Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Buah Talas

Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Buah Talas Untuk Kesehatan Jantung? – Talas adalah jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di daratan Afrika, Amerika, dan Asia. Di Indonesia, tumbuhan yang bernama latin Colocasia esculenta ini merupakan tumbuhan yang dapat disulap menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat, misalnya bolu, keripik, kolak, bubble tea, hingga es campur.

Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Buah Talas Untuk Kesehatan Jantung?

Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Buah Talas Untuk Kesehatan Jantung?
Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Buah Talas Untuk Kesehatan Jantung?
Kandungan Nutrisi Penting Dalam Talas

Di dalam talas sendiri mengandung banyak senyawa organik, mineral, serta tingkat tinggi vitamin A , C, E, vitamin B6 , dan folat, menurut USDA Nutrient database Nasional. Tidak hanya itu, talas juga terdapat magnesium, zat besi, seng, fosfor, kalium, mangan, dan tembaga di dalamnya.

Di dalam seporsi talas (sekitar 150 gram) yang sudah dimasak, kamu bisa mendapatkan:

  • 150 – 200 kalori
  • 5 – 7 gram serat
  • Sekitar 4 gram protein
  • 150 – 170 mg kalsium
  • 450 – 600 mg kalium
  • 30 – 50 mg magnesium
  • 60 – 70 mg fosfor

Tak hanya itu, talas juga diperkaya antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta mineral zat besi dan tembaga. Aneka nutrisi pada talas tersebut menjadikan talas sebagai salah satu makanan yang berperan penting dalam memelihara kesehatan dan fungsi organ tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Talas Untuk Kesehatan Tubuh
Menjaga kadar gula tetap normal

Untuk menunjang kesehatan tubuh, kadar gula darah harus dijaga agar tetap stabil. Kadar gula darah yang terlalu tinggi, berisiko menyebabkan resistensi insulin. Apabila tidak terkontrol, gula darah yang tinggi tersebut bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Penyakit diabetes yang tidak diobati bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya, seperti kerusakan retina mata yang dapat menyebabkan kebutaan, penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan daya tahan tubuh yang lemah.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Salah satunya adalah talas. Selain itu, manfaat talas juga baik untuk menjaga stabilnya gula darah, karena talas memiliki indeks glikemik yang rendah.

Mengatasi masalah pencernaan

Memiliki bentuk yang kecil, ternyata talas dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan lambung dan usus lho. Talas dapat membuat makanan yang dicerna dan diserap lambung dan usus menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, talas juga dapat mengurangi masalah pencernaan, seperti kembung, diare, produksi gas berlebih, dan kram perut.

Merawat kesehatan kulit rambut

Memiliki kandungan vitamin A, E dan B6, talas ternyata dapat membantu memperbaiki sel kulit. Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu mencegah penuan dini. Kandungan-kandungan tersebut ternyata dapat merawat kesehatan kulit dan rambut kita lho.

Dengan mengkonsumsi talas secara rutin, kulit akan lebih bersinar serta noda hitam juga akan menghilang secara alami. Untuk kulit kepala yang kering, vitamin E dalam talas dapat memberikan kelembapan pada rambut juga.

Membantu masalah penglihatan

Jika bosan hanya mengonsumsi wortel untuk mendapatkan vitamin, A, talas juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk membantu penglihatan lebih jernih.

Selain itu, talas juga mengandung antioksidan, yang terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin. kandungan tersebut dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya katarak.

Mengatasi masalah darah tinggi

Dalam tumbuhan talas ternyata juga mengandung potassium, yang mana mampu mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah. Oleh karena itu jenis tumbuhan satu ini ternyata juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Selain rasanya lezat, bisa sebagai obat juga, bukan?

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Baik bagi penderita diabetes

Selain kandungan-kandungan yang sudah disebutkan, talas ternyata juga mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam butuh, yang merupakan faktor penting untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes.

Jika kamu mengonsumsi talas secara rutin dengan diiringi diet yang sehat, itu akan membantu mengurunkan risiko terhadap penyakit diabetes karena talas termasuk ke dalam serat yang baik untuk dikonsumsi.

Penguat sistem kekebalan tubuh dan aliran darah

Talas mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang dapat membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih, yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Dalam vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa jadi pertahanan dari kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain membantu menurunkan tekanan darah tinggi, talas yang memiliki kandungan zat besi juga dapat membantu proses pembentukan sel darah merah sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah, memperlancar metabolisme, dan membentuk sel baru dalam tubuh.

Membantu menjaga berat badan

Talas memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang memiliki waktu lebih lambat untuk dicerna, hal ini dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh karena itu, talas dianggap memiliki manfaat untuk membantu menjaga berat badan.

Namun tetap harus diiringi dengan pola makan yang sehat serta olahraga yang rutin ya. Dengan begitu, berat badan kamu akan tetap ideal seperti yang kamu harapkan.

Mencegah penyakit jantung dan kanker

Dalam talas terdapat kandungan serat tak hanya baik untuk menjaga kadar gula darah, tetapi juga baik untuk memelihara kesehatan jantung. Selain serat, talas juga memiliki kadar antioksidan tinggi yang baik untuk mencegah risiko penyakit kanker.

Antioksidan baik untuk menangkal radikal bebas. Sebab jika tubuh terpapar radikan bebas, hal ini tidak hanya mengganggu berbagai fungsi organ tubuh, tetapi dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Oleh karena itu antioksidan dalam talas bisa membantu mencegah risiko terjadinya penyakit kanker. Beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam talas adalah polifenol, vitamin C, dan vitamin E.

Meningkatkan kekuatan tulang

Talas ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi lho. Hal ini sangat bagus dikonsumsi untuk meningkatkan kekuatan tulang. Ketika kamu rutin mengonsumsi talas dalam jumlah yang cukup, maka tulangmu akan menjadi lebih padat dan kuat. Dengan begitu, otomatis kamu sudah menjaga tulangmu untuk terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.