Tahukah Anda Cara Mengatasi Cidera Keseleo Dan Membengkak DiKaki

Tahukah Anda Cara Mengatasi Cidera Keseleo Dan Membengkak DiKaki – Keseleo pada pergelangan kaki merupakan salah satu cedera sendi yang paling umum. Gejala yang sering muncul akibat cedera sendi antara lain nyeri, bengkak, kulit kemerahan, serta terganggunya fungsi tubuh di bagian yang cedera. Sehingga, nyeri dan bengkak akibat keseleo perlu segera ditangani agar kondisinya tak semakin parah.

Tahukah Anda Cara Mengatasi Cidera Keseleo Dan Membengkak DiKaki

Tahukah Anda Cara Mengatasi Cidera Keseleo Dan Membengkak DiKaki

Keseleo terjadi akibat gerakan memutar mendadak pada otot ligamen maupun persendian sehingga menyebabkan robeknya serat-serat ligamen. Ligamen merupakan jaringan fibrosa yang menghubungkan antara satu tulang dengan tulang lainnya, sekaligus berfungsi menahan persendian agar tetap di tempatnya.

Keseleo menyebabkan trauma pada sendi, kerusakan otot, tendon, atau serat ligamen. Serat ligamen yang menekuk, meregang, dan terpelintir dengan berlebihan dapat membuatnya robek sebagian maupun sepenuhnya terkoyak.

Keseleo dapat terjadi secara tiba-tiba (akut) atau berkembang perlahan seiring waktu (kronis). Duduk atau berdiri dalam satu posisi terlalu lama juga dapat menyebabkan ketegangan kronis. Untuk mencegahnya, beri jeda dalam setiap aktivitas dengan melakukan peregangan untuk melemaskan otot.

Kasus yang paling banyak terjadi adalah keseleo ringan, namun beberapa keseleo pergelangan kaki juga bisa tergolong parah. Keseleo paling sering terjadi pada engkel pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan ruas jari.

Keseleo lutut adalah cedera yang umum dialami para atlet. Orang biasa pun bisa keseleo ketika sedang berjalan dan berlari di permukaan yang tidak rata atau melakukan gerakan memutar tiba-tiba.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Kemudian cedera leher yang seringkali dialami korban kecelakaan mobil. Penyebabnya adalah gerakan kepala dan leher tertekuk ke depan dan ke belakang dengan sangat keras karena kendaraan berhenti tiba-tiba, sementara tubuh tertahan di kursi dengan sabuk pengaman.

Kedua otot dan ligamen menahan tulang leher dan tekanan yang dialami struktur tersebut dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kerusakan parah.

Mengatasi Nyeri dan Bengkak Akibat KeseleoSkateboard (papan luncur), ski, tenis, bisbol merupakan olahraga yang rentan mengalami keseleo. Hendaknya selalu menggunakan pelindung tubuh untuk meminimalisasi terjadinya cedera pergelangan kaki, tangan, atau leher (Foto: Life of Pix)

Selain itu cedera pergelangan tangan karena jatuh maupun melakukan pekerjaan dengan tangan secara berulang dan agresif. Ada jenis olahraga yang rentan terhadap cedera pergelangan tangan karena kekuatan ditempatkan pada sendi seperti bisbol, mendayung, bowling, dan tenis. Cedera olahraga akibat jatuh dengan posisi tangan bertumpu juga dapat terjadi ketika skateboard, snowboarding, dan ski.

berikut cara menangani nyeri dan bengkak akibat keseleo.
1. Istirahat

Tepat setelah mengalami keseleo, segera hentikan aktivitas fisik apa pun yang menyebabkan cedera dan jangan terlalu membebani anggota tubuh yang sakit. Istirahatkan tubuh yang mengalami keseleo, misalnya pergelangan kaki. Jangan sampai terkena refleks tubuh yang menyebabkan pembengkakan semakin parah. Tetapi cedera keseleo bukan berarti sama sekali menghentikan produktivitas harian. Pada kasus pergelangan kaki yang terkilir, Anda tentu masih bisa menggerakkan otot-otot bagian tubuh lainnya.

2. Kompres dengan es

Menangani Nyeri dan Bengkak Akibat KeseleoKompres dengan lap dingin atau es bertujuan untuk mengurangi peradangan setelah cedera. Namun jangan terlalu lama menempelkan es batu di permukaan kulit karena bisa mengakibatkan radang dingin. (Foto: Thinkstock/JanPietruszka)

Tempelkan kompres dingin yang bisa didapatkan di apotek atau bongkahan es batu yang dibalut kain bersih tepat di permukaan area yang membengkak. Lakukan pengompresan ini selama 20-30 menit setiap 3 jam sekali pada 48 jam pertama hingga bengkaknya mengempis.

Saat cedera terjadi, pembuluh darah robek yang berakibat keluarnya isi pembuluh darah ke jaringan sekitar. Hal itu memicu timbulnya pembengkakan, pembuluh darah pun melebar sebagai respons peradangan.

Tujuan kompres dingin yakni untuk membantu membatasi semakin parahnya peradangan setelah cedera. Jika menggunakan kompres es batu, jangan terlalu lama meletakkannya di area cedera untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan otot.

3. Perban bagian tubuh yang keseleo

Balut pergelangan tubuh yang keseleo dengan perban elastis. Hal itu akan membantu meredakan pembengkakan dan untuk membatasi pergerakan yang bisa memperparah kondisi kaki. Balutlah kaki dengan rapat, tapi jangan sampai terlalu kencang agar tidak menghambat aliran darah.

Jika anda membalut kaki terlalu kencang akan timbul rasa kesemutan, kaki menjadi mati rasa, bahkan dapat memperparah rasa sakit keseleo. Longgarkan perban jika rasa sakit meningkat, jari-jari membiru, dan mengalami mati rasa. Gunakan perban elastis atau jenis perban yang terbuat dari neoprene yang bisa didapatkan di apotek.

4. Angkat kaki tinggi-tinggi

Salah satu cara mengatasi kaki keseleo adalah dengan menaikkan atau memosisikan kaki ke posisi yang lebih tinggi selama 2 sampai 3 jam sehari. Bila memungkinkan, coba atur posisi kaki yang cedera sejajar dengan dada ketika berbaring.

Mengangkat kaki seperti ini bermanfaat untuk meredakan bengkak dan memar. Bisa juga menggunakan bangku pendek sebagai alas untuk meletakkan kaki saat duduk atau menggunakan bantal tambahan untuk mengganjal kaki saat tidur.

5. Minum obat pereda nyeri

Menangani Nyeri dan Bengkak Akibat KeseleoObat anti nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol dapat dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit akibat keseleo. (Foto: stevepb/Pixabay)

Jika sakit keseleo sudah tak tertahankan, minum obat pereda nyeri nonsteroidal anti-inflammatory (NSAIDs), seperti asam mefenamat, ibuprofen, parasetamol, atau panadol. Obat dengan kandungan tersebut dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan pada bagian kaki yang keseleo.

Akan tetapi, obat-obatan ini mempunyai beberapa efek samping, seperti meningkatkan risiko perdarahan dan ulkus. Maka sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penggunaan dosis yang tepat sekaligus mencegah terkena efek samping.