Tips Mendaki Gunung Dengan Aman Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Dengan Aman Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Dengan Aman Bagi Pemula – Bagi sebagian masyarakat saat ini, mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan luar ruangan yang menyenangkan, cukup menantang dan memacu adrenalin. Pengalaman yang ditawarkan dari mendaki gunung pun sangat beragam, mulai dari sejuknya suasana pegunungan, keindahan bunga edelweis hingga pesona pemandangan yang dilihat dari puncak.

Namun, mendaki gunung sebaiknya tidak dianggap hal yang mudah, banyaknya ancaman dan risiko tersendiri yang cukup berbahaya, tersesat, kelelahan hingga hipotermia yang menyebabkan kematian. Perlu persiapan khusus yang harus dilakukan para pendaki, terutama kondisi fisik dan mental yang bugar.

Oleh karena itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan bila kamu adalah pendaki pemula yang merencanakan untuk mendaki gunung.

Tips Mendaki Gunung Dengan Aman Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Dengan Aman Bagi Pemula

Mempelajari Lokasi Pendakian

Sebelum melakukan pendakian, kamu harus terlebih dulu mengecek lokasi gunung tempat tujuanmu. Pastikan gunung yang akan kamu kunjungi tidak terlalu tinggi dengan jalur yang tidak terlalu terjal.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui kondisi gunung tujuanmu yang paling terkini, apakah aman untuk melakukan pendakian. Jalur menuju lokasi dan cuaca juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan pendakian.

Siapkan Fisik dengan Olahraga

Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya kamu mempersiapkan kondisi fisikmu terlebih dahulu dengan berolahraga setidaknya selama sebulan sebelum mendaki. Hal tersebut tentu untuk menjaga stamina saat mendaki karena saat mendaki gunung, suhu dan tekanan oksigen akan jauh berbeda.

Semakin tinggi lokasi maka akan semakin tipis oksigen, selain itu medan yang tidak biasa juga menjadi tantangan yang harus dilalui. Mempersiapkan fisik dengan berolahraga ini bertujuan agar fisikimu tidak kaget ketika melakukan pendakian yang membutuhkan banyak tenaga ekstra.

Tips Mendaki Gunung Dengan Aman Bagi Pemula

Ajak Teman yang Berpengalaman

Ini menjadi satu hal yang sangat penting bagi pendaki pemula yakni mengajak teman yang sudah berpengalaman mendaki gunung. Pendaki yang sudah berpengalaman yang sudah terbiasa dengan aktivitas pendakian ini cenderung lebih cekatan ketika mempersiapkan sesuatu seperti mendirikan tenda misalnya.

Para pendaki dikenal dengan solidaritasnya yang tinggi, sehingga mereka akan menjaga kamu selama pendakian. Tak hanya itu, mereka juga tak jarang akan membawakan barang-barang berat bawaanmu seperti tenda atau sleeping bag.

Bawa Barang Secukupnya

Saat kamu mendaki untuk yang pertama kali mendaki gunung, jangan membawa barang yang terlalu banyak. Pastikan kamu hanya membawa barang yang penting seperti pakaian ganti, jaket waterproof, sleeping bag, obat-obat pribadi, air minum, dan makanan manis. Kamu tidak perlu membawa banyak baju maupun peralatan mandi dan kecantikan karena semua itu tidak akan terpakai.

Pemilihan jenis makanan manis lebih dianjurkan daripada makanan yang gurih karena makanan manis mengandung kalori yang tinggi sehingga cepat mengembalikan stamina tubuh. Jangan lupa membawa kantong plastik untuk menyimpan barang-barang yang mudah basah dan elektronik bila hujan datang ketika dalam pendakian.

Periksa Kembali Outfit Sebelum Mendaki

Selain barang-barang yang disebutkan pada nomor 5, kamu juga harus mempertimbangkan outfit yang kamu kenakan saat mendaki. Jangan lupa kamu harus mengenakan jaket karena di gunung akan sangat dingin.

Selain itu sepatu gunung dan tas ransel (carrier) juga harus digunakan agar lebih nyaman saat melakukan pendakian. Tak cukup sampai di situ, senter, sarung tangan, kaos kaki, jam tangan atau kompas, dan jas hujan juga wajib di bawa saat mendaki gunung.

Jaga Sopan Santun

Dan terakhir, ketika mendaki gunung kamu juga perlu menjaga sopan-santun karena gunung di Indonesia masih dikenal dengan kemistisannya. Jangan berkata kasar apalagi kotor selama pendakian, jangan bersikap sombong dan angkuh, hal ini sebagai sikap hormat kita selaku tamu yang datang mendaki gunung.

BACA JUGA : Wisata Alam Pegunungan Paling Indah Di Indonesia

Itulah Artikel tentang tips bagi pendaki gunung pemula, banyak yang harus dipersiapkan jika hendak mendaki gunung. semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian yang hendak mendaki gunung untuk pemula. Terima kasih telah membaca.