Tahukah Anda Kandungan Yang Terdapat Dalam Ikan Mujair Kesehatan?

Tahukah Anda Kandungan Yang Terdapat Dalam Ikan Mujair Kesehatan? – IIkan mujair merupakan ikan air tawar yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Gampang didapat, harga terjangkau dan mengandung nutrisi yang berguna bagi kesehatan merupakan kelebihan yang disukai oleh masyarakat.

Tahukah Anda Kandungan Yang Terdapat Dalam Ikan Mujair Untuk Kesehatan?

Tahukah Anda Kandungan Yang Terdapat Dalam Ikan Mujair Untuk Kesehatan?
Tahukah Anda Kandungan Yang Terdapat Dalam Ikan Mujair Untuk Kesehatan?

Beberapa nutrisi yang dikandung oleh ikan mujair ialah vitamin, mineral, protein, asam lemak omega 3 serta berbagai nutrisi lainnya yang jika dikonsumsi dapat menyehatkan.

Untuk itu, kami berikan ulasan mengenai manfaat ikan mujair bagi kesehatan untuk anda.

Pertumbuhan dan Perkembangan

Sebagai ikan yang kaya akan protein, mengonsumsi ikan mujair dapat memberikan efek baik terhadap peningkatan pertumbuhan dan perkembangan organ. Dengan demikian, ikan mujair sangatlah cocok bila dikonsumsi oleh anak-anak, mengingat mereka sangat membutuhkan asupan nutrisi guna menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Ikan Mujair dan Kandungan Nutrisinya

Ikan mujair adalah ikan air tawar yang masuk ke dalam famili Cichlidae. Ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selain spesies lainnya seperti ikan kembung, ikan lele, dan sebagainya.

Di balik rasanya yang lezat, ikan mujair juga membawa sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, ikan ini diperkaya oleh berbagai macam nutrisi yakni sebagai berikut:

  • Protein: 18,7 g
  • Lemak: 1 g
  • Air: 79,7 g
  • Kalsium: 96 mg
  • Fosfor: 209 mg
  • Zat besi: 1,5 mg
  • Natrium: 51 mg
  • Kalium: 265,8 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Vitamin A: 6 mcg
  • Beta-karoten: 3 mcg
  • Vitamin B1: 0,03 mg
  • Vitamin B2: 0,10 mg
  • Niasin: 2 mg
  • Omega-3
Manfaat Ikan Mujair bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi ikan mujair—sama seperti jenis ikan pada umumnya—diklaim dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita. Benarkah demikian? Berikut adalah daftar manfaat ikan mujair bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat ikan mujair yang pertama adalah untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegahnya dari berbagai jenis penyakit terkait seperti alzheimer dan Parkinson.

Pasalnya, kandungan nutrisi di dalam ikan yang berasal dari perairan Afrika ini menurut sejumlah penelitian dapat membantu melancarkan aliran oksigen ke otak. Sebagaimana kita ketahui, oksigen adalah salah satu komponen pentinya yang dibutuhkan oleh otak agar dapat berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

2. Merawat Kesehatan Tulang

Ikan mujair diperkaya oleh mineral berupa kalsium dan fosfor. Keduanya menghasilkan khasiat ikan mujair untuk merawat kesehatan tulang.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwasanya kandungan nutrisi pada ikan tersebut membantu memproduksi sel tulang dan juga gigi.

3. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki kulit yang sehat adalah dambaan setiap orang. Nah, salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk membuat kulit senantiasa terlihat sehat dan menawan adalah dengan mengonsumsi ikan mujair secara rutin.

Khasiat ikan mujair yang satu ini menurut penelitian dihasilkan oleh zat antioksidan yang ternyata juga terkandung di dalamnya. Dengan adanya zat antioksidan tersebut, sel kulit terbebas dari radikal bebas yang menjadi pemicu munculnya gejala penuaan dini seperti kulit mengkerut dan timbul flek hitam.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Anda yang saat ini sedang ‘berjuang’ untuk menurunkan berat badan juga ada baiknya memasukkan ikan mujair ke dalam daftar menu sehat sehari-hari.

Rendahnya kalori yang dimiliki oleh ikan dengan nama ilmiah Oreochromis mossambicus ini menjadi alasan mengapa mengonsumsinya tidak membuat berat badan meningkat dengan mudahnya.

Akan tetapi, manfaat ikan mujair yang satu ini sulit didapatkan apabila Anda tidak mengimbanginya dengan aktivitas sehat lainnya seperti rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan rendah lemak seperti buah dan sayuran.

5. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Ikan ini juga diperkaya oleh asam lemak omega-3 yang lantas menjadikannya salah satu sumber makanan yang layak untuk dikonsumsi guna meminimalisir risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, asam lemak omega-3 menjadi agen penting dalam membantu menurunkan tekanan darah yang tak lain menjadi salah satu faktor pemicu penyakit jantung, pun penyakit kardiovaskular lainnya seperti stroke dan aterosklerosis.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

6. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker

Selain jantung dan stroke, penyakit berbahaya lainnya yang bisa diminimalisir risikonya apabila Anda mengonsumsi ikan mujair secara rutin adalah kanker.

Lagi-lagi, manfaat ikan mujair yang satu ini dikarenakan adanya kandungan zat antioksidan di dalamnya. Menurut penelitian, zat antioksidan pada ikan mujair dapat membantu menangkal serangan radikal bebas sebagai pemicu kerusakan sel tubuh yang berujung pada penyakit kanker.

Tak hanya itu, para peneliti mengungkapkan jika pada ikan mujair terdapat zat antiinflamasi bernama hepcidin 1-5 yang diklaim dapat digunakan pada terapi pengobatan kanker.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sejumlah peneliti mengklaim jika kandungan kolagen pada ikan mujair dapat membuat luka pada kulit lebih cepat tertutup dan sembuh.

Sayangnya, khasiat ikan mujair yang satu ini baru berhasil diterapkan pada hewan. Perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan objek manusia guna memperkuat klaim tersebut.

8. Mengoptimalkan Fungsi Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid memiliki fungsi penting bagi tubuh, di antaranya membantu melancarkan metabolisme tubuh, menjaga berat badan agar tetap ideal, hingga meminimalisir risiko penyakit yang berkaitan dengan malfungsi tiroid.

Kandungan nutrisi pada ikan mujair menurut penelitian dapat menjaga agar kelenjar tiroid tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Dampak Negatif Ikan Mujair

Ibarat pisau bermata dua, ikan mujair juga memiliki dampak negatif bagi tubuh apabila tidak dikonsumsi secara tepat.

Berdasarkan penelitian, ikan ini mengandung asam lemak omega-6 yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi daripada kandungan asam lemak omega-3 yang juga dimilikinya. Masalahnya, asam lemak omega-6 dalam jumlah cukup banyak justru dapat membuat tubuh rentan mengalami peradangan.

Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan ini secara berlebihan jika tidak ingin menderita penyakit-penyakit yang berkaitan dengan peradangan seperti penyakit jantung. Konsultasikan dengan dokter mengenai pola konsumsi yang tepat sesuai kondisi tubuh Anda agar manfaatnya terasa namun juga tidak membahayakan diri.

Satu hal lagi yang juga harus digarisbawahi adalah, beberapa klaim manfaat di atas mungkin ada yang belum bisa dikatakan kuat oleh karena bukti ilmiah yang mendukung masih terbatas sehingga mengonsumsi ikan mujair ini juga harus diimbangi oleh konsumsi makanan bergizi lainnya dan aktivitas menyehatkan (berolahraga, istirahat yang cukup, dsb.) jika ingin tubuh senantiasa sehat.