Tips Membersihkan Belut Sebelum Dimasak Agar Tidak Amis

Tips Membersihkan Belut Sebelum Dimasak Agar Tidak Amis

Tips Membersihkan Belut Sebelum Dimasak Agar Tidak Amis – Belut sebagai menu makanan termasuk dalam kategori bergizi tinggi. Karena itu banyak pakar gizi menyarankan jenis makanan ini dijadikan salah satu konsumsi rutin untuk keluarga. Untuk mendapatkan belut ini pun tidak sulit karena sudah banyak yang menjualnya, biasanya dijual dalam bentuk matang juga mentah. Untuk bentuk mentahan bisa memilih yang sudah dibersihkan atau yang masih hidup.

Tips Membersihkan Belut Sebelum Dimasak Agar Tidak Amis

Tips Membersihkan Belut Sebelum Dimasak Agar Tidak Amis

Tips Membersihkan Belut Sebelum Dimasak Agar Tidak Amis – Jika Anda ingin memasak menu belut, lebih baik membeli yang masih hidup karena secara kualitas daging masih segar. Namun biasanya, untuk membersihkan daging belut kita akan sedikit kesusahan karena daging belut mengandung lendir. Nah ada beberapa cara cara mengolah belut sebelum dimasak.

Menghilangkan lendir licin dalam belut

Karena badan belut mengandung lendir, sehingga mengakibatkan sulit dipegang saat akan diolah. Nah cara mudah saat mencuci belut yakni dengan menaburi tubuh belut dengan abu gosok terlebih dahulu. Dengan begitu belut akan menjadi mudah untuk dipegang.

Cara membelah belut yang benar

Saat membelah belut, belah isi perut memanjang searah badannya, untuk mengeluarkan isi perutnya hingga tulang punggung. Ketika membersihkan isi perut, daging belut jangan sampai terluka atau tersayat, karena rasa pahit pada isi perut belut dapat mempengaruhi rasa daging belut karena meresap ke dalam daging sehingga bisa ikut pahit.

Supaya daging belut supaya tidak bau amis atau tanah

Belut biasanya berbau amis atau berbau tanah karena hidupnya di lumpur air. Untuk menghilangkan bau tersebut caranya mudah saja, yakni siapkan timun lalu di parut, ambil belut yang sudah dibersihkan pukul hingga 2 x dengan ulekan hingga megar atau gepeng. Selanjutnya masukkan belut adi ke dalam parutan timun aduk-aduk sambil di remas-remas kira-kira kurang lebih 15 menit. Angkat dan bersihkan. Nah belut kini siap di olah tanpa berbau amis. Selain dengan timun, perasan jeruk jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau amis dalam daging belut.

Cara mencuci daging belut yang benar

Untuk mencuci belut supaya benar-benar bersih adalah dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Karena dengan air mengalir akan membuat daging belut terbebas dari kotoran dan bakteri pada daging belut.