Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable – Banda Aceh adalah ibu kota dari provinsi Aceh yang merupakan pintu gerbang menuju daratan Sumatra di sisi utara. Kota yang juga dikenal dengan nama Serambi Mekah ini merupakan tempat penyebaran agama Islam pertama di Nusantara. Konon kabarnya, Kesultanan Aceh merupakan bagian dari Kesultanan Turki Utsmani lho.

Selain wisata sejarah yang mengagumkan, kamu juga bisa menikmati bentangan alam Banda Aceh yang memukau. Setelah lebih dari 14 tahun sejak terjadinya bencana tsunami 2004, Banda Aceh kini telah bangkit dan bersolek dengan cantik. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di sini.

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable
Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Untuk menuju Banda Aceh, terdapat beberapa opsi yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget kamu, mulai dari pesawat, bus ataupun kapal. Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda dan Pelabuhan Malahayati sama-sama berlokasi tidak jauh dari Banda Aceh sehingga memudahkan para wisatawan yang ingin menuju kota Banda Aceh.

Kapal Apung Lampulo

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Kapal Apung yang satu ini juga menjadi saksi bisu sejarah kedahsyatan tsunami 2004. Kapal seberat 65 ton ini tersangkut tepat di atas sebuah rumah penduduk di Desa Lampulo. Kapal Lampulo ini merupakan sebuah kapal milik nelayan pencari ikan yang pada awalnya bersandar di TPI Lampulo.

Kapal yang terbuat dari kayu ini ternyata telah menjadi penyelamat bagi 59 orang saat tsunami 2004 terjadi. Untuk bisa melihat bagian atasnya, telah disediakan tangga datar yang kuat sehingga kamu bisa leluasa melihat bentuk dan kondisi kapalnya. Monumen ini tentunya mengingatkan kita akan kebesaran Sang Pencipta. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menggunakan labi-labi atau becak motor dari Banda Aceh dengan kisaran harga 5,000 IDR per kilometernya.

Pantai Ulee Lheue

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Setelah puas menikmati perjalanan panjang sejarah Aceh, kini saatnya kamu bersenang-senang menyusuri jajaran pantai di Banda Aceh. Pantai ini merupakan salah satu destinasi favorit warga lokal maupun wisatawan untuk melepas lelah.

Pantai Ulee Lheue merupakan pantai dengan kerusakan terparah pada tsunami 2004 lalu. Ini bisa dilihat dari warna pasir yang telah berubah warna menjadi coklat. Meskipun begitu, pantai ini tetap jadi primadona dengan arusnya yang tenang dan fasilitas hiburan yang lengkap. Kamu juga bisa menikmati menu jagung bakar yang banyak dijual di sepanjang pantai sambil menikmati senja yang indah.

Pantai Lampuk

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Pantai berpasir putih ini terletak sejauh 15 kilometer dari Banda Aceh. Meski sempat sepi pengunjung pasca tsunami 2004, namun kini Pantai Lampuk telah kembali ramai dikunjungi wisatawan. Terdapat empat jalur masuk menuju ruas Pantai Lampuk yang dinamai berurutan dari utara ke selatan dengan nama Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga dan Babah Empat.

Jalur Babah Tiga merupakan jalur menuju lokasi pantai yang sering digunakan untuk kegiatan surfing, sedangkan di jalur Babah Dua terdapat wahana edukasi konservasi penyu. Di sepanjang jalur pantai, kamu bisa dengan mudah menemukan kios dan warung makanan seafood yang menggugah selera. Pantai ini pun telah dilengkapi fasilitas wisata seperti banana boat. Jika ingin menginap, kamu bisa memilih tempat dari losmen hingga cottage yang mewah. Dijamin nggak akan rugi deh berwisata ke sini!

Pantai Lhoknga

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Tidak jauh dari Pantai Lampuk, terdapat Pantai Lhoknga yang tidak kalah cantiknya. Jika Pantai Lampuk terkenal dengan rekreasi banana boat dan kuliner ikan bakarnya, maka Pantai Lhoknga lebih dikenal dengan lapangan Golf, aktivitas surfing dan memancing. Ombak Pantai Lhoknga memang lebih besar dan telah dikenal luas di kalangan komunitas selancar internasional.

Pantai ini juga menjadi salah satu spot favorit untuk menikmati matahari terbenam di bumi Aceh. Suasananya yang lebih tenang dari Pantai Lampuk membuat pantai ini terasa sangat romantis. Cocok untuk kamu yang sedang ingin mencari tempat berbulan madu!

Pantai Lhok Mee Dan Bukit Soeharto

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Dengan butiran pasir putih yang lembut dan air laut jernih yang menyerupai kristal, Pantai Lhok Mee memiliki tempat tersendiri di hati warga Aceh. Selain itu, pantai ini juga memiliki ciri khas pepohonan yang tumbuh dari dalam air yang dikenal dengan nama pohon Geurumbang. Kamu bisa memanjat pohon ini dan menikmati semilir angin pantai di atas pohon yang menyejukkan.

