Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar – Salep luka bakar dapat digantikan dengan banyak bahan alami lain Luka bakar tingkat pertama dan kedua dapat diobati dengan bahan alami. Ketika memasak dan tangan tak sengaja terkena api, maka akan muncul luka bakar yang terasa panas dan menyakitkan. Anda pun mungkin akan langsung mengoleskan salep luka bakar untuk mengobatinya.

Akan tetapi, ada beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengobati luka bakar. Pengobatan alami untuk luka bakar ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan luka bakar, serta membantu meningkatkan penyembuhan luka bakar.

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Studi menunjukkan bahwa sejumlah pengobatan alami dapat membantu mengobati luka bakar tingkat satu dan tingkat dua. Berikut beberapa pengobatan alami untuk luka bakar:

1. Madu

Beberapa penelitian menunjukkan, mengoleskan madu ke luka bakar dapat membantu meningkatkan penyembuhan, dan mengurangi peradangan. Madu efektif dalam mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua.

Madu juga dapat membantu menyembuhkan luka bakar dengan merangsang sistem kekebalan tubuh.

2. Lidah buaya

Lidah buaya dapat mempercepat penyembuhan luka bakar tingkat pertama dan kedua. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya langsung pada luka bakar anda sebanyak sekali atau dua kali dalam sehari hingga sembuh. Lidah buaya memiliki sifat antiperadangan, meningkatkan sirkulasi, dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Gel lidah buaya juga dapat menenangkan rasa sakit, serta mencegah lecet dan jaringan parut.

3. Calendula

Calendula merupakan bunga yang memiliki sifat anti-inflamasi. Para peneliti menemukan, menerapkan ekstrak calendula pada kulit yang memiliki luka bakar dapat meningkatkan penyembuhan.

4. Cuka putih

Cuka putih mengandung asam asetat yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit, gatal, dan radang luka bakar. Cuka putih memiliki sifat antiseptik sehingga membantu menjaga luka bakar anda dari infeksi.

Anda dapat merendam handuk atau gunakan kapas ke dalam cuka untuk dijadikan kompres luka bakar, atau mencelupkan cotton bud pada cuka, sebelum dioleskan pada luka bakar anda.

5. Teh hitam

Teh hitam mengandung asam tanat yang dapat menghilangkan panas dari luka bakar, sehingga membantu mengurangi rasa sakit.

Caranya, letakkan dua atau tiga kantong teh hitam basah yang dingin di atas luka bakar anda. Lalu, gunakanlah kain kasa untuk menahannya agar tidak bergerak-gerak.

6. Susu

Susu mengandung lemak, dan protein yang dapat menenangkan luka bakar serta meningkatkan penyembuhannya. Anda dapat merendam luka bakar dalam susu selama 15 menit. Selain itu, yoghurt susu penuh lemak juga dapat membantu mendinginkan dan melembabkan kulit kering luka bakar anda.

7. Gandum

Gandum menjadi salah satu pilihan dalam mengobati luka bakar secara alami. Sebab, gandum mampu mengurangi peradangan, dan menenangkan kulit kering luka bakar anda.

Anda dapat menambahkan secangkir gandum ke dalam air, dan merendam luka bakar selama 20 menit. Hal tersebut dapat meredakan luka bakar anda, dan mengurangi rasa gatalnya.

Pertolongan pertama luka bakar

Ketika anggota keluarga, teman ataupun orang lain mengalami luka bakar tentu Anda harus melakukan pertolongan pertama. Adapun pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada penderita luka bakar, yaitu:

  • Tenangkan dan yakinkan orang yang memiliki luka bakar tersebut.
  • Cobalah untuk mendinginkan kulit yang terbakar menggunakan air dingin.
  • Jika memungkinkan, alirkan air dingin tersebut pada area kulit yang terbakar selama 10-15 menit hingga tidak terlalu sakit.
  • Sementara jika tidak memungkinkan untuk dialirkan, letakkan kain yang basah dan bersih pada luka bakar.
  • Pilihan lain, Anda juga dapat meminta orang yang mengalami luka bakar tersebut untuk merendam luka bakar dalam bak air dingin selama 5 menit.

Ini umumnya dilakukan untuk luka bakar ringan, jika luka bakar dikatakan parah maka sebaiknya segera cari bantuan medis. Sementara, jika Anda ingin menggunaka salep luka bakar pastikan jenis salep yang digunakan sesuai untuk mengobati luka bakar derajat yang dialami.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Dalam perawatan kulit terbakar, salep luka bakar memang sering digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Salep luka bakar dianggap efektif dalam membantu penyembuhan luka bakar. Namun, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya.

Anda bisa mengoleskan salep luka bakar, seperti salep lidah buaya atau petrolleum jelly secara tipis pada area kulit yang terbakar. Kandungan yang ada pada salep luka bakar dapat membantu pemulihan luka lebih cepat. Anda dapat meminta rekomendasi salep untuk luka bakar yang ampuh pada dokter.

