Tahukah Anda Jenis Makanan Yang Bisa Menyehatkan Pembuluh

Tahukah Anda Jenis Makanan Yang Bisa Menyehatkan Pembuluh Darah Dari Lemak Jahat – Lemak jahat atau juga dikenal sebagai kolesterol jahat, adalah senyawa yang dapat akan mengendap di dinding dalam pembuluh darah. Hal itu secara bertahap akan mengurangi ruang di dalam pembuluh darah dan akhirnya menyumbat aliran darah. Bila terus dibiarkan, kondisi ini bisa memicu serangan jantung dan stroke.

Tahukah Anda Jenis Makanan Yang Bisa Menyehatkan Pembuluh Darah Dari Lemak Jahat

Tahukah Anda Jenis Makanan Yang Bisa Menyehatkan Pembuluh Darah Dari Lemak Jahat
Tahukah Anda Jenis Makanan Yang Bisa Menyehatkan Pembuluh Darah Dari Lemak Jahat

Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke berbagai bagian tubuh. Arteri memberikan darah yang kaya oksigen yang dibutuhkan oleh berbagai bagian tubuh. Arteri menutupi seluruh tubuh dari otak hingga jari kaki. Setiap arteri adalah tabung berotot dengan jaringan halus dan memiliki lapisan yang berbeda.

Arteri yang sehat memungkinkan darah melewatinya dengan lancar. Namun, zat yang disebut plak menumpuk di dinding bagian dalam arteri yang menyebabkan arteri tersumbat. Wabah terdiri dari berbagai zat seperti lemak, kolesterol, limbah, dan fibrin. Arteri yang tersumbat tidak memungkinkan darah untuk melewatinya dengan lancar.

Akibatnya ini mengurangi aliran darah dan jika penumpukan terlalu banyak dapat menyebabkan penyumbatan dalam aliran darah. Arteri yang tersumbat dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan endapan plak di arteri meliputi:
  • Naiknya kolesterol jahat
  • Merokok
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Kegemukan
  • Stres
  • Gaya hidup
  • Riwayat keluarga

Ada berbagai cara yang dapat membantu Anda untuk membersihkan arteri. Diet Anda dapat membantu membersihkan arteri. Hanya dengan menambahkan beberapa makanan, Anda dapat memurnikan arteri Anda.

Adapun Jenis Makanan Yang Mampu Mengikis Lemak Jahat DiPembuluh Darah
Golongan Sayuran
Asparagus

Asparagus merupakan jenis sayuran yang baik untuk membersihkan arteri. Asparagus mengandung banyak serat dan mineral, serta membantu mencegah pembekuan darah. Sayuran ini bekerja di dalam arteri untuk membuatnya tidak menumpuk dan menangkal gumpalan plak. Anda bisa mengonsumsi dengan cara dikukus, bakar, panggang, atau dimakan mentah.

Bawang putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai pelindung jantung, karena efeknya yang dapat membantu menjaga arteri tetap bersih dan membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol jahat. Untuk mendapatkan efek obat, Anda bisa mengonsumsi satu sampai dua siung bawang putih mentah cincang. Sedangkan jika Anda lebih memilih suplemen bawang putih, cari yang memiliki jumlah allicin tinggi. Allicin merupakan bahan aktif pada bawang putih.

Tomat

Tomat mengandung antioksidan kuat yang mencegah oksidasi kolesterol LDL dan menjaga arteri Anda tetap bersih. Tomat juga sumber makanan yang kaya likopen, beta-karoten, folat, kalium, vitamin C, flavonoid, dan vitamin E. Konsumsi tomat secara teratur dapat mengurangi risiko arteriosklerosis hingga 50%.

Bayam

Daun bayam mengandung kalium, folat, dan serat untuk membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah penyumbatan pada arteri. Mengonsumsi satu porsi bayam per hari dapat menurunkan kadar homosistein, yakni faktor risiko penyakit jantung.

Brokoli

Sayuran hijau ini mengandung vitamin K yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan menjaga kalsium agar tidak merusak arteri. Selain itu, brokoli juga penuh serat yang bisa menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan mengurangi stres. Stres dapat merobek dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan arteri.

Kunyit

Kunyit bermanfaat untuk mengurangi pengerasan pada pembuluh darah atau arteriosclerosis. Kandungan curcumin pada kunyit sebagai anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan dan mengurangi timbunan lemak dalam arteri. Kunyit juga mengandung vitamin B6 yang membantu mengurangi penumpukan plak di arteri.

Golongan Buah-buahan dan Kacang-kacangan
Alpukat

Alpukat dikatakan dapat meningkatkan kadar lemak baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, terutama pada orang dengan kadar kolesterol tinggi. Lemak baik bertindak sebagai peluntur lemak jahat dari pembuluh darah.

