Tips Mengobati Luka Kulit Secara Alami dan Tidak Berefek Samping

Tips Mengobati Luka Kulit Secara Alami dan Tidak Berefek Samping – Mengalami kecelakaan seperti jatuh dari motor, terkena benda tajam, tersiram air panas atau terbakar dan menyebabkan luka yang cukup sakit dapat segera diobati menggunakan ramuan tradisional.

Beberapa jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia ternyata mempunyai berbagai manfaat, salah satunya mengobati luka dan mengeringkan luka berair atau bernanah secara alami.

Tips Mengobati Luka Kulit Secara Alami dan Tidak Berefek Samping

Tips Mengobati Luka Kulit Secara Alami dan Tidak Berefek Samping
Tips Mengobati Luka Kulit Secara Alami dan Tidak Berefek Samping

Tumbuhan di sekitar kita diam-diam memiliki banyak manfaat. Terutama manfaat kesehatan untuk manusia. Ya, kalau bicara soal tumbuhan yang dimakan, mungkin kamu sudah bisa menyebutkan beberapa di antaranya.

Beberapa tumbuhan bermanfaat untuk kesehatan dari dalam, ada pula yang menyembuhkan luka di kulit kamu. Berikut ini tujuh tumbuhan yang bisa bantu kamu untuk menyembuhkan luka pada kulit.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Ekstrak yang dimiliki Lidah Buaya dapat menyembuhkan luka. Melansir dari artikel ilmiah Intech Open oleh Mohammad Reza tahun 2018, ekstraknya dapat mengurangi rasa peradangan pada luka. Lalu, bantu meningkatkan jaringan granulasi yang matang, dan berdampak untuk percepatan penyembuhan luka.

Biasanya luka yang dapat diobati dengan ekstrak lidah buaya ialah luka bakar ringan dan gores. Dengan bentuk gel, secara tradisional memiliki kandungan air sebanyak 96 persen, minyak atsiri, asam amino, mineral, vitamin, enzim dan glikoprotein. Lalu, tumbuhan ini juga sangat bermanfaat karena ada sifat anti-inflamasinya.

Centella Asiatica

Tumbuhan satu ini sedang dibicarakan. Centella asiatica memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menyembuhkan luka ringan, bekas luka, dan mengobati kondisi kulit. Daun dan batang Centella asiatica ini mengandung triterpenoid yang bantu sembuhkan luka, demikian yang hasil penelitian University of Maryland Medical Center.

Centella asiatica juga punya kandungan organik yang dapat bantu proses penyembuhan luka. Jadi, dapat bantu alirkan darah ke sel, melindungi kulit dan mencegah infeksi. Biasanya akan dikemas dalam bentuk krim.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Pohon Yodium

Pohon yodium mempunyai manfaat yang bisa dijadikan sebagai obat luar seperti luka lecet, luka lama (koreng), luka bakar dan sejenisnya secara alami.

Pohon yodium mempunyai banyak kandungan yang efektif untuk menyembuhkan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Beberapa kandungan di antaranya adalah alpha amirin, kampesterol, 7 alfa diol, stigmaterol, beta sitosterol, HCN, alkoloid, saponin, flavonoid dan tannin.

Petik satu daun yodium sampai ke pangkalnya lalu oleskan getah yang keluar ke permukaan luka.

Selain berfungsi mengatasi luka dan mencegah terjadinya infeksi, getah daun yodium ini juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka.

Cocor Bebek

Bagi sebagian orang mungkin nama tumbuhan ini cukup asing, namun bagi orang desa cocor bebek adalah tumbuhan akrab di telinga karena sering ditanam di halaman rumah.

Daun cocor bebek mempunyai manfaat sebagai antiinflamasi dan antibakteri yang sangat baik untuk mengobati luka secara alami.

Cara penggunaan daun cocor bebek untuk mengobati luka cukup mudah, ambil beberapa daun lalu haluskan dengan cara ditumbuk dan berikan sedikit air.

Tempelkan pada luka yang ingin diobati menggunakan daun obat luka luar ini sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore adalah waktu yang paling tepat.

Tumbuhan Binahong

Binahong adalah tumbuhan menjalar yang dapat hidup di daratan rendah hingga tinggi sehingga tidak sulit untuk menemukan tumbuhan ini di alam bebas.

Apa bila Anda sedang berada di alam bebas seperti mendaki gunung atau berpetualang di hutan dan mengalami kecelakaan yang menimbulkan luka memar atau bengkak, dapat menggunakan daun binahong ini sebagai obat alami.

Kandungan daun binahong seperti antiinflamasi dapat digunakan untuk mengkompres dan meredakan luka memar. Selain itu, daun binahong juga menangadung antiseptik yang efektif mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

Ambil daun binahong secukupnya lalu haluskan dengan cara ditumbul dan tempelkan pada luka. Gunakan kain bersih untuk merekatkan daun binahong dengan bagian yang luka.

Pastikan sebelum mengaplikasikan ramuan tradisional ini, bagian luka telah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air mengalir.

Pohon Talas

Selain binohong, tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami disaat mendesak ketika sedang melakukan aktivitas di alam bebas seperti mendaki gunung, menjelajah alam atau memancing adalah pohon talas.

Jangan panik ketika mendapatkan luka di alam bebas yang jauh dari apotek atau rumah sakit. Lihat di sekitar dan temukan pohon talas. Kandungan senyawa flavonid pada batang talas dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri pada luka.

Calendula

Tumbuhan penyembuh luka ini dalam bentuk bunga. Bunga ini biasanya dikenal dengan nama Marigold, dilansir dari livestrong.com. Manfaat Calendula ini sudah dikenal lama untuk bantu mempercepat penyembuhan luka. Biasanya dalam bentuk salep, dan cukup hanya dioleskan pada luka yang ringan.

Goldenrod

Goldenrod menjadi tumbuhan yang dijadikan obat tradisional umum. Hasil penelitian terhadap bunga abadi kuning, kemampuannya dapat mengurangi peradangan pada luka. Lalu, dapat mencegah infeksi untuk terjadi. Biasanya yang digunakan adalah ekstrak dari Goldenrod.

Yarrow (Daun Seribu)

Memiliki nama Achilles millefolium, Daun Seribu ini punya sejarah legenda dan jasa. Melansir dari livestrong.com, dahulu pahlawan mitos Yunani Achilles menggunakan tumbuhan ini menghentikan pendarahan prajurit yang terluka. Sebenarnya belum banyak penelitian tentang tumbuhan ini, tetapi banyak orang menggunakan untuk obati luka dan pendarahan ringan.

Kayu Manis

Kayu Manis pun ternyata dapat digunakan untuk obat tradisional. Lebih dikenal untuk bumbu dan penyedap, sifat yang dimiliki ternyata bisa membuat aktif anti-inflamasi, antioksidan. Dalam penelitian terkait, ekstrak kayu manis beralkohol dan air dapat bantu penyembuhan luka lebih cepat, karena punya sifat antioksidan.

Rosemary

Bunga Rosemary ini masih menjadi keluarga mint. Dengan termasuk keluarga mint, Rosemary memiliki sifat antioksidan dan memiliki anti-inflamasi. Lalu, dari penelitian terkait dalam fase mempercepat proses penyembuhan, banyak kandungan yang terlibat dari ekstrak bunga ini.