Dampak luka bakar berdasarkan tingkatannya

Luka bakar tingkat pertama biasanya akan sembuh dalam 7-10 hari. Sementara itu, luka bakar tingkat kedua biasanya sembuh dalam 2-3 minggu. Berdasarkan tingkat keparahannya luka bakar dibagi ke dalam empat tingkatan, sebagai berikut.

  • Tingkat pertama: Luka bakar derajat satu hanya mempengaruhi lapisan luar kulit. Biasanya menyebabkan rasa sakit yang ringan, kemerahan dan pembengkakan.
  • Tingkat kedua: Luka bakar derajat dua mempengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan lepuh.
  • Tingkat ketiga: Luka bakar derajat tiga mempengaruhi semua lapisan kulit.
  • Tingkat keempat: Luka bakar derajat empat menyebabkan kerusakan pada tulang dan sendi.
    Sebagian kasus luka bakar dapat dirawat di rumah. Namun sejumlah kasus lainnya, membutuhkan perhatian medis.
Pengobatan Dengan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Perlu diingat bahwa menghindari atau menunda perawatan dapat menyebabkan kondisi serius. Oleh sebab itu, lakukanlah perawatan, segera setelah anda mendapat luka bakar.

Akan tetapi, jika luka bakar tak kunjung sembuh setelah melakukan pengobatan alami untuk luka bakar, maka anda harus melakukan perawatan medis.

Rekomendasi Produk Salep Luka Bakar yang Aman untuk Digunakan

Salep luka bakar ini bisa jadi pertolongan pertama saat kamu mengalami kecelakaan dengan sesuatu yang panas, sehingga kulitmu jadi melepuh atau luka yang tergolong ringan atau kecil (Jika tergolong parah, langsung bawa ke dokter atau rumah sakit). Jangan pernah mengatasinya menggunakan odol tau bahan lain yang tidak steril dan teruji secara medis.

Penggunaan bahan yang tidak steril dan teruji secara klinis untuk ngeobati luka bakar justru bisa membuat lukanya makin parah, hingga akhirnya meradang dan infeksi. Jika sudah begitu, luka justru akan makin sulit semubuh dan bekasnya akan sulit hilang. Untuk itu, sedia selalu salep luka bakar di rumah atau kosanmu, untuk keadaan darurat. Ini 10 rekomendasi produk salep luka bakar yang ampuh dan aman digunakan.

1. Bioderm Cream, mampu mengatasi infeksi kulit primer

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Produk salep luka bakar yang satu ini mempunyai kandungan utama berupa gentamicin sulfate yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Sebagai antibiotik aminoglikosida, produk ini mampu untuk membunuh bakteri. Mampu menghambat pertumbuhan bakteri, aplikasikan salep ini kalau kamu mempunyai masalah kulit seperti luka bakar yang terinfeksi, dermatitis yang terinfeksi, furunkulosis, serta acne pustularis.

Kisaran harga: Rp20 ribu – Rp30 Ribu
2. Betadine Anti-Septic Ointment, membunuh kuman agar tidak infeksi

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Ketika mengalami luka bakar, kamu memerlukan produk yang mengandung anti-septik untuk membunuh kuman dan mencegah infeksi. Seperti Betadine Anti-Septic Ointment, salep luka bakar yang mampu membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Dalam produk ini terdapat kandungan povidone-iodine 10% yang dapat membunuh kuman penyebab infeksi. Selain luka bakar, produk ini juga dapat mengatasi luka terpotong, sunat, tergores, dan luka kecil lainnya. Kamu perlu untuk membersihkan luka terlebih dahulu, lalu mengoleskan Betadine Anti-septic Ointment pada luka bakar sebanyak 1-2 kali di seluruh permukaan luka.

Kisaran harga: Rp15 ribu – Rp30 Ribu
3. Mebo Ointment, mengandung bahan alami untuk meminimalisir luka bakar

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Berbeda dengan produk salep luka bakar lainnya, Mebo Ointment tidak mempunyai kandungan ati-biotik kimia. Terdapat wangi minyak wijen dengan kandungan bahan alami yang mampu menyembuhkan sekaligus meminimalisir luka bakar ringan dan berat.

Kandungan bahan herbal aktif pada produk ini adalah Phellodendri chinensis, Coptidis rhizome, Scutellariae radix, Minyak Wijen dan Beeswax. Mampu untuk redakan rasa nyeri, menyerap sisa panas, meregenerasi sel baru, sekaligus melembapkan area luka. Namun, bagi kamu yang mempunyai sensitivitas terhadap minyak wijen atau beeswax sebaiknya lebih berhati-hati.

