Tahukah Anda Rajin Sikat Gigi Bisa Mencegah

Tahukah Anda Rajin Sikat Gigi Bisa Mencegah Serangan Jantung? – Mengingat serangan jantung termasuk dalam penyakit yang sangat mematikan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga gaya hidup sehat demi mencegahnya. Hanya saja, sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa ada cara lain yang bisa kita lakukan demi mencegah serangan jantung, yakni dengan rajin sikat gigi.

Tahukah Anda Rajin Sikat Gigi Bisa Mencegah Serangan Jantung?

Tahukah Anda Rajin Sikat Gigi Bisa Mencegah Serangan Jantung?
Tahukah Anda Rajin Sikat Gigi Bisa Mencegah Serangan Jantung?
Sikat Gigi Mencegah Serangan Jantung

Kebanyakan orang terbiasa menyikat giginya sekali atau dua kali sehari. Biasanya, kita melakukannya di pagi hari dan sebelum tidur. Hanya saja, berdasarkan penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam European Journal of Preventive Cardiology, disebutkan bahwa menyikat gigi tiga kali sehari bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa ada kaitan antara kebiasaan menyikat gigi dengan risiko terkena gagal jantung dan fibrilasi atrium, kondisi yang menyebabkan ketidakteraturan denyut jantung.

Para peneliti menyebut hal ini sepertinya disebabkan oleh kemampuan menyikat gigi dalam menurunkan jumlah bakteri di dalam gigi dan gusi sehingga mencegahnya masuk ke dalam aliran darah yang bisa membahayakan kondisi jantung dan pembuluh darah.

Penelitian yang dilakukan di Ewha Woman’s University, Seoul, Korea Selatan ini menyebut kebersihan dan masalah jantung terkait erat. Hal ini terungkap setelah para peneliti mengecek kondisi kesehatan 160 ribu partisipan dengan usia antara 40 hingga 79 tahun. Para partisipan ini dicek kondisinya secara teratur sejak 2003.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Hasil dari penelitian ini adalah, rutin menyikat gigi hingga tiga kali atau lebih dalam sehari mampu menurunkan risiko terkena gagal jantung mencapai 12 persen dan fibrilasi atrium hingga 10 persen. Fakta ini terkuak setelah para peneliti mengecek berbagai macam faktor seperti usia, jenis kelamin, kondisi ekonomi, kebiasaan berolahraga, kebiasaan mengonsumsi alkohol, hingga indeks massa tubuh para partisipan.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa tidak menjaga kebersihan mulut bisa membuat ketidakseimbangan bakteri di dalam darah, memicu datangnya peradangan, dan membuat denyut jantung menjadi tidak teratur. Berbagai hal ini bisa menyebabkan datangnya gagal jantung atau masalah kardiovaskular lainnya yang berbahaya.

Berbagai Cara Mencegah Serangan Jantung

Selain dengan rajin menyikat gigi, pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mencegah datangnya serangan jantung.

Berikut adalah cara-cara tersebut.
Menerapkan Pola Makan Sehat

Apa yang kita konsumsi memiliki pengaruh sangat besar bagi kesehatan jantung kita. Demi mencegah serangan jantung, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan sayuran, buah, biji-bijian, dan makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 tinggi seperti daging ikan laut.

Kita juga disarankan untuk menurunkan makanan berlemak jahat seperti gorengan, makanan cepat saji, dan garam karena makanan-makanan ini bisa memberikan efek buruk bagi kondisi jantung dan pembuluh darah.

Berhenti Merokok

Jika kita terbiasa merokok sebelumnya, ada baiknya kita mulai berhenti mengisapnya demi mencegah datangnya serangan jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Pakar kesehatan menyebut berhenti merokok dalam kurun waktu 1 tahun saja sudah mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung dengan drastis.

Berolahraga

Berolahraga akan membuat sirkulasi darah membaik, mengatasi stres, dan membuat otot jantung semakin kuat. Hal ini tentu akan membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung dengan drastis.

Sering Bersosialisasi

Memiliki banyak teman, tetangga, atau rekan yang akrab bisa membantu menurunkan stres, meningkatkan suasana hati, dan memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Tidur Cukup Setiap Malam

Kurang tidur bisa memberikan dampak buruk bagi kadar kolesterol dan tekanan darah. Berbagai hal ini bisa mempengaruhi risiko terkena serangan jantung dengan signifikan.