Tidak Disangka Khasiat Temulawak Penangkal Virus Covid19

Tidak Disangka Khasiat Temulawak Penangkal Virus Covid19 – Temulawak adalah tanaman berbatang semu dengan bunga yang eksotis berwarna putih kemerahan. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb. ini memiliki rimpang yang relatif besar dengan warna irisan kuning cerah.

Tidak Disangka Khasiat Temulawak Penangkal Virus Covid19

Tidak Disangka Khasiat Temulawak Penangkal Virus Covid19
Tidak Disangka Khasiat Temulawak Penangkal Virus Covid19

Temulawak yang juga dikenal sebagai Javanese turmeric adalah tanaman yang berasal dari Indonesia, dan kini telah tersebar luas di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Namun, tanaman ini juga dapat tumbuh di tanah kering, pekarangan, ladang dan padang alang-alang.

Selama ini, bagian tanaman pada temulawak yang jamak digunakan adalah rimpang.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengambangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Akhmad Saikhu, MSc. PH., menjelaskan temulawak telah terbukti mempunyai sejumlah manfaat kesehatan jika dikonsumsi.

Berdasarkan hasil penelitian B2P2TOOT Tawangmangu, Karanganyar, Jateng, temulawak tidak hanya hanya memiliki efek yang baik untuk meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh.

Kandungan Yang Terdapat Pada Temulawak

Pada bagian rimpang temulawak, ditemukan beberapa kandungan senyawa kimia, sebagai berikut:

  • Fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap
  • Minyak atsiri
  • Kamfer
  • Glikosida
  • Foluymetik karbinol
  • Kurkuminoid yang terdiri atas kurkumin dan desmetokskurkumin
  • Xanthorizol
Manfaat Temulawak yang Baik untuk Kesehatan
Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Khasiat pertama yang dimiliki adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi temulawak, cairan yang terdapat di kantong empedu dapat terangsang produksinya. Hal ini tentu berkaitan langsung dengan kesehatan pencernaan serta meningkatkan metabolisme makan di dalam tubuh.

Mengonsumsi temulawak juga dipercaya mampu menyembuhkan perut kembung, pencernaan tidak lancar, hingga mendapatkan kembali nafsu makan yang hilang. Jadi, temulawak banyak disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin menambah berat badan atau merasa memiliki sistem pencernaan yang kurang sehat.

Selanjutnya, berdasarkan sebuah studi di jurnal Gastroenterology and Hepatology, temulawak juga memiliki khasiat untuk meredakan penyakit peradangan usus. Pasalnya, temulawak dapat meningkatkan proses penyembuhan penyakit tersebut. Tentunya, tanaman rimpang ini harus rutin dikonsumsi setiap hari agar khasiatnya terasa.

Setara Ibuprofen, Temulawak Mampu Mengatasi Osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif sendi, yang mana membuat sendi akan terasa kaku dan sakit saat digerakkan. Kebanyakan penderita penyakit tersebut akan mengonsumsi obat-obatan kimia seperti ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Namun, menurut sebuah penelitian yang dipublikasi di jurnal Alternative and Complementary Medicine, disebutkan jika khasiat temulawak mirip dengan ibuprofen. Efek yang diberikan dalam meredakan rasa sakit dinilai setara dengan obat kimia tersebut. Jadi, mengonsumsi temulawak dapat menjadi cara alternatif bagi penderita osteoarthritis untuk meredakan rasa sakit atau nyeri pada sendi.

Membantu Tubuh Mengobat Penyakit Kanker

Di antara sekian banyak penelitian tentang manfaat temulawak, ada beberapa yang menyatakan bahwa jenis empon empon tersebut mampu menjadi obat untuk kanker. Beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat, dan usus, dapat dibantu proses pengobatannya dengan mengonsumsinya.

Khasiat ini juga didukung oleh sebuah riset di tahun 2001 yang menuturkan bahwa perkembangan serta pertumbuhan kanker prostat dapat dihambat oleh temulawak. Dasar ilmiah dari manfaat temulawak ini adalah zat antioksidan yang banyak terkandung di dalamnya. Meski begitu, penemuan ini masih memerlukan riset lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

Sebagai Obat Anti Radang

Temulawak dipercaya dapat menjadi obat anti radang karena mengandung senyawa yang dapat menekan produksi dari prostaglandin dalam tubuh. Prostaglandin itulah yang menjadi pemicu utama terjadinya peradangan. Oleh sebab itu, bagi penderita peradangan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi temulawak agar gejalanya dapat ditekan.

Menjadi Sumber Senyawa Anti Bakteri dan Jamur

Temulawak ternyata juga memiliki kandungan anti bakteri yang ampuh untuk membasmi bakteri berbahaya, seperti salmonella dan staphylococcus. Tidak hanya itu, tanaman ini juga mengandung senyawa anti jamur yang mampu menghilangkan jamur golongan dermatofita. Jadi, risiko penyakit muncul akibat infeksi bakteri dan jamur tersebut pada tubuh akan semakin kecil terjadi.

