Sehatkan Jantung Anda Dengan Mengkonsumsi Susu Kedelai

Sehatkan Jantung Anda Dengan Mengkonsumsi Susu Kedelai Setiap Hari – Apakah susu kedelai termasuk minuman favoritmu? Dan tahukah kamu kalau susu kedelai bukan berasal dari susu murni? Minuman segar yang berasal dari sari kedelai ini memang memiliki warna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu kedelai sering dijadikan alternatif penambah nutrisi untuk beberapa orang yang tidak bisa mengonsumsi susu olahan sapi.

Sehatkan Jantung Anda Dengan Mengkonsumsi Susu Kedelai Setiap Hari

Sehatkan Jantung Anda Dengan Mengkonsumsi Susu Kedelai Setiap Hari
Sehatkan Jantung Anda Dengan Mengkonsumsi Susu Kedelai Setiap Hari

Susu kedelai memiliki kandungan yang baik untuk tubuh karena berasal dari tanaman dan secara alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan juga tidak mengandung laktosa. Penelitian menyebutkan wanita yang meminum susu kedelai setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak meminumnya.

Sama dengan makanan lainnya, kedelai baik untuk tubuh asalkan dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Karena menurut penelitian jika mengonsumsi produk kedelai terlalu banyak, juga dapat memunculkan beberapa risiko seperti meningkatkan gangguan fungsi tiroid jika dikonsumsi 30 gram per hari selama sebulan dan tidak selalu cocok sebagai pengganti susu sapi. Hal ini dikarenakan tidak semua orang cocok dengan susu kedelai.

Inilah Manfaat Yang Terkandung Dalam Susu Kedelai

Nah, untuk lebih lengkapnya soal susu kedelai, berikut manfaatnya seperti dirangkum dari beberapa sumber yang sudah terjamin manfaatnya.

Memperkuat Pembuluh Darah.

Selain baik untuk kekuatan tulang, susu kedelai memberi manfaat untuk memperkuat tubuh dari dalam, tepatnya pembuluh darah. Kandungan asam lemak omega 3, omega 6 serta kandungan phyto antioksidan di dalam kedelai, mampu melindungi pembuluh darah dari luka dan juga pendarahan. Rupanya senyawa-senyawa ini mengikat lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan dari serangan radikal bebas dan deposit kolesterol.

Mencegah Kanker Prostat.

Kanker prostat merupakan kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat, dan umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. Biasanya penyakit ini menyerang orang dengan usia di atas 65 tahun.

Kanker ini berkembang secara perlahan dan juga agresif. Susu kedelai adalah sumber fitoestrogen, hormon tanaman yang unik dan dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Penelitian menyebutkan pria yang jarang makan kedelai cenderung mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

Menurunkan Berat Badan.

Jumlah kalori yang lebih kecil dibanding susu sapi, membuat susu kedelai cocok untuk diet dan vegetarian. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu ini juga dapat mencegah penyerapan lemak pada usus, sehingga mampu menjaga berat badan lebih stabil.

Asam lemak yang terdapat dalam susu kedelai juga mampu membantu pencernaan untuk menyerap lemak. Hal ini yang bisa membantu menurunkan berat badan lebih efektif.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

 Kesehatan Jantung.

Susu kedelai memiliki kandungan protein yang diperlukan manusia untuk mencukupi gizi. Protein terbuat dari asam amino yang memiliki keuntungan mencegah berbagai penyakit. Selain itu susu ini juga mengandung isoflavone, yang memiliki fungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Susu kedelai juga disebutkan dalam beberapa penelitian mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan susu sapi pada orang yang memiliki hipertensi ringan sampai sedang. Sehingga konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Menghindari Penyakit kronis.

Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai memberikan keuntungan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai memiliki efek antioksidan dan pelindung hati yang mampu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi dalam tubuh. Kerusakan sel sebagai hasil stress oksidatif dipercaya menjadi penyebab penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA.

Melancarkan Pencernaan.

