Tahukah Anda Manfaat Buah Srikaya Sangat Bagus Untuk Tubuh?

Tahukah Anda Manfaat Buah Srikaya Sangat Bagus Untuk Tubuh? – Srikaya sarat dengan antioksidan, yang memerangi radikal bebas di tubuh. Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung. Senyawa tertentu dalam cherimoya – termasuk asam kaurenoic, flavonoid, karotenoid, dan vitamin C – memiliki efek antioksidan yang kuat.

Tahukah Anda Manfaat Buah Srikaya Sangat Bagus Untuk Tubuh?

Tahukah Anda Manfaat Buah Srikaya Sangat Bagus Untuk Tubuh?
Tahukah Anda Manfaat Buah Srikaya Sangat Bagus Untuk Tubuh?

Buah srikaya terkenal akan rasanya yang manis. Namun, siapa sangka bila rasa manisnya yang memikat semakin dilengkapi dengan manfaatnya yang menakjubkan. Manfaat buah srikaya bisa mengatasi banyak penyakit.

Ingin tahu apa saja penyakit yang bisa diatasi dengan srikaya? Bacalah dan temukan beberapa manfaat srikaya untuk kesehatan. Penjelasan ini cukup bermanfaat terutama bagi Anda yang memiliki masalah kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah.

Mengatasi penyakit disentri akut dan diare

Manfaat srikaya untuk kesehatan juga bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti pada diare dan disentri akut. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dan zat gizi yang ada di dalam buah srikaya bisa memperbaiki kondisi pencernaan.

Menambah berat badan sehat

Srikaya baik untuk mereka yang ingin menambah berat badan. Campuran madu dan srikaya ketika dikonsumsi secara teratur akan membantu menambah berat yang dibutuhkan dan kalori yang sangat dibutuhkan.

Mencegah Asma

Srikaya kaya akan vitamin B6, yang membantu mengurangi peradangan bronkial dan membantu mencegah serangan asma.

Mencegah Serangan Jantung

Kandungan magnesium dalam srikaya membantu mempertahankan jantung dari serangan jantung dan dapat membantu mengendurkan otot. Selain itu, vitamin B6 dalam srikaya membantu mencegah pengumpulan homocystein yang juga meminimalkan risiko penyakit jantung.

Mencegah dan mengobati penyakit kanker

Srikaya mengandung beberapa senyawa asetogenin. Beberapa senyawa asetogenin tersebut seperti skuamostanin, annotemoyin-1, dan glukopiranosid kolesteril. Senyawa-senyawa yang tergolong ke dalam asetogenin memiliki efek sitotoksik terhadap sel-sel kanker sehingga sel-sel kanker tersebut akan mati.

Penyakit kanker pada seorang pasien pun bisa disembuhkan. Selain itu, manfaat srikaya juga bisa mencegah penyakit kanker. Buah srikaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak. Kandungan antioksidan tersebut bisa menangkal berbagai radikal bebas yang bersifat karsinogenik (memicu kanker).

Srikaya kaya akan tembaga dan serat makanan, yang membantu pencernaan, membantu meringankan buang air besar dan mengatasi sembelit.

Sangat baik untuk penderita diabetes

Kelimpahan serat makanan dalam srikaya membantu memperlambat penyerapan gula dan mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Kontrol Tekanan Darah

Srikaya adalah sumber kalium dan magnesium yang baik yang membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali. Bagi mereka dengan tingkat tekanan darah yang berfluktuasi, srikaya akan sangat membantu.

Mengurangi Kolesterol

Srikaya mengandung niasin dan serat makanan dalam kadar tinggi, yang membantu menurunkan kadar kolesterol secara efektif.

Mengobati Anemia

Srikaya berfungsi sebagai stimulan, pendingin, ekspektoran, dan hematematik. Selain itu, sumber zat besi yang kaya juga berguna dalam mengobati anemia.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Melancarkan Pencernaan Usus

Apabila Anda mengalami susah buang air besar atau konstipasi, maka jangan tergesa-gesa untuk minum obat pencahar. Anda bisa mengonsumsi buah srikaya sebagai obat sembeli alami. Manfaat buah srikaya yang bisa melancarkan pencernaan sehingga konstipasi bisa diatasi.

Antiradang

Manfaat buah srikaya serupa dengan obat antiinflamasi. Kandungan kalium yang tinggi pada buah srikaya bisa mengatasi nyeri otot. Selain itu, manfaat srikaya untuk kesehatan juga bisa mengatasi peradangan.

Manfaat antiinflamasi pada buah srikaya tidak terlepas dari peran kandungan magnesium. Magnesium di dalam buah srikaya bisa meredakan gejala rematik dan radang sendi. Buah srikaya juga bisa menurunkan dan menghilangkan kadar asam urat pada sendi-sendi.

Mencegah flu dan batuk

Buah srikaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini membuat manfaat buah srikaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, beberapa penyakit seperti flu dan batuk bisa dicegah.

Mengobati Demam

Manfaat buah srikaya bisa mengobati demam karena kandungan zat-zat yang ada di dalam buah srikaya bisa menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Jadi, Anda bisa memiliki cara mengobati demam secara alami tanpa menggunakan obat-obatan medis.

Antidepresi

Srikaya tidak hanya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan secara fisik. Tanaman srikaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah psikis, yaitu depresi. Akar tanaman srikaya bisa menjadi obat antidepresi.