Tips Alami Cara Membersihkan Nikotin Dari Paru-paru dan Kuku

Tips Alami Cara Membersihkan Nikotin Dari Paru-paru dan Kuku– Sebagai salah satu organ yang perannya sangat vital di tubuh, paru-paru tentu perlu kita jaga kesehatannya. Bagi yang sering terpapar udara kotor seperti polusi dan memiliki kebiasaan merokok, cara membersihkan paru-paru di bawah ini bisa dilakukan untuk membantu menjaga fungsi paru-paru.

Ya, paru-paru kita bisa “dibersihkan”. Namun, bukan dengan obat, suplemen, jamu, ataupun produk detoks yang banyak beredar di pasaran. Membersihkan paru-paru, sebenarnya dilakukan melalui usaha untuk menjaganya agar tetap sehat .

Tips Alami Cara Membersihkan Nikotin Dari Paru-paru dan Kuku

Tips Alami Cara Membersihkan Nikotin Dari Paru-paru dan Kuku
Tips Alami Cara Membersihkan Nikotin Dari Paru-paru dan Kuku

Pada dasarnya, paru-paru bisa membersihkan dirinya sendiri. Sehingga, yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa organ ini bisa bekerja dengan baik.

Makanan dan Minuman yang Ampuh Hilangkan dan Membersihkan Nikotin dari Paru-paru Tubuh
Jahe

Jahe memiliki sifat anti-peradangan yang membantu mengeluarkan racun dari saluran pernapasan. Ekstrak jahe juga terbukti dapat melawan sel kanker paru-paru. Jahe mengandung beragam vitamin dan mineral seperti kalium, magnesium, beta-karoten dan seng. Kandungan ini mampu melawan zat-zat berbahaya dan tidak dibutuhkan oleh tubuh, termasuk nikotin.

Untuk mendapatkan khasiat ini, jahe bisa dikonsumsi dengan teh atau menambahkannya dalam bumbu makanan. Selain menambah cita rasa masakan, jahe juga bagus untuk membersihkan paru karena didalamnya terdapat kandungan antiseptik dan anti bakteri. Apabila racun menghilang, saluran bronkial dapat bekerja secara lancar, demikian pula dengan proses pernapasan. Campurkan peppermint ke dalam segelas jahe agar baunya lebih enak dihirup.

Kunyit

Kunyit juga mampu membersihkan paru-paru dari zat beracun termasuk nikotin. Diberitakan Medical News Today, sama seperti jahe, kunyit memiliki sifat yang ampuh mengobati peradangan.

Kunyit kaya akan mangan, zat besi, kalium dan vitamin C. Mikronutrien ini bisa melawan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C dan B5. Mengonsumsi brokoli bisa membantu tubuh mendapatkan vitamin C yang hilang karena merokok.

Brokoli juga membantu metabolisme tubuh dan melindungi paru-paru dari racun. Kandungan gen NRF2 dalam sayuran hijau ini dapat melindungi sel paru-paru dari beragam zat berbahaya.

Apel

Laporan dari Manipal Hospital menyebut mengonsumsi sebuah apel sehari bisa melindungi tubuh. Apel mengandung berbagai macam flavonoid dan vitamin sebagai antioksidan. Zat ini bisa melawan berbagai penyakit yang menyerang paru-paru secara efektif.

Jeruk

Nikotin membuat kandungan vitamin C dalam tubuh berkurang secara drastis. Oleh karena itu, mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk bisa mengembalikan kandungan vitamin yang hilang.

Vitamin C dapat menghilangkan stres dan rasa cemas yang muncul akibat kecanduan nikotin. Jeruk juga mengandung serat, folat, vitamin B1, tembaga, kalium dan kalsium yang membantu melawat zat beracun.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Meningkatkan Konsumsi Selenium

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat selenium seperti telur, ikan salmon, ayam, keju, jamur dan oat. Meningkatnya selenium akan merangsang peningkatan enzim dan Vitamin E dalam tubuh, sehingga paru-paru dapat berfungsi secara maksimal. Selain itu, selenium juga ampuh mematikan pertumbuhan sel kanker. Bagi penderita kolesterol, sebaiknya mengatur kadar selenium yang dikonsumsi untuk menghindari meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Menghirup Uap Air + Minyak Kayu Putih

Meskipun terlihat sangat sederhana, cara yang satu paling ampuh untuk membersihkan paru-paru. Yang perlu Anda lakukan adalah merebus 4 – 5 gelas air, lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih kedalamnya. Setelah mendidih, angkat air rebusan dan tuangkan ke dalam mangkuk besar. Hirup uap air selagi masih panas, lakukan sekali sehari untuk hasil terbaik.