Air lautnya yang jernih menjadikan pantai ini cocok sebagai area snorkeling. Setelah beristirahat dan melepas lapar di sini, kamu juga bisa menyantap ikan bakar yang dijual di daerah dekat pantai. Jika berkunjung ke sini, jangan lupa mampir ke Bukit Soeharto. Bukit ini dinamakan demikian karena di bukit tersebut pernah diadakan program penghijauan pada masa kepemimpinan presiden Soeharto.

Bukit Lhok Eumpe

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Tidak cuma pantai, kamu juga bisa berwisata di area perbukitan di pinggiran Kota Banda Aceh. Bukit Lhok Eumpe terletak di Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar, kurang lebih 10 km dari Banda Aceh. Untuk bisa mencapai bukitnya, kamu bisa bertanya pada warga sekitar yang akan dengan ramah menemanimu menuju bukit Lhok Eumpe. Dengan akses jalan yang cukup baik dan tidak terlalu terjal, kamu hanya perlu waktu kurang lebih 15 menit untuk bisa mencapai puncak bukit dan menikmati padang savana serta pemandangan bukit barisan yang indah.

Pucoek Krueng Raba, Lhoknga

Wisata Alam Aceh Yang Paling Terkenal dan Instagramable

Hutan Lhoknga yang dulunya misterius kini telah berubah menjadi destinasi wisata yang mulai populer di Desa Lhoknga. Salah satunya yang sedang banyak diperbincangkan adalah wisata Pucoek Krueng Raba. Meski lokasinya tidak jauh dari Banda Aceh, kamu tetap perlu mengajak pemandu wisata untuk bisa menuju ke sini. Sepanjang jalan menuju Poencak Krueng kita akan banyak menyaksikan pemandangan padang sawah yang meneduhkan. Jika ada budget lebih, kamu bisa langsung menyewa boat dengan harga 50,000 IDR per orang untuk menyusuri Sungai Raba dari hilir ke hulu.

Pucoek Krueng merupakan sebuah kawasan di hulu sungai yang asri dengan tanaman yang tertata rapi. Siapa sangka ada tempat secantik ini di pedalaman hutan Lhoknga? Suasana yang tenang ditambah dengan pegunungan kapur yang membentang di depan matamu menjadikan destinasi ini sebagai salah satu yang pantang dilewatkan!

Ujung Kelindu

Berlokasi di Desa Lamreh, Aceh Besar, Ujung Kelindu menyajikan pemandangan tebing berpantai yang indah. Tempat ini juga berada tidak jauh dari Pantai Lhok Mee. Selain bagian tebing, kamu juga bisa menghampiri bagian Tanjung Ujung Kelindu yang tidak kalah indahnya. Pesona air laut hijau yang berpadu dengan bukit savanna yang memukau memberikan warna kontras yang cantik. Meski kamu perlu menghabiskan waktu lebih dari satu jam dalam perjalanan, rasa lelah yang kamu alami akan terbayar saat kamu berhasil mencapai tempat ini.

Air Terjun Pekan Bilui

Tidak hanya wisata pantai, Banda Aceh juga menawarkan panorama alam air terjun yang menyegarkan. Terletak tidak jauh dari Banda Aceh, kamu bisa bergerak ke arah selatan menuju hulu sungai Seunong Bate Doeng dimana air terjun Pekan Bilui berada. Selama perjalanan, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan desa, sawah hingga jajaran bukit barisan.

Selain menikmati kesegaran air terjunnya, kamu juga bisa memancing di area hilir air terjun dimana terdapat banyak sekali jenis ikan air tawar yang cantik. Jika ingin pengalaman yang lebih menantang, kamu bisa naik tangga ke atas bukit air terjun dan menemukan padang rumput kecil yang dijuluki rimbun asmara. Romantis sekali, bukan?

Air Terjun Kuta Malaka

Satu lagi destinasi wisata air terjun di sekitar Banda Aceh, yaitu air terjun Kuta Malaka. Air terjun tujuh tingkat ini berada di bukit Kuta Malaka yang lokasinya masih agak terpencil. Perjalanan menuju ke sini merupakan perjalanan yang memacu adrenalin karena melewati berbagai tanjakan dan kelokan yang tajam. Selain itu kamu juga harus menapaki 412 anak tangga di dalam area hutan menuju lokasi air terjun.

Walaupun perjalanannya terdengar menantang, segala kelelahan akan dihilangkan oleh pemandangan indah dari air terjun Kuta Malaka. Jika menghadap ke timur, kamu juga akan disuguhkan dengan panorama alam Aceh yang memukau, mulai dari bukit savana, daratan Aceh hingga Selat Malaka. Kamu juga bisa menyegarkan diri dengan cara di kolam air terjun ini. Penat dan rasa lelahmu dijamin akan hilang seketika deh.