Kisaran harga: Rp85 ribu
4. Neocenta Gel, salep terapi untuk luka bakar dan infeksi lainnya

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Produk salep luka bakar selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Neocenta Gel. Terdapat kandungan Neomycin sulfate 0.5% dan Placenta extract 10%, yaitu anti-biotik topikal untuk terapi pada luka bakar serta masalah kulit akibat infeksi bakteri.

Tidak hanya mampu menghambat pertumbuhan bakteri, produk ini juga diklaim mampu membentuk jaringan baru pada kulit. Cukup mengoleskan secara tipis dan merata sebanyak 4-6 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp17 ribu
5. Nebacetin Ointment, mampu mengobati penyakit kulit karena infeksi bakteri

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Nebacetin ointment merupakan salep yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri seperti luka ringan, goresan benda tajam, sampai luka bakar ringan. Terdapat kandungan Neomycin sulfate dan Bacitracin yang diklaim mampu menghentikan terjadinya pertumbuhan bakteri pada kulit terluka. Ini merupakan kandungan anti-biotik yang tidak efektif untuk mengatasi infeksi akibat virus atau jamur.

Kisaran harga: Rp25 ribu
6. Bioplacenton, dapat mengobati luka bakar dan infeksi lainnya

Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Saat kulit terkena luka bakar ringan, jangan lupa untuk menjaga luka bakar tetap dalam kondisi bersih. Setelah mendinginkan luka dengan menggunakan air yang mengalir, kamu juga dapat mengobati luka bakar dengan mengaplikasikan Bioplacenton. Selain terkena knalpot atau akibat suhu panas, kamu juga dapat mengaplikasikan salep ini untuk masalah infeksi kulit dan juga luka kronik.

Produk ini mempunyai kandungan ekstrak plasenta yang memicu pembentukan jaringan baru dan untuk mengatasi luka. Ada pula kandungan neomycin untuk mencegah serta mengatasi infeksi bakteri pada area luka. Gunakan Bioplacenton tipis-tipis sebanyak empat sampai enam kali secara rutin untuk mempercepat proses penyembuhan luka

Kisaran harga: Rp18 ribu
7. Nutrimoist, ampuh menangani luka bakar dan menjaga kulit tetap lembap

Menggunakan bahan-bahan alami, kamu juga dapat mengaplikasikan produk ini untuk mengatasi luka bakar dan iritasi kulit. Nutrimoist mengandung polygonum multiflora yang dapat meredakan nyeri dan sebagai bahan anti-septik untuk membersihkan luka. Selain itu, ada pula kandungan polygonum cuspidatum yang mampu menyerap panas akibat luka bakar, anti-bakteri, dan anti-jamur.

Tidak perlu takut akan membuat luka menjadi semakin kering, produk ini pun dapat melembapkan dan membantu menumbuhkan jaringan kulit. Diklaim tidak mempunyai efek samping, kandungan angleica sinensis pada produk ini pun dapat melancarkan aliran darah serta mengatasi tahap awal infeksi kulit.

Kisaran harga: Rp120 ribu
8. Burnazin, dapat mencegah infeksi dan mengatasi luka bakar

Sering digunakan oleh banyak orang, membuat salep yang yang satu ini diklaim efektif mengatasi luka bakar dan dapat mencegah infeksi yang akan terjadi. Mempunyai kandungan silver sulfadiazine, produk ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat membuat luka menjadi infeksi.

Selain itu, salep ini juga dapat membantu menurunkan risiko bakteri menyebar ke kulit agar tidak menyebar ke kulit sekitarnya. Salep ini cocok untuk digunakan kamu yang mengalami luka bakar tingkat kedua dan ketiga.

Kisaran harga: Rp60 ribu

9. Madecassol, salep yang dapat mengatasi luka bakar dan keloid
Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Salep lainnya yang dapat kamu coba untuk mengobati luka bakar secara tuntas adalah Madecassol. Mempunyai kandungan centella asiatica yang tidak hanya dapat mempercepat proses penyembuhan kulit akibat luka, tetapi juga mempunyai senyawa anti-bakteri untuk mengurangi peradangan.

Selain itu, ada pula kandungan madecassic acid 30%, asiatic acid 30% dan juga asiaticoside 40% yang merupakan komposisi bahan ampuh untuk menyembuhkan luka bakar oleh pemicu apapun. Kamu juga dapat mengaplikasikan salep ini untuk keloid, luka bedah, dan luka akibat trauma.

Kisaran harga: Rp130 ribu

10. Bacitracin, mampu mengatasi luka bakar ringan dan infeksi pada kulit
Tips Pengobatan Alami dan Saleb Yang Cocok Untuk Luka Bakar

Produk salep terakhir yang dapat kamu coba adalah Bacitracin. Salep ini dapat kamu gunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi kulit ringan yang disebabkan oleh luka kecil, tergores, dan juga luka bakar.

Kisaran harga: Rp8 ribu