Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mas Untuk kesehatan

Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mas Untuk kesehatan – Ikan Mas atau jika dalam nama latinnya (Cyprinus carpio), merupakan salah satu jenis ikan yang cukup popular di kalngan masyarakat Indonesia. Dengan lekuk tubuh yang cantik serta harga yang ekonomis, memang menambah nilai plus pada ikan yang satu ini, meskipun tergolong bukan ikan asli Indonesia, Goldfish dinilai cukup mudah dibudidayakan.

Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mas Untuk kesehatan

Untuk di Indonesia sendiri, jenis ikan ini sudah mulai budidayakan sejak 1920-an dan masih sering dikonsumsi hingga kini. Tak heran jika banyak yang memilih ikan mas sebagai salah satu bahan panganan yang bernilai ekonomis, namun tetap lezat.

Banyak orang menyebut bahwa Ikan mas mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang melindungi kesehatan jantung. Ini meningkatkan keseimbangan omega 6s dan omega 3 untuk mencegah penumpukan plak dan mengurangi kemungkinan aterosklerosis. Kandungan tersebut menurunkan tekanan darah; mencegah ketegangan pada sistem kardiovaskular yang membantu mengurangi kemungkinan stroke atau serangan jantung.

Selain itu ikan mas juga disebut memiliki asam lemak Omega-3 yang bagus untuk jantung dan juga menurunkan peradangan. Tingginya kolesterol baik membantu menurunkan kemungkinan rheumatoid arthritis

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu kandungan yang dimiliki oleh ikan mas adalah omega 3. Omega 3 sangat baik untuk kesehatan jantung. Fungsi lainya adalah mampu mengontrol detak jantung agar normal. Ketika seseorang mengonsumsi 2 porsi seminggu, ternyata dapat mengurangi resiko gagal jantung

Mencerdaskan Otak

Minyak ikan sangat baik untuk kecerdasan. Nutrisi DHA atau Docosa Hexaenoic Acid yang memiliki rantai panjang omega 3 dalam minyak ikan bisa merangsang perkembangan otak, sehingga otak akan lebih berkembang dan membuatnya lebih pintar. DHA juga mampu meningkatkan daya ingat pada otak, serta meningkatkan kemauan belajar.

Membantu Pertumbuhan

Selain untuk kecerdasan, omega 3 juga membantu pertumbuhan. Hal ini terjadi karena omega 3 mampu merangsang sel-sel untuk berkembang lebih cepat.

Mencegah Kanker

Menurut penelitian terakhir, ikan mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara, usus, dan prostat.

Menyehatkan Mental

Selain hal-hal yang berhubungan dengan fisik, ternyata mengonsumsi ikan dalam jumlah seimbang bisa membuat kita lebih tenang dan tidak mudah emosi. Hal ini terkait dengan kandunganya yang mampu mengontrol

Merendahkan Tekanan Darah Tinggi

Pemicu utama tekanan darah tinggi (Hipertensi), adalah lemak jahat yang nantinya akan menimbulkan kolestrol, kandungan dalam ikan mas hanya terdapat lemak sebesar 2 gram saja, sehingga jika kita mengkonsumsi ikan mas bukan menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan.

Mengontrol Berat Badan

Keungggulan lainya yang dimiliki oleh ikan mas ini adalah, mampu untuk mengontrol berat badan kita, dengan adanya kandungan penting dalam minyak ikan, mampu memiliki fungsi untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh. Ikan mas juga hanya memiliki kalori rendah, sehingga cocok dimasukkan sebagai salah satu menu program diet jika kita sedang ingin menurunkan berat badan kita.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Mengurangi Resiko Radang Sendi

Selain pengujian terhadap pencegahan kanker, manfaat ikan mas lainnya adalah mampu mengurangi resiko terkenanya radang sendi.

Menyehatkan Mata

Biasa dijadikan minyak ikan yang bermanfaat minyak ikan mas adalah kelebihanya dalam melawan penurunan macula, sindrom mata kering serta glaucoma yang bisa terjadi pada tubuh.

Awet Muda

Begitu juga untuk yang menginginkan untuk tetap tampil awet muda meskipun umur sudah tua, salah satu fungsi minyak ikan mampu menunda proses penuaan dini (keriput), serta dapat juga mencegahnya, selain manfaat vitamin e. Beberapa krim dan masker untuk kulit diatas 35 atau 40 tahun yang beredar dipasaran juga, sudah mulai menggunakan komposisi minyak ikan.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Kandungan lemak yang terdapat dalam ikan mas, dapat digunakan sebagai pengontrol kolestrol, dengan kemampuanya yang mampu memacu keluarnya HDL, yaitu kolestrol yang sifatnya baik untuk tubuh.

Mengurangi Resiko Penyempitan Pembuluh Darah di Otak

Mengandungi DHA yang berfungsi  mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah pada otak, DHA merupakan salah satu asam lemah tak jenuh yang cukup bekerja aktif pada bagian otak, penyebabnya adalah asam lemak di otak sebanyak 60% adalah DHA

Mengurangi Resiko Aterosklerosis

Dalam suatu penelitian disebutkan:

  • Ikan mas terdapat EPA atau (Eikosa Pentaenoat) yaitu sebuah nutrisi yang jika digabungkan dengan DHA akan menjadi omega 3 kompleks,
  • Ikan mas mampu menurunkan kadar zat tubuh, misalnya seperti kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein.
  • Ikan mas mengandung asam lemak tak jenuh tersebut, dapat berimplikasi untuk menurunkan kemungkinan terkena aterosklerosis pada tubuh kita.
Kandungan Gizi Ikan Mas
Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mas Untuk kesehatan
Tahukah Anda Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mas Untuk kesehatan