Tahukah Anda Manfaat dan Nutrisi Mengkonsumsi Rumput Laut?

Tahukah Anda Manfaat dan Nutrisi Mengkonsumsi Rumput Laut? – Bagi Anda yang menyukai makanan seperti sushi atau onigiri, sudah pasti tidak asing lagi dengan rumput laut alias seaweed. Rumput laut masuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa tipe seperti alga cokelat, alga merah, dan alga hijau.

Makanan yang disajikan dengan rumput laut ini rata-rata berasal dari Asia. Namun, tahukah Anda bahwa rumput laut bukan saja lezat, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan? Apa saja manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh?

Tahukah Anda Manfaat dan Nutrisi Mengkonsumsi Rumput Laut?

Tahukah Anda Manfaat dan Nutrisi Mengkonsumsi Rumput Laut?
Tahukah Anda Manfaat dan Nutrisi Mengkonsumsi Rumput Laut?
Apa saja manfaat rumput laut?

Rumput laut disebut juga sayuran laut, atau marine vegetables. Kita tahu bahwa sayuran memiliki kalori yang rendah. Semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame memiliki mengandung kurang dari 20 kalori. Mau tahu apa saja manfaat rumput laut bagi kesehatan? Simak berikut ini:

1. Membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan

Beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin, yang dapat membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Food Chemistry, ditemukan bahwa alginat (serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat) dapat membantu sekitar 75% untuk menghalangi penyerapan lemak pada usus.

2. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Manfaat rumput laut yang tak kalah penting adalah membantu luka agar cepat sembuh. Rumput laut kaya akan vitamin K, dan vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit – jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah. Vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya, sehingga saat Anda terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir. Anda bisa memilih jenis rumput mana pun, namun perlu diketahui bahwa wakame memiliki kandungan vitamin K yang lebih sedikit.

3. Menguatkan tulang dan gigi

Rumput laut juga mengandung kalsium. Jika Anda alergi terhadap susu sapi, pertimbangkan makanan lain yang mengandung kalsium. Rumput laut, dan wakame terdiri dari 60 mg kalsium, sekitar 6 % dari kebutuhan kalsium harian. Kurangnya kalsium dapat berdampak pada otot, dan sel yang berkoordinasi dengan sistem saraf.

4. Meningkatkan energi

Kandungan lainnya yang terdapat pada rumput laut adalah zat besi. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari zat besi adalah memproduksi energi yang butuh untuk dibakar oleh tubuh saat melakukan aktivitas harian. Kurangnya zat besi dapat menyebabkan anemia, sehingga Anda menjadi mudah lemah dan lesu. Anda bisa menambah asupan zat besi dengan memakan rumput laut. Semangkuk rumput laut menyediakan 1,1 atau 0,8 mg zat besi. Memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu Anda mencapai kebutuhan 8 mg zat besi harian pada laki-laki, atau 18 mg zat besi untuk perempuan.

5. Baik untuk penderita diabetes dan kolesterol

Rumput laut juga mengandung omega-3 asam lemak. Selembar rumput laut memiliki kandungan omega-3 asam lemak yang sama dengan dua alpukat. Fungsi dari omega-3 asam lemak adalah meningkatkan kolesterol baik atau HDL, serta mengurangi kolesterol jahat atau LDL.

6. Terhindar dari pembengkakan kelenjar tiroid

Kandungan yodium yang ada pada rumput laut ini merupakan sesuatu yang cukup jarang ditemukan pada makanan lainnya. Mengonsumsi level yodium yang sehat penting untuk mempertahankan tiroid yang sehat. Tiroid yang bermasalah dapat menyebabkan beberapa gejala seperti rasa lemah, otot pun melemah, kolesterol tinggi, bahkan pada kasus yang parah dapat menyebabkan kondisi medis yang serius seperti gondok, jantung berdebar-debar, serta memori yang terganggu.

7. Melawan penyakit

Vitamin yang terkandung pada rumput laut memang banyak, seperti magnesium, copper, zinc, riboflavin, niacin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Beberapa nutrisi tersebut adalah antioksidan. Selain mengandung flavonoid, rumput laut juga mengandung antioksidan tinggi lainnya seperti karotenoid. Antioksidan sendiri berfungsi untuk mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas, serta baik untuk kesehatan kardiovaskular.

8. Memperlambat penyebaran kanker payudara

Penelitian baru-baru ini menemukan sayuran laut dapat mengatur kadar estrogen, sehingga risiko terkena kanker payudara pun berkurang. Namun, bukan berarti rumput laut ini digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit, atau menjamin perlindungan terhadap penyakit.

Sebaiknya seberapa banyak kita makan rumput laut?
Terlalu banyak mengonsumsi rumput laut dapat menyebabkan yodium berlebihan pada tubuh. Anda harus makan secukupnya saja, tidak berlebihan. Bagi Anda yang menderita hipertiroidis – kelenjar tiroid yang over aktif – sebaiknya Anda menghindarinya, sebab yodium akan semakin menstimulasi tiroid.

