Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia

Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia – Kali ini MasihBaru akan menceritakan sebuah cerita perjalanan seorang Backpacker dan TIps untuk melakukan perjalanan keliling Indonesia dengan biaya yang tipis namun bisa menempuh 34 Provinsi sekaligus, mau tau ceritanya simak dan semoga tipsnya bermanfaat untuk sahabat travelling semuannya.

Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia

Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia
Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia

Terhitung sejak tanggal 25 Desember 2013, saya sudah berhasil menggapai mimpi saya untuk bisa keliling Indonesia. Dalam kurun waktu 5 tahun, saya telah mengunjungi sekitar 300an kabupaten/kota. Sebenarnya perjalanan keliling Indonesia bisa dilakukan dalam waktu setahun, jika bersungguh-sungguh.

Mengapa saya bisa berkata demikian? Karena yang membuat perjalanan saya keliling 34 provinsi di Indonesia jadi semakin menarik adalah saya justru mengunjungi duapertiganya di tahun 2013, saat saya berstatus sebagai seorang pekerja kantoran pada umumnya (8 jam kerja sehari, 5 hari kerja seminggu). Jadi, bagi Anda yang juga seorang pekerja kantoran seperti saya, Anda tak perlu resign dari kantor hanya untuk bisa keliling Indonesia. Anda hanya perlu menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Komitmen Tinggi
Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia
Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia

Apapun yang ingin Anda lakukan, komitmen merupakan kunci utama agar Anda sukses melakukannya. Bukti paling sederhana dari komitmen ini adalah tidak mudah tergoda oleh penawaran tiket promo ke luar negeri. Saya tidak hendak melarang Anda untuk bepergian ke luar negeri, tapi jika Anda bersungguh-sungguh ingin keliling Indonesia, sebaiknya teguhkan komitmen Anda ini. Kalau pun Anda tetap mau pergi ke luar negeri, hematlah jatah cuti Anda karena Anda akan sangat memerlukannya untuk dapat mewujudkan mimpi keliling Indonesia ini.

2. Set Prioritas Destinasi
Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia
Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia

Saya yakin Anda setidaknya telah mengunjungi/berlibur di 1 provinsi, yaitu provinsi tempat Anda menetap saat ini. Dengan demikian, maka tinggal 33 provinsi lagi, atau kurang dari itu. Saya sangat memahami bahwa banyak sekali destinasi di Indonesia yang ingin Anda kunjungi, bahkan di 1 provinsi seperti Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Maluku, atau Maluku Utara misalnya. Namun, Anda perlu mengatur prioritas yang ketat. Saran saya, tetapkanlah hanya 1-2 destinasi/kota di masing-masing provinsi yang ingin Anda kunjungi.

3. Jangan “BM”

Melanjutkan pembahasan tentang set prioritas destinasi, Anda tidak boleh “BM” (banyak mau). Beberapa kalimat yang cukup sering saya dengar adalah, “Sayang banget ke Maluku cuma sehari, mana puas.” atau “Saya maunya kalau ke Raja Ampat mah seminggu, kalau bisa malah sebulan.” Dulu, saya juga berpegang pada “prinsip” itu, yang akhirnya malah membuat saya tak kunjung pergi ke sana.

Waktu luang yang tidak terbatas adalah kemewahan yang rasanya sangat sulit untuk dimiliki oleh pekerja kantoran. Contoh sederhana dari penerapan saya terhadap prinsip “jangan BM” adalah saya mengunjungi Ambon di Provinsi Maluku dan Ternate di Provinsi Maluku Utara masing-masing hanya saat akhir pekan, alias hanya menginap 1 malam. Apakah saya puas? Tentu saya tetap bisa puas. Pengaturan waktu seperti ini dapat Anda terapkan pada kota yang bukan merupakan destinasi prioritas Anda.

4. Atur Jadwal
Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia
Tips Travelling Ala Backpacker Keliling ke 34 Provinsi DiIndonesia

Anda tidak harus mengunjungi semua objek wisata yang ada di satu kota selama Anda di sana. Meski Anda sedang punya misi untuk keliling Indonesia, nikmatilah keberadaan Anda selama di sana. Terlebih lagi, Anda akan butuh stamina yang prima karena boleh jadi di akhir pekan minggu depan Anda akan pergi ke destinasi yang berbeda.

Mengatur jadwal tak harus berarti Anda ketat dengan jadwal tanggal berapa Anda harus pergi ke mana. Dari pengalaman saya, fleksibel dalam menentukan destinasi dan waktu kunjungannya justru membawa saya pergi ke lebih banyak tempat. Umumnya, saya hanya mengatur jadwal kepergian untuk destinasi prioritas yang akan membutuhkan cuti 1-2 hari, selebihnya saya pergi mendadak (H-3 baru beli tiket).

5. Gunakan Skyscanner

Salah satu fitur Skyscanner yang paling saya sukai adalah “Pencarian ke Mana Saja”. Fitur ini memungkinkan saya untuk pergi ke suatu tempat berdasarkan budget yang saya miliki. Misal, jika saat itu saya hanya mempunyai budget sekitar Rp2 juta untuk liburan di akhir pekan, maka saya akan menggunakan fitur “Pencarian ke Mana Saja” untuk mencari tahu destinasi dengan harga tiket PP kurang dari Rp1 juta jika nantinya di lokasi saya berencana sewa mobil, atau Rp1,5 juta jika di sana saya tidak perlu sewa mobil (cukup sewa motor atau jalan kaki). Penjelasan lebih lengkap tentang fitur ini bisa Anda baca di sini.

Selain fitur tersebut, saya juga sering memanfaatkan Skyscanner untuk mencari tahu periode harga tiket termurah ke destinasi prioritas saya. Dengan mengetahui hal ini, saya jadi bisa menyiapkan budget yang memadai untuk berlibur ke sana. Model pencarian harga tiket berdasarkan periode termurah ini tidak bisa Anda dapatkan jika melakukan pencarian di situs web maskapai atau pun travel agent. Baca selengkapnya di sini.

Tips Tambahan : Pembagian Waktu

Tidak semua destinasi di Indonesia harus Anda kunjungi selama berhari-hari, setidaknya bagi saya. Ada banyak kota yang cukup dikunjungi pada akhir pekan saja. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, manfaatkan cuti yang Anda miliki sebaik-baiknya, gunakanlah hanya untuk destinasi prioritas Anda atau untuk destinasi yang “Kalau ditambah cuti, saya jadi bisa mengunjungi 2 provinsi sekaligus.”

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan bagi Anda yang ingin keliling 34 provinsi yang ada di Indonesia. Tentu saja Anda tidak harus benar-benar mengunjungi semuanya dalam setahun, terutama jika Anda tidak mempunyai cukup sumber daya (waktu/uang/stamina), namun tentu tidak ada salahnya dicoba. Sudah tidak sabar ingin segera keliling Indonesia? Gunakanlah Skyscanner untuk mencari tiket pesawat, akomodasi, dan sewa mobil ke destinasi yang Anda inginkan!