Tahukah Anda Peting Mengetahu Cara dan Manfaat Membersikan Lidah

Tahukah Anda Peting Mengetahu Cara dan Manfaat Membersikan lidah? – Bakteri dalam mulut bukan hanya berasal dari gigi dan gusi saja, tapi juga berasal dari permukaan lidah. Tapi, kenapa membersihkan lidah harus dilakukan? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Tahukah Anda Peting Mengetahu Cara dan Manfaat Membersikan Lidah?

Tahukah Anda Peting Mengetahu Cara dan Manfaat Membersikan Lidah?
Tahukah Anda Peting Mengetahu Cara dan Manfaat Membersikan Lidah?

Seberapa sering Anda membersihkan lidah Anda? Banyak orang sudah tahu bahwa menggosok gigi minimal dua kali sehari itu adalah hal yang wajib. Namun, tak semuanya rutin ikut menggosok lidah, mungkin salah satunya adalah Anda. Sayangnya lagi, sebagian besar orang yang sudah rajin membersihkan lidah, melakukannya dengan cara menyikat lidah dengan sikat gigi. Padahal, ini adalah cara yang salah.

Mengapa Harus Membersihkan Lidah?

Campuran liur dan bakteri di lidah akan menempel satu sama lain yang bisa membentuk lapisan di atas permukaan lidah, yang dikenal dengan sebutan plak. Sayangnya, menyingkirkan plak di lidah tidak cukup dengan berkumur. Alasannya karena berkumur hanya membersihkan lapisan terluar dari plak, sedangkan bakteri di bawahnya masih tetap menempel di antara sela permukaan lidah.

Jika permukaan lidah cenderung retak atau berlekuk, kamu rentan terhadap pengendapan plak dalam mulut yang membuat bakteri mudah bersembunyi di antara retakan tersebut. Bakteri juga bisa menempel di reseptor pengecap lidah yang bertekstur seperti kuncup berukuran mikro, sehingga memperburuk kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat Membersihkan Lidah

Manfaat membersihkan lidah di antaranya untuk menghilangkan timbunan bakteri, jamur, sel mati dan sisa makanan pada permukaan lidah. Penimbunan ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur, kurangnya asupan cairan, merokok, mulut kering, penggunaan obat tertentu, serta kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Manfaat membersihkan lidah juga mampu menghilangkan bau mulut, menghindari hilangnya kepekaan terhadap rasa dan warna lidah menjadi gelap.

Cara Membersihkan Lidah yang Benar

Mungkin sebagian dari kamu ada yang suka membersihkan lidah menggunakan bulu sikat gigi. Sebenarnya, hal ini tidak disarankan karena bisa menyebabkan kamu muntah secara tiba-tiba. Kondisi ini terjadi akibat bakteri yang berkumpul di bagian mulut dan kemudian merangsang kamu untuk muntah.

Membersihkan lidah yang baik dan benar bisa dilakukan setelah menggosok gigi dan berkumur di pagi hari. Kamu bisa menggunakan alat penggosok lidah untuk membersihkannya dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan secara perlahan. Bilas alat penggosok dan ulangi. Lakukan gerakan yang sama setidaknya 2 – 3 kali sampai lidah benar-benar bersih. Hati-hati, menyikat lidah terlalu keras dapat menyebabkan lidah iritasi.

Setelah itu, bersihkan juga bagian samping lidah dan kumur dengan air bersih. Bersihkan lidah kamu setidaknya sehari sekali di pagi hari karena di waktu ini tubuh kamu sudah melakukan detoksifikasi selama tidur.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Apa risikonya kalau menyikat lidah dengan sikat gigi?

Tidak jarang orang menggunakan sikat gigi sebagai pembersih lidah. Padahal hal ini akan berdampak buruk bagi lidah dan kesehatan mulut secara keseluruhan. Apa saja dampak buruk jika Anda menyikat lidah dengan sikat gigi?

1. Bakteri semakin bertambah

Tujuan dari membersihkan lidah adalah untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menumpuk pada permukaan lidah. Tetap jika Anda membersihkannya dengan cara menyikat lidah dengan sikat gigi, justru menekan bakteri yang ada di permukaan semakin masuk ke dalam lidah. Hal ini mengakibatkan mulut menjadi bau dan berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan mulut lainnya.

2. Menyebabkan muntah

Menyikat lidah dengan sikat gigi dapat membuat Anda muntah secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena bakteri malah berkumpul di bagian mulut dan kemudian merangsang Anda untuk muntah.

3. Menurunkan kemampuan lidah untuk merasakan rasa makanan

Seperti yang kita tahu, lidah adalah organ yang berperan sebagai pengecap rasa makanan, karena lidah terdiri dari 10 ribu kuncup pengecap. Kuncup pengecap ini adalah bagian lidah yang berfungsi untuk menerima rasa dari makanan yang dimakan. Dengan adanya kuncup pengecap tersebut, Anda dapat merasakan setidaknya 4 rasa dasar makanan, yaitu manis, asam, asin, dan pahit.

Banyak orang yang tidak sadar telah menyikat lidahnya terlalu keras. Gesekan keras yang terjadi ketika Anda menyikat lidah akan membuat kuncup pengecap menjadi rusak. Ketika kuncup pengecap rusak, maka kemampuan Anda untuk mengecap dan merasakan rasa makanan akan berkurang.