Rumput laut mengambil mineral yang ada di laut, tempat mereka hidup. Bisa saja tanaman ini menyerap arsenik dan metal berat lainnya. Ketika dikonsumsi berlebihan, tentunya tidak akan baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Rumput Laut bagi Tubuh

Apa saja manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh.
Sayuran laut seperti rumput laut, berkontribusi terhadap asupan manfaat sayur sayuran untuk makanan harian, sekitar 17,5 cangkir wanita dan 21 cangkir untuk pria, menurut Departemen Pertanian AS. Seperti banyak sayuran lainnya, rumput laut rendah kalori mentah seperti rumput laut wakame misalnya, mengandung kurang dari 20 kalori. Makan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan Anda, sayuran laut menyediakan sumber yang kaya nutrisi penting

1. Vitamin K

Rumput laut merupakan sumber vitamin K, nutrisi yang larut dalam lemak. Vitamin K berkomunikasi dengan trombosit, yaitu jenis sel yang membentuk pembekuan darah. Ketika mulai mengembangkan cedera, manfaat vitamin K akan membantu mengirim sinyal kimia yang memberitahu trombosit untuk mengumpulkan dan membentuk gumpalan darah, sehingga tubuh dapat menghentikan aliran darah pada luka. Beberapa jenis rumput laut dapat membantu untuk mencapai rekomendasi asupan harian vitamin K yaitu 90 mikrogram untuk wanita atau 120 untuk laki-laki. 1 porsi rumput laut yang sarat dengan kalsium lebih dari manfaat brokoli dan hampir sama seperti manfaat protein pada kacang-kacangan.

2. Kalsium

Menambahkan rumput laut dalam makanan, akan membantu meningkatkan asupan mineral penting kalsium. Sebagian besar kalsium tubuh berguna untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat. Manfaat kalsium bagi tubuh yaitu membentuk bagian dari hidroksiapatit, jaringan mineral yang terdiri dari sebagian besar tulang. Kalsium juga membantu otot-otot dan membantu komunikasi sel dan berkontribusi terhadap fungsi sistem saraf.

3. Zat Besi

Beberapa jenis rumput laut, mengandung zat besi. Manfaat zat besi adalah membantu tubuh menghasilkan energi yang diperlukan untuk bahan bakar sebagai aktivitas sehari-hari dan juga membantu menyehatkan sistem peredaran darah, dengan meningkatkan aliran darah. Kadar zat besi rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, suatu kondisi yang ditandai oleh tingkat energi menurun, kulit pucat dan sesak napas. Memasukkan rumput laut ke dalam diet makanan sehari-hari dapat membantu tubuh mencapai 8 miligram zat besi yang dibutuhkan setiap hari untuk pria, atau 18 miligram untuk wanita. Nutrisi lainnya dalam rumput laut termasuk vitamin B-12 dan vitamin A.

4. Serat Alami

Alginat adalah serat alami yang ditemukan pada beberapa jenis rumput laut yang dapat membantu pencernaan dan mengurangi penyerapan lemak. Sebuah studi yang dipimpin oleh ilmuwan Dr Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson di Newcastle University menemukan bahwa makan rumput laut, akan mengurangi pencernaan lemak lebih dari 75%. Manfaat serat juga membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat dan mencegah makan berlebihan. Temuan ini menunjukkan bahwa menambahkan rumput laut untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol tidak sehat dalam darah.

5. Asam Lemak Omega 3

Tubuh manusia membutuhkan manfaat lemak sehat sebagai bagian dari diet seimbang. Rumput laut menyediakan lemak sehat yang disebut asam lemak omega-3. The Dr. Oz Show situs mencatat bahwa selembar rumput laut nori berisi sejumlah sama asam lemak omega 3. Jenis lemak akan membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sehat, sambil menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya. Asam lemak Omega-3 juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

6. Yodium

Seperti sayuran lainnya, rumput laut mengandung mineral penting dan vitamin yang dibutuhkan untuk diet seimbang yang sehat. Menurut situs Best Health, hanya satu gram rumput laut memberikan dosis harian yodium. Manfaat yodium itu sendiri merupakan mineral yang sangat penting untuk fungsi tiroid sehat. Selain itu, jenis rumput laut coklat yang disebut kombu berisi fucoxanthin pigmen, yang dapat membantu memetabolisme lemak tubuh menjadi energi.

Manfaat Rumput Laut Yang Baik Bagi Tubuh

Kebaikan rumput laut memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti berikut ini:

  • Pencegahan pengroposan tulang – Kalsium yang dihasilkan dari rumput laut dengan kandungannya yang lima kali lebih besar dibandingkan susu. Bagi perempuan yang diusia lanjut, mengkonsumsi rumput laut untuk mencegah terjadinya gejala penyakit osteoporosis
  • Pencegahan Kanker – Kandungan manfaat vitamin C mengandung antioksidan yang mencegah gejala kanker, selain itu dapat untuk merawat kecantikan kulit
  • Menurunkan berat badan – Banyak yang menggunakan rumput laut sebagai diet sehat. Rumput laut mengandung serat alami yang baik untuk mengontrol berat badan seperti juga pada manfaat apel dan manfaat pear. Mengkonsumsinya dengan teratur akan memberikan efek diet sehat yang menyehatkan tubuh pula
  • Dapat mengurangi gejala penyakit hipertensi – Penggunaan garam ternyata dapat diganti dengan butiran-butiran ekstrak rumput laut. Konsumsi garam yang dikurangi akan menjadikan tekanan lebih stabil sebagai terapi bagi penderita gejala penyakit hipertensi.