Tips Mudah Membersih Kuali dan Panci Gosong

Tips Mudah Membersih Kuali dan Panci Gosong Kembali Menjadi Baru Kembali – Panci gosong dan wajan gosong adalah masalah yang paling umum dihadapi oleh ibu-ibu rumah tangga yang hobi memasak di dapur. Kerak gosong pada alat masak ini berasal dari sisa-sisa makanan yang terbakar dan menempel, sehingga membuat panci terkesan kotor bahkan tidak bisa digunakan lagi.

Tips Mudah Membersih Kuali dan Panci Gosong Kembali Menjadi Baru Kembali

Tips Mudah Membersih Kuali dan Panci Gosong Kembali Menjadi Baru Kembali
Tips Mudah Membersih Kuali dan Panci Gosong Kembali Menjadi Baru Kembali

Nah, bagaimanakah cara membersihkan panci gosong tersebut? Ada 7 cara mudah menghilangkan kerak gosong pada wajan, panci, dan alat masak lainnya di dapur. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel ini hingga selesai, ya!

Bersihkan Panci Gosong Dengan Air Panas

Cara membersihkan panci gosong yang pertama ini cocok untuk panci stainless steel atau panci enamel. Untuk menghilangkan kerak gosongnya, anda hanya perlu menggunakan air panas saja. Bagaimana caranya?

Pertama, panaskan panci atau wajan yang gosong di atas kompor selama beberapa menit. Ketika panci sudah cukup panas, siram perlahan bagian berkerak dengan air panas sampai terdengar suara mendesis.

Pada saat itu anda bisa mengoleskan sedikit sabun cuci ke permukaan panci atau wajan gosong. Anda bisa membersihkan bagian gosong panci dengan menggunakan sendok kayu atau spatula nilon untuk mengikis kerak gosong.

Ingat, cara membersihkan panci gosong ini hanya berlaku untuk alat masak berbahan stainless steel atau enamel saja, ya! Tidak bisa untuk wajan anti lengket atau alat masak teflon.

Bersihkan Panci Gosong Dengan Garam

Kita harus berhati-hati ketika melakukan cara membersihkan panci gosong khususnya untuk alat masak yang berbahan teflon. Sering kali, ketika ketika kita melihat kerak gosong pada panci, kita ingin sekali langsung membersihkan kerak tersebut dengan pisau atau sendok.

Padahal, cara yang demikian hanya akan merusak panci dan membuatnya tidak bisa digunakan lagi. Cara membersihkan panci gosong yang benar bisa dengan menggunakan garam. Caranya adalah dengan pertama-tama merendam panci dalam air panas selama beberapa saat.

Nah, jika kerak gosong panci ada di bagian dalam, gunakan garam dan air dingin untuk merendam. Diamkan selama semalaman, dan bilas dengan air panas keesokan harinya. Cara ini akan menghilangkan kerak gosong pada panci atau wajan.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Bersihkan Panci Gosong Dengan Baking Soda

Berikutnya adalah cara membersihkan panci dan wajan gosong dengan bantuan baking soda. Bila anda kebetulan memiliki baking soda di dapur, jangan disia-siakan karena bahan kue ini bisa menjadi solusi untuk panci gosong atau berkerak.

Baking soda terkenal dan sangat populer karena fungsinya yang serbaguna. Selain dapat digunakan untuk membersihkan setrika gosong, baking soda juga bisa digunakan untuk cara membersihkan panci gosong.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air lalu oleskan pada bagian panci dan wajan yang gosong. Untuk hasil maksimal, diamkan terlebih dahulu selama beberapa jam. setelah itu, barulah cuci bagian dalam panci dan wajan gosong seperti biasa.

Bersihkan Panci Gosong Dengan Cuka

Sudah tahu kah anda? Cuka yang selama ini kita kenal sebagai bahan pelengkap makanan ternyata memiliki kandungan asam asetat yang berfungsi ampuh menghilangkan kerak gosong pada panci maupun wajan dan alat masak lain.

Cara menghilangkan kerak gosong dengan cuka sangatlah mudah. Setelah panci dipanaskan, cukup tuangkan cuka pada bagian yang berkerak dan tunggu selama beberapa menit saja agar asam asitat bisa mulai bekerja.

Setelah beberapa menit, cucilah panci atau wajan gosong tersebut menggunakan spons busa atau alat pencuci piring dari tembaga yang biasa. Atau, anda bisa mengikis kerak sisa gosong dengan spatula kayu dengan perlahan.

Bersihkan Panci Gosong Dengan Coca Cola

Cara menghilangkan kerak panci gosong yang satu ini terbilang unik karena menggunakan minuman bersoda Coca Cola. Minuman Coca Cola ini adalah favorit banyak orang, dan ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan gosong pada panci atau wajan.

Cara membersihkan panci gosong dengan Coca Cola sangatlah mudah, yaitu dengan menuangkan sekaleng Coca Cola pada panci atau wajan yang gosong lalu dipanaskan di atas kompor.

Setelah mendidih, goyangkan panci pelan-pelan agar Coca Cola membilas seluruh bagian panci yang gosong. Noda dan kerak akan terhapus dengan sendirinya, sehingga alat masak anda akan terlihat mengkilap lagi seperti baru.

Bersihkan Panci dan Wajan Gosong Dengan Jeruk Nipis

Jika anda cukup familiar dengan sabun cuci piring dengan ekstrak jeruk nipis, maka cara menghapus bekas gosong di panci yang satu ini tidak lagi aneh untuk anda. Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangkan noda gosong pada alat masak.

Cara membersihkannya adalah dengan memanaskan air hingga mendidih dan merendam panci atau wajan gosong di dalamnya. Beri cairan pencuci piring dan perasan jeruk nipis dalam air rendaman dan biarkan selama beberapa jam atau semalam sebelum menggosoknya hingga bersih.

Bersihkan Wajan Gosong Dengan Minyak Sayur

Masih dengan bahan dapur, anda bisa memanfaatkan minyak sayur untuk membersihkan wajan dan panci gosong. Minyak sayur yang biasa digunakan untuk menggoreng, bisa digunakan juga untuk menghapus kerak gosong pada alat masak.

Pertama, anda harus oleskan minyak sayur secara merata ke bagian panci dan wajan gosong. Setelah didiamkan selama beberapa jam untuk menunggu kerak gosong menjadi lunak, barulah cuci wajan atau panci yang gosong itu dengan cairan pencuci piring biasa dan spons busa.