Memiliki kandungan protein, lemak dan karbohidrat, susu kedelai memberikan manfaat baik bagi tubuh. Manfaat ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang ada di dalamnya. Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik meningkatkan absorpsi usus yang dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Meningkatkan Sistem Imun.

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi susu kedelai adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Susu kedelai termasuk dalam makanan bergizi dan kaya akan antioksidan sehingga baik untuk meningkatkan sistem imun. Jika kamu menjaga imunitas tubuh dengan baik, maka akan melindungi tubuhmu dari berbagai serangan penyakit.

Menyembuhkan Masalah Kulit

Jika Anda sering berhadapan dengan wabah jerawat, beralihlah ke diet kaya kedelai. Produk yang satu ini sendiri cukup baik untuk mengurangi hiperpigmentasi (suatu kondisi penggelapan kulit). Dan tidak hanya itu; sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa senyawa yang ditemukan dalam kedelai memiliki sifat anti-penuaan.

Pertumbuhan Rambut Lebih Baik

Susu kedelai, bila dikombinasikan dengan diet kaya protein dapat berdampak baik pada rambut. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik untuk meningkatkan penampilan.

Pemulihan Setelah Olahraga

Olahraga membuat tubuh akan kehilangan lemak serta membakar kalori dan pemulihan adalah hal yang harus dilakukan setelahnya. Jadi, jika Anda seorang vegan atau tidak toleran laktosa, susu kedelai bisa menjadi minuman yang sempurna bagi Anda untuk memastikan pemulihan yang lebih baik setelah berolahraga. Riboflavin dalam susu kedelai dapat membantu Anda memulihkan semua energi yang hilang setelah berolahraga.

Anti Depresi

Susu kedelai dapat meningkatkan mood Anda. Susu kedelai mengandung vitamin B6 dan vitamin B kompleks yang bermanfaat dalam meningkatkan mood Anda. Selain itu, susu kedelai kaya akan magnesium yang melepaskan hormon serotonin dalam tubuh Anda yang berfungsi sebagai antidepresan bagi pikiran Anda.

Anti Oksidan

Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai memiliki keuntungan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai memiliki efek anti oksidan dan pelindung hati yang dapat membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh. Kerusakan sel sebagai hasil stress oksidatif dipercaya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA.

Pada manusia, isoflavone ditemukan dapat mencegah oksidasi LDL dan menghambat kerusakan DNA. Sistem imun sendiri dipercaya dapat membuat pertahanan untuk melawan penyakit karena penuaan. Wanita menopause rentan terhadap penyakit kronis yang berhubungan dengan proses penuaan dan hormon. Isoflavone dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada populasi tersebut dan menghambat kerusakan oksidatif DNA pada wanita setelah menopause.

Menurunkan Kolesterol.

Penelitian menunjukkan, asupan rutin kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Susu ini juga mampu meningkatkan profil lipid darah.

Berbeda dengan susu sapi yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan nol kolesterol. Di dalam kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat menghambat penumpukan kolesterol dalam aliran darah. Hal ini menjadikan susu kedelai baik dikonsumsi untuk orang dengan riwayat kolesterol dan jantung koroner.

Mencegah Sindrom Pascamenopause.

Susu kedelai memiliki manfaat baik bagi perempuan, salah satunya yang telah melewati masa menopause. Selama menopause, produksi estrogen menurun, kondisi ini membuat beberapa masalah kesehatan timbul.

Apalagi wanita menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, obesitas, depresi, perubahan suasana hati, dan juga insomnia. Mengonsumi susu kedelai secara rutin dapat mengatasi sindrom pascamenopause, karena kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat mengganti estrogen.

Mencegah Osteoporosis.

Kandungan fitoestrogen pada kedelai tak cuma membantu mengatasi sindrom pascamenopause, namun juga mampu membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh. Hal ini sangat baik untuk mencegah osteoporosis karena kandungan kedelai juga mencegah hilangnya massa tulang. Susu kedelai dengan kandungan ekstra kalsium dan vitamin D bagus jika dikonsumsi secara rutin untuk mencegah osteoporosis.