Minum Susu Beruang

Tahu susu beruang bear brand, kan? Susu beruang memiliki kadar nutrisi yang cukup tinggi, baik untuk membersihkan paru-paru dan menetralkan kadar racun di dalam tubuh. Hasilnya tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan terhindari dari rasa nyeri. Nutrisi pada susu beruang didapat dari susu sapi murni yang diproduksi melalui tahap sterilisasi yang cukup panjang. Berhubung karena susu beruang tidak tahan lama, segera habiskan susu beruang sesaat setelah Anda membuka tutup kalengnya.

Rajin Berolahraga

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kinerja paru-paru, sehingga paru-paru dapat bekerja maksimal untuk menyalurkan udara ke seluruh bagian tubuh. Olahraga seperti jogging, senam, lari ditempat dan sit up termasuk olahraga termudah yang bisa Anda lakukan di rumah. Sisihkan waktu di pagi atau sore hari untuk berolahraga setidaknya 15 – 30 menit per hari.

Berhenti Merokok

Dan yang terakhir adalah berhenti merokok. Seperti yang Anda tahu, kandungan nikotin berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Pertama-tama mungkin akan terasa sulit, namun lama-kelamaan kebiasaan merokok dapat hilang asalkan Anda mau berkomitmen untuk membatasi jumlah rokok yang diisap. Begitu juga untuk yang tidak merokok, jauhkan diri Anda dari perokok aktif agar asap rokok tidak terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. Jika terpaksa berada di area merokok, sebaiknya gunakan masker.

Beberapa cara mengatasi kuku kuning yang bisa dilakukan di rumah

Lantas, bagaimana cara terbaik mengatasi kuku kuning? Berikut ini adalah beberapa tips selain menggunakan lapisan dasar bening dan berhenti merokok.

1. Perasan lemon

Merendam kuku di dalam perasan lemon akan menghilangkan noda kuning pada kuku. Rendam selama 10 hingga 15 menit setiap hari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Peroxide dan baking soda

Campurkan satu sendok makan hydrogen peroxide dengan dua atau dua setengah sendok makan baking soda di dalam mangkuk kecil. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan campuran tersebut ke kuku, biarkan selama tiga menit, lalu bilas.

Jenis perawatan ini harus diulang setiap enam sampai delapan minggu. Tidak memiliki baking soda? Gantikan dengan air.

Campurkan satu bagian hydrogen peroxide dengan tiga bagian ari untuk membersihkan kuku. Tempat campuran tersebut dalam sebuah mangkuk kecil dan rendam kuku selama 10 menit.

Pastikan untuk membilas kuku dengan baik dan gunakan krim tangan atau minyak kutikula. Sudah pernah coba cara ini?

3. Pasta gigi

Untuk menghilangkan noda pada kuku secara langsung, cobalah menggosokkan pasta gigi pada kuku menggunakan sikat. Namun ingat, ini bukan untuk noda jangka panjang.

4. Buffing ringan

Lapisan atas kuku adalah tempat noda berada. Dengan menggosoknya, tidak hanya memperhalus, namun juga menghilangkan lapisan atas agar noda ikut menghilang.

Cara ini tidak dianjurkan untuk dilakukan secara rutin karena dapat melemahkan kuku. Menghilangkan lapisan atas kuku dapat membuat kuku pecah dan mengelupas.

Ketika semua cara di atas tidak dapat mengatasi masalah kuku kuning, maka pergilah ke salon. Perawatan kuku yang dilakukan profesional biasanya dapat membantu lebih cepat dan efisien.