Tips Travelling Melihat Pesona Alam Bawah Laut Terindah DiBunaken

Tips Travelling Melihat Pesona Alam Bawah Laut Terindah DiBunaken  – Hai sahabat MasihBaru kali ini kita jalan  – jalan kedaerah Sulawesi Utara tepatnya di Manado, ada yang sudah pernah mendengar dan pergi ke Taman Laut Bunaken dengan panorama bawah laut yang akan membuat kalian gak akan berkedip melihat ekosistemn yang sangat indah?. Yuk kita simak sama sama.

Tips Travelling Melihat Pesona Alam Bawah Laut Terindah DiBunaken

Keindahan alam yang ditawarkan Taman Laut Bunaken seakan tidak pernah ada habisnya. Berada di Perairan Teluk Manado, Sulawesi Utara, kawasan konservasi perairan seluas sekitar 89.065 hektare ini menyimpan sejuta pesona keindahan bawah laut yang dapat menghipnotis para wisatawan.

Aktivitas di Bunaken

Menjadi Taman Laut pertama yang didirikan pada 1990 membuat Taman Laut Bunaken memiliki lokasi-lokasi menyelam dan snorkeling yang paling baik dengan puluhan jenis terumbu karang serta ribuan jenis ikan.

Sekitar 20 titik penyelaman siap menjamu para penyelam untuk melihat lebih dekat beragam biota laut yang menakjubkan. Selain menyelam, pengunjung bisa berjalan santai menyusuri lima pulau yang mengelilingi taman laut ini, yakni Pulau Bunaken, Siladen, Manado tua, Mantehage, dan juga Nain. Pengunjung juga bisa mengunjungi cagar alam Tangkoko Duasudara Nature.

Selain menikmati pemandangan indah Taman Nasional Laut Bunaken dari daratan, ada beragam aktivitas lain yang bisa kamu lakukan, yakni snorkeling atau menyelam. Ada 23 titik lokasi penyelaman yang dapat dikunjungi.

Bagi kamu yang tidak membawa peralatan menyelam tidak usah ragu, sebab ada banyak alat-alat selam yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

Jika tidak ingin menyelam, kamu bisa melakukan tracking di sepanjang jalur tebing serta mendaki gunung berapi Manado Tua, memancing dengan nelayan lokal, serta menonton lumba-lumba di laut lepas.

Biaya Taman Nasional Laut Bunaken
Tips Travelling Melihat Pesona Alam Bawah Laut Terindah DiBunaken
Tips Travelling Melihat Pesona Alam Bawah Laut Terindah DiBunaken

Nah, berencana untuk menghabiskan liburan ke Taman Nasional Laut Bunaken? Berikut rincian biaya yang dibutuhkan:

  1. Sewa peralatan snorkeling mulai dari harga 100 ribu rupiah per hari.
  2. Sewa penginapan di sekitaran Taman Nasional Laut Bunaken mulai dari harga 500 ribu rupiah per malam.
  3. Sewa kapal ke Pulau Bunaken seharga 800 ribu hingga 1 juta rupiah per enam orang pulang pergi.
  4. Tiket pesawat dari Jakarta ke Manado mulai dari 900 ribu per orang.
Waktu Terbaik

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bunaken, yakni antara bulan Mei hingga Agustus. Namun, untuk yang memilih mengunjungi pada bulan Juli hingga Agustus, jangan lupa memesan resor serta opertaor selam yang ada di sana. Sebab merupakan musim iburan sehingga sudah penuh dipesan wisatawan lain.

Transportasi

Tips Travelling Melihat Pesona Alam Bawah Laut Terindah DiBunaken

Untuk mencapai Bunaken, pengunjung dapat menaiki pesawat udara langsung menuju Kota Manado. Dari Manado bisa menyewa kapan menuju Bunaken lewat Padar Bersehati ataupun marina dan menempuh perjalanan sekitar 40 menit.

Lokasi Selam Terbaik

Tips Travelling Melihat Pesona Alam Bawah Laut Terindah DiBunaken

Meskipun terkenal dengan pesona ribuan ikan dan juga terumbu karang yang indah, namun masing-masing lokasi memiliki keunikannya masing-masing. Berikut lokasi-lokasi selam yang wajib untuk dikunjungi saat berlibur ke Bunaken.

1. Tembok Lekuan

Rombongan ikan Kakatua serta penyu ada di taman laut ini. Menariknya, Tembok Lekuan merupakan sebuah tembok panjang yang terbagi menjadi tiga bagian, yakni Tembok Lekuan I, Tembok Lekuan II, dan Tembok Lekuan III. Tembok Lekuan taman laut terbaik dengan dinding curam dan celah yang dalam juga adanya kipas angin laut dan spons raksasa.

2. Mandolin

Ingin merasakan sensasi berenang lebih dekat dengan para ikan? Taman laut Mandolin wajib untuk dikunjungi! Memiliki puncak karang dan dinding yang dihuni ribuan ikan, seperti ikan penembak, unicornfish, juga bannerfish, membuat ikan-ikan tersebut terbiasa berenang dan mudah mendekati manusia.

3. Bunaken Timor

Meskipun tak memiliki terumbu karang yang seindah tempat lainnya, Bunaken Timor menjadi tempat terbaik untuk melihat penyu, hiu, pari elang, dan ikan besar lainnya. Arus yang kuat membuat ikan-ikan tersebut berenang bebas di taman laut ini.

4. Tanjung Kopi

Jika Anda penasaran melihat ikan barakuda, ikan sweetlip, ikan gobi, dan ikan nudi branch, taman laut Tanjung kopi patut untuk dikunjungi. Tanjung kopi merupakan sebuah tembok kecil yang memiliki jarak pandang yang kurang baik tetapi jumlah ikannya tetap membuat menarik untuk diamati.

5. Siladen

Siladen memiliki laut yang dangkal dengan dinding karang halus yang begitu indah. Uniknya, karang halus ini terlihat hidup jika arus datang.

6. Muka Gereja.

Tempat yang indah dengan perairan dangkal serta palung yang menuju ke dinding laut.

7. Puncak Barakuda

Merupakan tempat terjauh di barat laut Taman Laut Bunaken. Namun, ini tempat terbaik untuk menyapa gerombolan barakuda raksasa di antara ikan jack dan ikan tuna.

8. Reruntuhan kapal di Manado

Sebuah kapal dengan panjang 60 meter ini merupakan kapal milik pedagang Jerman yang tenggelam di dekat Pantai Molas pada 1942. Terdapat di kedalaman 23 meter, kapal ini menjadi tempat menyelam favorit bagi di Bunaken.