Kandungan asam oleat yang ditemukan pada alpukat juga dikatakan dapat mengurangi peradangan. Bukan cuma itu. Buah ini juga merupakan sumber lutein, salah satu jenis karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan. Lutein dapat membantu melindungi mata dari berbagai infeksi.

Apel

Apel mengandung pektin (serat larut) yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, serta mineral kalium dan magnesium yang membantu mengendalikan tekanan darah. Magnesium juga membantu mencegah penumpukan plak di arteri.

Semangka

Buah segar satu ini sangat baik dikonsumsi karena memiliki asam amino yang dapat memproduksi nitrat dalam tubuh. Nitrat dapat membuat arteri menjadi rileks dan menurunkan risiko penyakit jantung. Asam amino membantu tubuh memproduksi nitric oxide, yang memperlebar pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Delima

Minumlah jus buah delima untuk kesehatan jantung yang optimal. Delima terbukti membersihkan arteri yang tersumbat dan meningkatkan aliran darah. Hal ini disebabkan tingginya tingkat antioksidan dari delima yang bisa melawan radikal bebas dan merangsang produksi oksida nitrat dalam darah.

Buah beri

Buah beri dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan pengapuran pada pembuluh darah arteri. Ini karena buah beri mengandung flavonoid (antioksidan alami), yang mencegah munculnya kolesterol jahat. Menurut jurnal medis Nutrients, flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dan melindungi dinding arteri. Beberapa contoh buah beri yang berkhasiat di antaranya stroberi, ceri, dan cranberry.

Jeruk

Buah jeruk juga mengandung antioksidan dan kaya vitamin C. Vitamin C memiliki peran yang kuat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Flavonoid yang terkandung pada buah jeruk dapat membantu melindungi dinding arteri.

Oatmeal

Oatmeal ini adalah salah satu yang makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Satu cangkir oatmeal mengandung sekitar 2 gram serat larut dan 4 gram serat total.

Serat larut yang dikandung oleh oatmeal akan berubah menjadi gel dalam tubuh. Hal tersebut membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Kedelai

Kedelai merupakan sumber lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Asam linoleat dan asam linolenat merupakan asam lemak yang ditemukan dalam kedelai. Keduanya berguna untuk mengatur fungsi otot dalam tubuh, serta mempertahankan tekanan darah normal.

Serat yang hadir dalam kedelai juga terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan mengikis tumpukan lemak di dinding pembuluh darah dan arteri.

Almond

Almond mengandung senyawa yang mencegah pemecahan lemak baik (LDL), sehingga mampu mencegah kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Lemak baik juga membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Jadi, biasakan untuk makan almond di pagi hari atau membuatnya jadi camilan sehat saat bekerja.

Almond juga merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif. Stres oksidatif dapat merusak molekul dalam sel tubuh dan meningkatkan risiko penuaan dini dan penyakit mematikan seperti kanker.

Minyak zaitun

Asam lemak yang ditemukan dalam minyak zaitun diketahui dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan mengurangi kolesterol. Minyak zaitun juga diketahui mengandung asam lemak omega-6, jenis lemak tak jenuh yang sangat baik untuk jantung.

Selain itu, kandungan oleuropein yang ditemukan dalam minyak zaitun sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah dan mencegah pembentukan gumpalan darah. Minyak zaitun juga kaya antioksidan yang sangat berguna untuk melawan efek buruk radikal bebas.

Golongan Lain-lainnya
Teh hijau

Flavonoid dalam teh hijau adalah antioksidan kuat. Menurut sebuah penelitian medis, minum beberapa cangkir teh hijau setiap hari dikaitkan dengan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Teh hijau berkualitas baik juga akan mencegah pengapuran dan membantu menjaga lapisan pembuluh darah tetap sehat.

Ikan

Ikan, seperti salmon dan tuna misalnya, kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk makan ikan setidaknya dua atau tiga kali dalam seminggu.

Sebuah studi yang dilakukan di Denmark pada 49.000 wanita menemukan bahwa wanita yang makan sedikit ikan atau tidak sama sekali memiliki masalah jantung 50 persen lebih besar daripada mereka yang makan ikan sedikitnya sekali seminggu.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa wanita yang jarang makan ikan memiliki risiko penyakit jantung tiga kali lipat lebih tinggi daripada mereka yang sering makan ikan.

Inilah beberapa makanan yang dapat membantu mengikis endapan lemak atau kolesterol di dinding pembuluh darah. Hati-hati, penumpukan lemak atau kolesterol di dinding pembuluh darah dapat memicu serangan jantung dan stroke