Tips Cara Memilih Ikan Segar Untuk Yang Baru

Tips Cara Memilih Ikan Segar Untuk Yang Baru Belajar Memasak – Ikan memberikan banyak manfaat dan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Walaupun begitu, ada banyak ikan yang berkualitas rendah dijual di pasaran. Akibatnya, vitamin dan nutrisi di dalamnya pun tak seoptimal seharusnya. Agar kamu senantiasa mendapatkan ikan yang segar, intip tips memilih ikan di bawah ini.

Tips Cara Memilih Ikan Segar Untuk Yang Baru Belajar Memasak

Tips Cara Memilih Ikan Segar Untuk Yang Baru Belajar Memasak
Tips Cara Memilih Ikan Segar Untuk Yang Baru Belajar Memasak
Cek Matanya

Mata ikan segar terlihat jernih dan terang, disertai bagian tengah yang berwarna hitam. Permukaan mata terlihat kenyal dan menonjol bila diraba. Mata ikan yang tidak segar terlihat keruh dan mengerut. Mata yang seharusnya berwarna putih kekuningan akan terlihat kemerahan.

Perhatikan Insangnya.

Cobalah angkat penutup insang di sisi kepala ikan. Ikan yang masih segar, insangnya berwarna merah segar dan bersih. Semakin merah warnanya, semakin bagus pula kualitas dari ikan tersebut. Bila insang sudah berwarna keabuan dan kecoklatan atau insang tampak terpisah dengan lainnya, menandakan ikan tersebut sudah tidak segar atau kualitasnya menurun.

Lihat Sisiknya.

Cara yang paling mudah mengenali ikan segar, bisa dilihat pada sisik dan kulitnya. Ikan yang berkualitas memiliki kulit yang mengkilap dan warna terang. Sisiknya pun menempel kuat di badan ikan. Bila ditarik tidak mudah lepas. Sedangkan ikan berkualitas rendah memiliki sisik dan kulit yang kusam. Bila dipegang sisiknya akan mudah terlepas.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Intip Dagingnya.

Ikan segar memiliki daging yang jernih dan berwarna cerah. Bila warna daging terlihat kusam, sudah dipastikan kualitasnya jelek. Tekstur daging segar pun terlihat kenyal bila ditekan. Sedangkan ikan kualitas buruk, dagingnya terasa lunak dan mudah hancur.

Cek Perutnya.

Sobat Shopee bisa menekan bagian perut ikan untuk melihat kualitasnya. Ikan segar memiliki perut yang kenyal bila ditekan dan akan kembali ke bentuk semula. Sedangkan ikan berkualitas rendah, akan terasa lunak bila ditekan. Bahkan isi di dalam perut akan terurai dengan mudah.

Cium Baunya

Cobalah untuk mencium baunya. Bau ikan berkualitas tinggi terasa segar dan khas. Bila tercium bau amis yang menyengat, itu menandakan ikan sudah tidak segar. Tandanya ikan sudah tersimpan terlalu lama di suhu ruangan dan mengalami pembusukan.

Jika membeli ikan segar, anda bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin. Jangan lupa ditambah perasan lemon, supaya kualitas ikan tetap terjaga.