Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah – Tidak seperti kulinernya yang cukup variatif, kota Solo cukup miskin tempat wisata yang asyik. Namun, tidak demikian dengan kota di sekitarnya. Destinasi wisata di Solo dan sekitarnya bahkan bisa menandingi tempat wisata yang ada di Yogyakarta.

Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah
Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Mulai dari wisata alam, panorama yang keren hingga destinasi wisata man made yang Instagenik menjadikan destinasi wisata di Solo dan sekitarnya ini menjadi salah satu tujuan wajib jika kamu melewati kota Batik. Kuliner Solo yang menggiurkan tentunya bonus!

Ingin tahu destinasi wisata di Solo dan sekitarnya yang recommended untuk sesi liburan kamu berikutnya? Simak daftarnya di sini, ya!

1. Seperti di ujung Bumi – Gunung Besek Kismantoro, Wonogiri

Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Kamu yang memiliki jiwa petualang wajib mengunjungi spot yang satu ini. Bagaimana tidak, kamu akan disuguhi pemandangan lanskap pedalaman Wonogiri yang berbukit, hijau namun tetap eksotis. Sejumlah spot juga cukup asyik untuk dijadikan tempat berfoto kamu.

2. Struktur pemecah arus yang Instagenik – Bendungan Colo, Sukoharjo

Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Bendungan Colo di kawasan Sukoharjo memiliki potensi wisata daerah yang menjanjikan. Aliran air di bawah bendungannya pun, dari sudut pandangan tertentu, berstruktur dan berbentuk menarik. Pas untuk dijadikan background berselfie kamu!

3. Menikmati Merapi dan rekahan lebar kawahnya – Kalitalang, Balerante, Klaten

Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Magelang memiliki daya tarik tersendiri. Dari sudut pandang di Kali Talang, kemegahan dan lanskapnya yang artistik menjadikannya semakin eksotik.

4. Monumen cinta yang istimewa – Candi Plaosan, Klaten

Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Mengabaikan segala perbedaan, Rakai Pikatan membuktikan cintanya pada Pramodyawardani dengan membangun Candi Plaosan yang tidak hanya indah, tapi juga begitu ikonik. Tempat ini bukti nyata bahwa menyatukan perbedaan bukanlah hal yang mustahil.

5. Menikmati panorama di atas awan – Bukit Cumbri, Wonogiri

Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati panorama alam yang asyik dari spot yang eksentrik, Bukit Cumbri adalah tempat yang pas untuk itu. Mulai dari nuansa, atmosfer hingga pemandangan yang disajikan, dijamin akan membuat kamu meleleh.

6. Keindahan yang tersembunyi – Air Terjun Jumog, Karanganyar

Destinasi wisata ini sempat disebut sebagai cuilan surga yang terserak di Karanganyar. Tidak berlebihan mengingat tempatnya memang indah, pun demikian dengan atmosfer dan nuansa yang ditawarkan.

Melihat air terjun sembari menikmati udara yang sejuk dan hawa pegunungan yang adem, kamu akan kesusahan untuk pulang.

7. Kemegahan yang tidak terbantahkan – Grojogan Sewu, Karanganyar

Untuk bisa menyaksikan air terjun ini, kamu harus menuruni ratusan tangga dengan panorama alam yang masih natural disekitarnya.

Sesekali, kamu mungkin akan melihat monyet yang berkeliaran dan berlarian sebelum akhirnya menyaksikan air terjun dengan ketinggian lebih dari 20 meter dengan debit air yang besar. Curahan air yang menggelegar dan efek yang ditimbulkannya, sungguh asyik untuk dinikmati.

8. Segar dan menyegarkan hati – Umbul Cokro, Klaten

Siapa sih yang tidak suka bermain air? Apalagi jika airnya cukup dingin dan menyegarkan!

Belum lagi nuansa dan atmosfernya yang juga asyik untuk menikmati hari.


Di mata air Cokro, Klaten, kamu bisa mendapatkan ‘kemewahan’ itu dan menikmati kesegaran, yang pastinya akan menyegarkan hati dan pikiran kamu yang sedang kalut.

9. Green canyon mini – Socokangsi, Jatinom, Klaten

Bayangkan berada di lembah yang hijau dengan aliran air mengalir dengan segarnya sungguh sangat syahdu.


Destinasi wisata di Solo, atau lebih tepatnya di Socokangsi, Jatinom, Klaten ini pun kini menjadi salah satu wisata hits bagi para traveller. Tidak sedikit yang menyebutnya sebagai Green Canyon mini lho!

10. Spot asyik untuk anak zaman now – Bukit Hope, Wonorejo, Jatiyoso

Bagi para Gen-Y dan Z, spot asyik untuk berfoto selalu menjadi destinasi favorit. Pun demikian dengan Bukit Hope,

yang menyuguhkan bukan hanya keindahan panorama alam Karanganyar, tapi juga menghadirkan beragam spot berswafoto yang kekinian dan ngehits. Kamu tidak boleh melewatkannya, ya!

11. Terbang di awang-awang – Paralayang Segoro Gunung

Apa rasanya melayang seperti burung dan menyaksikan keindahan Karanganyar dari ketinggian? Dengan membayar mulai dari 300,000 IDR, rasakan sendiri keseruannya dengan mengunjungi Paralayang, Segoro Gunung, Karanganyar dan menikmati panorama alam dari ketinggian. Seru abis!

12. Membebaskan mata menikmati panorama Merbabu dan Merapi – Gancik Hill, Selo, Boyolali

Jika berencana melakukan pendakian ke Merbabu melalui rute Selo, sempatkan diri untuk merapat ke Gancik Hill.

Jika berencana melakukan pendakian ke Merbabu melalui rute Selo, sempatkan diri untuk merapat ke Gancik Hill.

Gardu pandang dengan latar panorama alam yang keren dan kemegahan Merapi menjadi daya tarik utamanya. Bayangkan bisa berselfie di sini dengan background kece seperti ini!

13. Air terjun tersembunyi – Dung Grujuk, Doyong, Miri, Sragen
Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah
Wisata Alama Kota Solo Yang Terkenal dan Indah

Sedikit melipir ke pesisir Sragen, kamu bisa menemukan air terjun tersembunyi yang di musim penghujan katanya menyuguhkan pemandangan bak Niagara. Namun di luar itu, mulai dari nuansa alam hingga panoramanya sudah cukup untuk membujuk kamu berwisata seru di Kedung Grujuk ini.