Tahukah Anda Manfaat Buah Jamblang Sangat Baik Buat Kesehatan?

Tahukah Anda Manfaat Buah Jamblang Sangat Baik Buat Kesehatan? – Buah jamblang atau duwet ini merupakan buah yang hanya muncul musiman atau pada musim tertentu. Meskipun menyerupai anggur, namun tentu saja buah ini berbeda dari rasa dan khasiatnya.

Dengan rasanya yang manis dan khas ini, buah jamblang memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Sama seperti buah-buahan pada umumnya yang mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tahukah Anda Manfaat Buah Jamblang Sangat Baik Buat Kesehatan?

Tahukah Anda Manfaat Buah Jamblang Sangat Baik Buat Kesehatan?
Tahukah Anda Manfaat Buah Jamblang Sangat Baik Buat Kesehatan?

Selain itu, buah dengan warna kulit keunguan mirip anggur ini juga dapat dimanfaatkan untuk selai roti, dan biasanya digunakan untuk memasak makanan khas Cirebon yang bernama nasi jamblang.

Nah, tentu saja bukan buah nya yang digunakan, melainkan daun buah jamblang. Daun ini digunakan untuk membungkus nasi.

Penasaran kan, apa saja manfaat dan khasiat buah jamblang? Simak di bawah ini, yuk!

Manfaat Kandungan Buah Jamblang
1. Atasi Diabetes

Manfaat buah jamblang yang paling utama adalah mengobati diabetes. Secara tradisional, buah ini sudah memiliki sejarah untuk pengobatan diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan glikemik rendah pada buah jamblang.

Selain itu, jamblang juga dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 30%. Dengan demikian, itulah mengapa buah jamblang digunakan untuk menyembuhkan diabetes.

2. Redakan Asma

Asma merupakan virus atau bakteri yang ada di dalam tubuh kamu. Penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang yang dapat menyebabkan nyeri dada dan batuk-batuk.

Penyakit ini dapat dimiliki sejak kamu kecil atau ketika kamu beranjak dewasa, dan mengobati asma bukanlah hal yang mudah dilakukan. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi buah jamblang.

Dengan rajin mengonsumsinya, kamu akan perlahan menyembuhkan asma kamu yang kronis.

3. Tingkatkan Sistem Imun

Daya tahan pada tubuh atau imunitas akan membantu kamu dalam menjaga tubuh hingga terjauh dari bakteri dan virus yang dapat menyerang kesehatan kamu.

Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin. Kamu juga dapat menambah buah jamblang sebagai asupan sehari-hari kamu.

Dengan khasiat buah jamblang ini, maka tubuh kamu akan terjaga sepanjang hari.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

4. Memperkuat Tulang dan Gigi

Pada dasarnya, kesehatan tulang dan gigi dapat dibantu oleh kalsium yang bertujuan untuk menguatkan kokohnya tulang dengan menyehatkannya. Gigi yang tidak banyak dirawat dapat menghasilkan gigi yang mudah bolong dan tidak kuat.

Maka dari itu, dibutuhkan asupan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam tubuh kamu agar dapat terus menjaga kesehatan tulang dan gigi.

5. Baik untuk Penderita Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah kamu rendah di dalam tubuh. Anemia juga dapat terjadi ketika sel darah merah kita tidak mengandung banyak hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang dapat memproduksi warna merah pada darah. Daripada mengonsumsi obat penambah darah yang kandungannya sudah banyak terdapat bahan kimiawi, lebih baik rutin konsumsi buah jamblang.

6. Obat Batuk

Batuk merupakan sakit yang disebabkan oleh bakteri tertular. Batuk bersifat penyakit yang bertahap hingga kronis, maka harus ditangani dengan cepat. Nah, untuk mencegah penyakit ini memarah, kamu harus melakukan tindakan yang cepat.

Salah satunya dengan mengonsumsi buah jamblang yang dapat berfungsi untuk menangani bakteri dalam tubuh sehingga kamu akan sembuh dari penyakit viru atau bakteri.

7. Mengatasi Sembelit

Hampir setiap buah memiliki serat yang mampu mengatasi sembelit atau masalah pencernaan. Dalam buah jamblang, kamu dapat menemukan 0,9 gram serat dalam 100 gram buah jamblang.

Selain buahnya, daun pohon jamblang sangat berperan di dunia pengobatan tradisional untuk mengobati diare dan maag. Daun ini memiliki sifat antibakterial yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi gangguan kesehatan mulut.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Dalam suatu siklus hormon, pasti terdapat fase dimana kita tidak memiliki nafsu dan gairah untuk makan sama sekali. Atau mungkin kamu ingin menambah berat badan, tapi tidak memiliki nafsu untuk makan sama sekali.

Nah, kamu dapat mengembalikan nafsu makan kamu lagi. Cukup dengan mengonsumsi 50 gram buah jamblang dengan madu dan air setiap pagi, nafsu makan kamu akan meningkat.

9. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan suatu molekul yang berada di mana saja. Bahkan, tubuh kita memproduksi radikal bebas. Zat ini tentu bahaya untuk tubuh dan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker.

Buah jamblang mengandung flavanoid yang dapat melindungi tubuh kamu dari radikal bebas, jadi terbebas dari kanker, tumor, dan penyakit jantung.

10. Mengatasi Nyeri pada Lambung

Nyeri pada lambung dapat datang kapan saja dan akan menyebabkan ketidaknyamanan. Bahkan sampai dapat menyebabkan keringat dingin dan kepala pusing. Untuk menyembuhkannya dibutuhkan temulawak yang berfungsi guna meredakan nyari lambung.

Bukan hanya temulawak saja, tetapi kamu juga dapat menggunakan buah jamblang atau duwet untuk menghilang nyeri pada lambung. Banyak kan, khasiatnya?

11. Mencegah Penyakit Jantung dan Hati

Penyakit hati dan jantung dapat diobati dengan obat tradisional dan obat rekomendasi dokter. Salah satu obat tradisionalnya adalah buah jamblang atau duwet.

Kandungan oleanolic acid pada jamblang sering digunakan untuk pengobat tradisional di Amerika Selatan untuk mengurangi kerusakan jantung serta hati.

Selain itu, buah ini juga manjur untuk penderita kanker dengan pengobatan kemoterapi doxorubicin.

12. Obat Infeksi

Sama saja seperi batuk, buah jamblang dapat menangkal bakteri yang menyebabkan sakit ringan akibat bakteri. Dengan kandungan tanin, asam malat, asam galat, dan oksalat yang dapat berfungsi sebagai anti malaria, sifat anti bakteri, dan gastroprotektif.

Dari daun, kulit, batang, hingga biji tanaman jamblang, dapat mengobati bakteri dalam tubuh kamu hingga segala infeksi.