Tidak Banyak Yang Tau Manfaat Jeruk Bali

Tidak Banyak Yang Tau Manfaat Jeruk Bali Anti Kanker? – Jeruk bali merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, banyak manfaat jeruk bali yang bisa diperoleh dari beragam kandungan nutrisi penting di dalamnya.

Tidak Banyak Yang Tau Manfaat Jeruk Bali Anti Kanker?

Tidak Banyak Yang Tau Manfaat Jeruk Bali Anti Kanker?
Tidak Banyak Yang Tau Manfaat Jeruk Bali Anti Kanker?

Jeruk bali atau yang dikenal dengan nama latin Citrus grandis atau Citrus maxima ini merupakan sejenis buah sitrus atau jeruk. Uniknya, buah yang bernama lain pomelo ini adalah jenis buah sitrus terbesar yang beratnya bisa mencapai 1-2 kg. Daging buahnya berbulir dengan warna merah-oranye dan rasa yang cenderung terasa manis bercampur asam dan sedikit getir.

Kandungan Nutrisi di dalam Jeruk Bali

Jeruk bali kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Salah satu kandungan utama dari buah ini adalah vitamin C. Dalam sepiring jeruk bali (sekitar 100 gram), mengandung 60 mg vitamin C dan 40 kalori. Tak hanya itu, jeruk bali juga mengandung:

  • Serat.
  • Vitamin B, seperti niacin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), tiamin (vitamin B1), folat, dan pyridoxine (vitamin B6).
  • Karbohidrat kompleks.
  • Gula.
  • Protein.
  • Mineral, seperti kalium, fosfor, tembaga, zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan seng.
  • Antioksidan, seperti flavonoid dan lycopene.
Mengenal Beragam Manfaat Jeruk Bali

Jeruk bali dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya menyimpan beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah manfaat jeruk bali yang tidak boleh Anda lewatkan:

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin dalam jeruk bali berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Apabila daya tahan tubuh tetap terjaga, maka Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit, khususnya penyakit infeksi, seperti flu dan diare.

Menyehatkan pencernaan

Buah sitrus, termasuk jeruk bali, dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan serat. Berkat kandungan inilah jeruk bali dapat memelihara sistem pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, beberapa studi kesehatan juga mengatakan bahwa buah ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengurangi risiko batu ginjal

Batu ginjal merupakan endapan mineral di dalam ginjal yang mengkristal dan menyerupai batu. Kondisi ini dapat terjadi akibat rendahnya kadar sitrat di dalam urine. Nah, kandungan sitrat yang tinggi dalam jeruk bali dapat membantu menurunkan risiko batu ginjal.

Mengurangi risiko kanker

Banyak penelitian yang menunjukkan adanya keterkaitan buah sitrus, termasuk jeruk bali, dengan menurunnya risiko terkena penyakit kanker. Hal ini karena buah sitrus mengandung senyawa flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari serangan kanker. Flavonoid merupakan sejenis antioksidan yang berperan penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah sitrus, seperti jeruk bali, bisa menjaga kesehatan jantung Anda. Sebab, kandungan serat dan flavonoid dalam buah sitrus dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Efek ini penting untuk mencegah terbentuknya plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Hal ini membuat buah jeruk bali baik dikonsumsi sebagai buah untuk penyakit jantung.

Menjaga kesehatan otak

Kandungan flavonoid dalam jeruk bali dapat membantu menangkal penyakit degeneratif pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi buah, termasuk jeruk bali, memiliki daya ingat yang lebih baik dan lebih jarang terkena pikun.

Anda bisa memperoleh beragam manfaat jeruk bali di atas jika dikonsumsi dalam kadar yang cukup dan tidak berlebihan. Kandungan asam yang cukup tinggi membuat jeruk bali tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak karena bisa meningkatkan risiko gigi berlubang.

Kontrol tekanan darah

Air jeruk bali mengandung kalium yang merupakan nutrisi utama untuk mengatur tekanan darah. Kalium dalam jeruk bali dapat membantu melepaskan ketegangan di pembuluh darah dan membantu sirkulasi darah dan oksigenasi dari berbagai sistem tubuh. Vitamin dalam jeruk bali juga membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung dan stroke karena meminimalkan tekanan pada jantung.

Penurunan berat badan

Serat sangat penting untuk penurunan berat badan. Makanan berserat tinggi tetap berada di perut untuk waktu yang lebih lama dan mengurangi rasa lapar. Serat dalam jeruk bali membutuhkan lebih banyak waktu dicerna sehingga mengurangi risiko terlalu banyak makan. Manfaat jeruk bali juga memiliki khasiat yang membantu membakar lemak mengurangi kadar pati dan gula dalam tubuh.

Kaya kalsium

Kalsium dalam jeruk bali diserap oleh tulang dalam tubuh. Nutrisi ini membantu pemeliharaan kepadatan tulang yang optimal. Kandungan kalium yang sangat tinggi dalam jeruk bali melengkapi kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan mineral oleh sel dan jaringan dalam tubuh.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Cegah osteoporosis

Osteoporosis yang tidak terkontrol dapat memengaruhi postur, gerakan tubuh, serta fleksibilitas. Kalsium dalam jeruk bali dapat mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko kerapuhan tulang. Makanan kaya kalsium juga bisa mendorong perkembangan tulang baru.

Cegah penuaan

Jeruk bali mengandung spermidine, yang melindungi sel dari proses yang berkaitan dengan penuaan dan kerusakan sel. Nutrisi ini memerangi keriput dan penuaan kulit, membuat kulit tampak awet muda, cerah dan lembut. Tidak hanya menangkal radikal bebas yang merusak kulit, jeruk bali juga membantu tubuh meningkatkan produksi kolagen. Jeruk bali membantu tubuh untuk memproduksi kolagen dan memerangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput.

Mengurangi Peradangan Kulit

Jeruk bali mengandung beberapa asam amino esensial yang membantu membangun sel-sel kulit sehat. Jeruk bali juga menekan kemerahan dan pembengkakan yang cenderung berkembang pada kulit yang terpapar pada kondisi lingkungan yang keras. Kandungan flavonoidnya yang tinggi memberikan sifat antioksidan untuk membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas, menghilangkan jerawat, bekas luka dan bintik hitam dan mengurangi iritasi kulit.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih adalah infeksi bakteri yang memengaruhi sistem saluran kemih yang membuat menyimpan dan membuang urin. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk bali meningkatkan kadar asam dalam urin dan mengubah perkembangan bakteri di saluran kemih.

Cegah anemia

Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Kekurangan zat besi sering menyebabkan anemia yaitu kekurangan darah dalam tubuh. Vitamin C dalam jeruk bali membantu memerangi kehilangan zat besi dan meningkatkan sirkulasi darah.