogja kamu, ya!

Lokasi: Jalan Gajah Mada, RT. 36 / RW. 07, Purwo Kinanti, Gunungketur, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Gudeg Pawon

Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Jogja TerenakIngin mencoba masakan gudeg langsung di ‘pabriknya’? Mengapa tidak langsung mengunjungi Gudeg Pawon di wilayah Umbulharjo, Jogja. Tapi kamu kudu siap antri setidaknya satu jam di tengah malam untuk bisa menikmati sajian khas ini. Tapi, dijamin worth it banget, kok!

Buka mulai pukul 22.00, dan hanya selama tiga jam, warung gudeg yang dirintis oleh Bu Prapto Widiarso ini menawarkan gudeg basah. Dengan sambal krecek pedas, ayam kampung lembut dan telur yang kenyal, tetap dengan rasa manis dan gurih, sensasi menyantap makanan langsung di dapur orang menjadikan Gudeg Pawon suatu pengalaman kuliner tersendiri. Apalagi kamu bisa melihat langsung aktivitas pemilik ‘pawon’ memasak dengan tungku tradisional yang pastinya akan sangat menarik!

Lokasi: Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Gudeg Ceker Sedep Raos

Rekomendasi Tempat Makan Gudeg Jogja TerenakJika kamu biasa menyantap gudeg dengan potongan paha bawah atau dada dari ayam kampung, tidak ada salahnya mencicipi gudeg yang khusus menyajikan bagian ceker dari ayam dengan cita rasa yang sepenuhnya berbeda dari kebanyakan. Rekomendasi tempatnya di warung Sedep Raos, Seturan.

Rasanya tidak terlalu manis – cita rasa inilah yang membedakan masakan gudeg dari Solo dengan Jogja. Sementara arehnya tetap gurih, sambal krecek juga pedas dan tekstur gori berserat dan mirip daging. Ada pun cekernya berasa lembut dengan tulang yang enak untuk terus dikecap. Pas bagi kamu yang menyukai sensasi baru dalam mencicipi kuliner di kota Jogja. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jl. Affandi No.30, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Gudeg Bu Tjitro 1925

Ingin berbagi rasa gudeg dengan orang terkasih di kampung halaman? Kamu bisa membawa pulang paket gudeg lengkap dalam besek mau pun kendil. Tapi kini ada cara yang lebih praktis dan kekinian, serta jauh lebih awet ketimbang dua di atas, lho! Gudeg Bu Tjitro 1925 mengeluarkan varian gudeg kaleng. Wow!

Gudeg Bu Tjitro sendiri termasuk salah satu pioner tempat makan gudeg Jogja, bahkan menjadi salah satu yang terbaik. Untuk menambah pangsa pasar, Bu Tjitro melakukan inovasi, di antaranya memasukkan masakan gudeg dalam kaleng tanpa mengurangi cita rasa masakan. Pas, kan untuk oleh-oleh mereka yang di kampung halaman?

Lokasi: Jalan Janti No. 330, Depan JEC (JOGJA EXPO CENTER), Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Gudeg Manggar Bu Jumilan

Bila gudeg biasanya berbahan dasar nangka muda, tidak demikian dengan Gudeg Manggar yang berasal dari daerah Bantul. Bahan yang digunakan adalah bunga muda pohon kelapa, yang menjadikan tekstur gudeg menjadi lebih padat. Meski begitu, rasa khas gudeg yang manis, areh yang gurih dan sambal krecek yang pedas tetap dipertahankan, kok!

Karena bahan dasar yang tidak biasa, agak sulit menemukan tempat makan gudeg Jogja yang menyajikan menu ini. Namun, hal ini menjadi menarik karena kamu mendapat kesempatan menjelajah Bantul kalau mau menemukan sajian ini. Dijamin, setelah menemukan warung makan gudeg ini, kamu tidak akan menyesal dengan cita rasa yang kamu dapatkan.

Lokasi: Jalan Srandakan Km.8, Mangiran, Srandakan, Trimurti, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Gudeg Mercon Bu Tinah

Biasa merasakan gudeg dengan rasa yang manis, mungkin kamu bisa mencicipi nuansa yang berbeda. Tertarik mencoba yang membakar lidah? Jika iya, tidak ada salahnya mengunjungi dan merasakan sensasi makan di Gudeg Mercon Bu Tinah, yang akan membuat kamu menangis sekaligus keringetan. Wih!

Meski terkenal pedas, salah satu spot makan gudeg Jogja ini selalu ramai pengunjung. Bahkan tidak jarang pula artis ibukota datang dan mencicipi pedasnya kuliner ini. Tapi jika kamu juga tertarik untuk mencoba, kamu harus siap antri untuk mendapatkan seporsi sajian gudeg mercon ini, ya!

Lokasi: Jl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta