Tips Untuk Traveller Yang Suka Mabuk DiPerjalanan

Tips Untuk Traveller Yang Suka Mabuk DiPerjalanan – Mabuk perjalanan bukan sesuatu yang baru untuk dirasakan tubuh. Ketika berpergian menggunakan mobil, pesawat, ataupun kapal laut tak jarang rasanya tubuh ingin muntah, lemas, dan pusing tanpa sebab. Kenapa kadang tubuh bereaksi seperti itu selama perjalanan? Adakah cara mencegah agar tidak mabuk selama perjalanan? Simak penyebab dan cara mencegahnya di bawah ini.

Tips Untuk Traveller Yang Suka Mabuk DiPerjalanan

Tips Untuk Traveller Yang Suka Mabuk DiPerjalanan

Liburan atau Travelling selalu ditunggu-tunggu bagi traveller di Indonesia. Namun terkadang disaat kita berpergian pasti ada salah satu penyakit yang mengganggu perjalanan kita yaitu Mabuk Perjalanan.

Cara mudah untuk mencegah mabuk perjalanan ketika kamu sedang melakukan perjalanan. LKetika menaiki transportrasi yang dipilih, mulai dari motor, mobil, bus, kapal, kereta, hingga pesawat terbang, dan semuanya berpotensi membuat kita alami mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan terjadi karena adanya gangguan pada saraf pusat keseimbangan yang membuat kepala menjadi pusing dan perut mual.

1. Jangan Makan Terlalu Kenyang

Satu hal yang paling penting agar tidak mengalami mabuk perjalanan adalah sebaiknya menghindari makan yang terlalu kenyang. Mengisi perut sebelum perjalanan memang sangat diperlukan, namun ada baiknya jangan sampai berlebihan.

Karena, guncangan dari kendaraan biasanya bisa membuat kamu merasa mual atau pusing, sehingga membuat perjalanan kamu terasa tidak menyenangkan.

2. Istirahat atau Memejamkan Mata Sejenak

Ketika sudah merasa mual dan pusing, cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa dilakukan adalah memejamkan mata dan beristirahat sejenak. Pastikan posisi kepala berada di posisi stabil agar tidak membuat kamu semakin pusing.

3. Makan Permen

Konsumsi permen selama perjalanan juga cukup efektif untuk mengurangi rasa mual dalam perut. Hal ini dikarenakan permen dapat menekan produksi asam lambung dan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan. Pilih permen dengan rasa mint atau buah-buahan untuk mengatasi mabuk perjalanan.

4. Melihat ke Luar Jendela

Melihat keluar jendela memang bisa membuat kamu merasa lebih rileks, dibandingkan membaca atau melihat gadget dalam jangka waktu lama. Dengan melihat ke arah luar jendela, kamu bisa melihat pemandangan yang membuat mata terasa lebih rileks.

5. Minum Obat Anti Mabuk Perjalanan

Tips Untuk Traveller Yang Suka Mabuk DiPerjalanan

Cara yang wajib diterapkan untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah minum obat anti mual atau anti mabuk perjalanan. Sehingga selama perjalanan kamu akan tertidur dan tidak merasakan mabuk. Siapkan obat anti mabuk bisa menjadi cara terbaik, untuk mengantisipasi mabuk perjalanan.

6. Makan Makanan Ringan

Tips Untuk Traveller Yang Suka Mabuk DiPerjalanan

Selain konsumsi air putih, kamu juga bisa memakan makanan ringan. Hal ini untuk membantu mengisi kembali perut yang kosong akibat mual atau muntah.

7. Membawa Aromaterapi atau Minyak Angin

Aromaterapi atau minyak angin menjadi senjata ampuh untuk kamu yang sering mengalami mabuk perjalanan. Cara mencegah mabuk perjalanan ini cocok bagi kamu yang tidak terbiasa dengan AC mobil, aroma parfum di mobil.