Menyembuhkan dan Mengurangi Risiko Munculnya Jerawat

Meski sepele, munculnya jerawat seringkali membuat seseorang merasa risih. Selain membuat tidak percaya diri, jerawat juga mungkin meninggalkan bercak atau noda di wajah saat sudah sembuh. Hal ini tentu menjadi salah salah satu hal yang dihindari oleh penderita jerawat, khususnya bagi kaum hawa.

Untuk itu, agar jerawat tidak mudah muncul, disarankan untuk rutin mengonsumsi temulawak. Alasannya, temulawak bersifat astringent, yang berarti dapat mengurangi minyak diproduksi pada wajah melalui kelenjarnya.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga mengandung antiseptik yang mampu membuat kulit nampak lebih bersih dan terhindar dari bakteri yang dapat memicu munculnya jerawat. Jadi, tidak hanya menyembuhkan, temulawak juga dapat memberi khasiat untuk mencegah jerawat muncul kembali.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Menjaga Liver agar Tetap Sehat

Dilansir melalui Scientific Research Journal, temulawak memiliki khasiat untuk menjaga hati dari serangan hepatotoksik, seperti acetaminophen dan karbon tetraklorida. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi ekstraknya.

Secara singkat, yang dimaksud dengan hepatotoksik adalah senyawa kimia yang dapat menyebabkan masalah atau efek buruk pada organ hati. Jadi, dengan mengonsumsi bahan alami, kesehatan organ tubuh Anda dapat lebih terjaga dan kebal terserang penyakit.

Menjadi Obat Diuretik

Diuretik adalah zat yang dapat membantu tubuh untuk membersihkan garam dan juga air yang mengendap. Dengan mengonsumsi temulawak, tubuh dapat secara alami mendapatkan asupan obat diuretik agar tubuh tidak memiliki penumpukan cairan akibat zat garam dan air.

Selain itu, temulawak sebagai obat diuretik juga dapat merangsang ginjal agar melepaskan lebih banyak natrium melalui urine. Kelebihan cairan yang mungkin terjadi pada pembuluh darah juga dapat diatasi dengan mengonsumsinya sebagai obat diuretik ini. Dengan begitu, dinding pada pembuluh darah tidak akan mengalami tekanan yang dapat membantu fungsinya.

Obat diuretik perlu dikonsumsi oleh penderita gagal jantung, edema, gagal hati, ataupun gangguan pada ginjal. Jadi, tidak ada salahnya untuk mendapatkan obat diuretik alami dengan cara rutin mengonsumsinya.

Dapat Berperan Sebagai Antispasmodik

Temulawak mengandung minyak yang disebut curcuma xanthorrhiza yang bermanfaat sebagai antispasmodik. Antispasmodik adalah golongan obat dengan sifat relaksan otot polos. Maksudnya, obat tersebut dapat membuat otot halus pada usus untuk menjadi lebih rileks dan tidak mudah kejang.

Antispasmodik seringkali digunakan untuk mengobati kondisi IBS atau Irritable Bowel Syndrome. Kondisi IBS tersebut memicu gangguan usus besar karena tidak normalnya kontraksi yang terjadi pada otot. Jadi, agar hal tersebut tidak gampang terjadi, temulawak dapat menjadi obat antispasmodik.

Khasiat Temulawak dalam Menangkal Virus Corona

Meski masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya, temulawak memiliki kandungan yang disebut dengan curcumin. Kurkumin itulah yang digadang-gadang mampu menangkal infeksi dari virus Corona pada tubuh. Pasalnya, kurkumin membantu tubuh agar memiliki sistem imunitas yang baik.

Menurut Menteri Kesehatan, Terawan, virus Corona lebih rentan menyerang orang dengan sistem imun yang lemah. Dengan rutin mengonsumsi temulawak, tubuh akan mendapatkan asupan kurkumin yang mampu membuat daya tahan tubuh meningkat. Jadi, virus Corona pun akan lebih sulit untuk menjangkit dan berkembang dalam tubuh.

Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat kurkumin, tanaman ini harus diolah terlebih dahulu. Sebagai tanaman umbi, sekitar 90 persen kandungan dari temulawak adalah air. Jadi, untuk bisa mendapatkan kurkuminnya, temulawak harus diolah dengan tepat.

Umumnya, temulawak akan diolah menjadi jamu bersamaan dengan empon empon lain, seperti kunyit, kencur, dan semacamnya. Hal ini tentu membuat khasiat temulawak menjadi lebih kuat karena kurkumin juga bisa ditemukan pada jenis tanaman rimpang ini.

Sejatinya, kurkumin memiliki khasiat sebagai antioksidan alami serta zat anti inflamasi yang mampu membantu tubuh meningkatkan daya tahan sel dari kerusakan, peradangan, penyakit degeneratif, serta infeksi. Dalam kata lain, mengonsumsi tanaman empon empon ini tidak hanya mencegah tubuh tertular virus Corona, namun juga mengobati penyakit akibat peradangan dan kekurangan antioksidan.