Tahukah Anda Kasiat Dan Nutrisi Yang Terdapat Pada Toge

Tahukah Anda Kasiat Dan Nutrisi Yang Terdapat Pada Toge Untuk Pria? – Toge adalah jenis sayuran yang berasal dari kecambah kacang hijau. Toge mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagian masyarakat juga percaya bahwa terdapat manfaat toge untuk pria. Ketahui manfaat toge dan efek samping bagi kesuburan pria.

Tahukah Anda Kasiat Dan Nutrisi Yang Terdapat Pada Toge Untuk Pria?

Tahukah Anda Kasiat Dan Nutrisi Yang Terdapat Pada Toge Untuk Pria?
Tahukah Anda Kasiat Dan Nutrisi Yang Terdapat Pada Toge Untuk Pria?
Kandungan Nutrisi Toge

Berikut ini kandungan nutrisi toge, yaitu:

  • Kalsium
  • Tembaga
  • Serat
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Niasin
  • Asam pantotenat
  • Fosfor
  • Riboflavin
  • Zinc
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Vitamin B6

Toge juga mengandung protein nabati, rendah kalori, dan tidak mengandung lemak.

Manfaat Toge untuk Pria

Toge biasanya dikonsumsi sebagai sayuran pelengkap dalam berbagai menu makanan. Toge memiliki tekstur renyah dan rasa yang enak. Toge dikenal memiliki manfaat untuk kesuburan. Berikut ini adalah manfaat toge untuk pria, yaitu:

Zinc

Toge mengandung 2 mg zinc dalam 1 cangkir penyajian. Zinc adalah salah satu nutrisi esensial yang berperan penting dalam kesuburan pria. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa setiap pria harus mendapat asupan zinc yang cukup untuk membantu meningkatkan produksi sperma.

Manfaat toge untuk pria dari kandungan zinc di dalamnya juga membantu meningkatkan konsentrasi sperma dan motilitas atau pergerakan sperma. Selain pada sayuran toge, zinc juga terkandung dalam susu, roti, sereal, daging, dll.

Antioksidan

Berdasarkan penelitian dari The Center for Genetics in Washington DC, toge mengandung antioksidan dan omega-3 yang tinggi. Antioksidan adalah nutrisi yang juga penting untuk meningkatkan kesuburan pria.

Antioksidan memiliki kandungan yang berperan dalam melindungi dan menjaga kualitas sperma pria. Selain toge, makanan yang bagus untuk kesuburan pria adalah salmon, sarden, tiram, biji labu, coklat, jus delima, dll.

Asam Folat

Toge juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Berdasarkan penelitian yang masih dikembangkan, asam folat juga berperan dalam meningkatkan produksi sperma yang sehat dan berkualitas.

Toge memiliki beberapa kandungan yang baik untuk menambah kualitas dari kesuburan pria, walau begitu uji klinis masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat toge untuk pria.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Manfaat Toge untuk Kesehatan

Selain manfaat toge untuk pria, berikut ini adalah manfaat toge untuk kesehatan secara umum, yaitu:

Menurunkan Berat Badan

Toge adalah makanan yang rendah kalori jadi sangat baik untuk diet atau pola makan yang sehat. Toge juga mengandung serat yang cukup untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Kandungan serat pada kecambah menghambat pelepasan hormon ghrelin, yaitu hormon lapar yang membuat Anda selalu ingin makan sesuatu.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat toge untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Toge mengandung berbagai enzim yang berperan untuk memecah makanan, menyerap nutrisi, dan proses metabolisme.

Kandungan serat di toge juga membantu untuk melancarkan pencernaan dan dapat membantu mengatasi diare atau sembelit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Toge mengandung vitamin C dan vitamin A yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Manfaat vitamin C adalah untuk menstimulasi sel darah putih untuk melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu, manfaat vitamin A adalah sebagai antiinflamasi dan bekerja 10 kali lebih kuat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah Anemia

Penyebab anemia adalah kekurangan zat besi. Cara mencegah anemia adalah dengan menambah asupan zat besi yang cukup agar tubuh dapat memproduksi hemoglobin untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Setiap satu cangkir penyajian toge mengandung sekitar 5 gram zat besi yang mungkin dapat mencegah anemia. Gejala anemia adalah kelelahan, kurang konsentrasi, mual, pusing, dan gangguan lambung.

Kesehatan Tulang

Toge mengandung vitamin K. Manfaat vitamin K adalah untuk menjaga kepadatan dan mineral dalam tulang. Kandungan toge lainnya yaitu mangan dan zinc dalam toge juga membantu mencegah osteoporosis dan menambah kekuatan tulang.

Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan di dalam toge ternyata lebih tinggi dari antioksidan di kacang-kacangan. Manfaat antioksidan adalah untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai gangguan kulit seperti noda hitam, kulit berkerut, keriput, bintil-bintik merah, penuaan dini, dll.

Antioksidan juga berperan dalam mempertahankan kesehatan kulit, mencegah penuaan dini, dan mencegah sel-sel kanker.

Kesehatan Mata

Toge mengandung vitamin A yang berperan untuk mencegah berbagai gangguan mata. Selain itu, toge juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai agen antioksidan untuk menjaga kesehatan mata.

Manfaat toge untuk kesehatan adalah untuk mencegah katarak, glaukoma, dan degenerasi makula, namun masih dibutuhkan penelitian selanjutnya.

Mengurangi Stres

Berdasarkan penelitian dari Faculty of Health and Medical Sciences, University of Adelaide Australia, kandungan vitamin C, zinc, dan magnesium dapat membantu mengatasi stres, gelisah, dan memperbaiki suasana hati. Sementara itu, toge mengandung semua nutrisi tersebut.

Itulah beberapa manfaat toge untuk pria dan kesehatan secara umum, namun penelitian masih dibutuhkan untuk membuktikannya secara uji klinis.

Efek Samping Toge

Ketahui tentang manfaat toge dan efek samping bagi kesuburan pria, berikut ini:

Sakit Perut

Umumnya, olahan toge lebih populer disajikan dan dimakan dalam keadaan mentah. Hal ini mungkin meningkatkan risiko toge terkontaminasi bakteri yang menyebabkan sakit perut.

Infeksi Bakteri dan Virus

Penyajian toge yang mentah dikaitkan dengan kontaminasi bakteri E. coli and Salmonella yang dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri atau virus.

Anda harus mencuci toge dengan bersih atau mencucinya dengan air panas untuk memastikan bahwa toge bersih dari virus dan bakteri serta aman dikonsumsi.

Itulah manfaat toge untuk pria walaupun masih harus diteliti secara uji klinis. Semoga informasi tentang manfaat toge dan efek samping bagi kesuburan pria dapat berguna bagi Anda.