Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia – Berwisata tak hanya melulu soal jalan-jalan di pantai atau mendaki gunung. Di Indonesia, kebun buah pun juga bisa dijadikan alternatif tempat berlibur. Selain menawarkan pemandangan indah, pengunjung bisa pulang dengan kenyang karena dibebaskan memetik buah sepuasnya.

Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia
Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Ada beberapa lokasi di Tanah Air yang mengusung kebun buah sebagai konsep utamanya. Berada di lokasi dengan panorama alam yang menarik, wisata petik buah juga bisa sekaligus menjadi ajang bermain dan belajar yang unik. Tanpa banyak kata lagi, berikut TravelingYuk sajikan daftar tujuh wisata petik buah yang ada di seluruh Indonesia.

Taman Buah Mekarsari Di Bogor
Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia
Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Letaknya di daerah wisata Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Hal yang menarik di Kebun Buah Mekarsari ini adalah para wisatawan bisa menginap, sehingga para pengunjung dapat puas menikmati bermacam jenis fasilitas yang ada. Perlu diketahui, kebun wisata buah Mekarsari ini memiliki area sekitar 264 hektare dan merupakan salah satu pusat pelestarian buah-buahan tropis terluas di dunia.

Petik Anggur di Sumberbendo, Probolinggo
Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia
Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Sumberbondo menjadi satu-satunya desa di Probolinggo yang memilki lahan agrowisata. Perkebunan anggur yang satu ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun asing.

Tak hanya dapat melihat area perkebunan yang merupakan tempat pembudidayaan anggur merah, anda bersama keluarga juga dapat bermain di sebuah taman bermain dengan berbagai fasilitas yang ada.

Petik Stroberi di Bedugul

Bedugul dikenal sebagai salah satu daerah berhawa dingin di Bali. Jika kebetulan menjelajah ke Bukit Melingkuh, Desa Baturiti, kamu akan menemukan wisata petik stroberi di Bali Outbond and Farmstay.

Selain memetik stroberi, pengunjung di sini juga akan diberi kesempatan mencoba berbagai kuliner berbahan stroberi, seperti selai dan rujak. Pemandangan indah juga bisa Anda nikmati di kebun seluas dua hektar ini.

Petik Apel di Batu, Malang

Ada beberapa lokasi petik apel yang terkenal di Batu. Dua di antaranya ada di area perkebunan Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) dan di kompleks Kusuma Agrowisata. Bagi yang mencari variasi lebih, disarankan untuk meluncur ke Kusuma Agrowisata.

Di resort yang menawarkan berbagai fasilitas lengkap tersebut, kamu juga berkesempatan memetik langsung buah jeruk, sayuran, dan jambu air.

Petik Jeruk di Kintamani

Salah satu komoditas terbaik dari Kintamani adalah buah jeruk. Bahkan Jeruk Kintamani sampai diekspor ke Pulau Jawa karena konon bisa bertahan seminggu lebih tanpa menggunakan bahan pengawet.

Jika penasaran, langsung saja datang merasakan sensasinya. Lokasinya ada di dekat dengan Danau Batur, jadi tidak perlu khawatir akan cepat bosan jika berkunjung ke sini.

Petik Buah Naga di Banyuwangi

Jika kebetulan datang ke Banyuwangi, berkunjunglah ke Desa Sambirejo.

Di sini kamu akan mendapati wisata petik buah naga yang menawarkan sensasi berbeda dibandingkan memetik buah lain pada umumnya.

Petik Stroberi di Ciwidey

Kebun ini berada di Ciwidey, Kabupaten Bandung, atau sekitar 61 km dari pusat Kota Bandung, Jawa Barat. Menariknya, di kebun ini pengunjung bisa memetik buah stroberi dengan biaya Rp30 ribu hingga Rp 50 ribu per kilogramnya.

Kebun ini juga bisa menjadi wahana wisata edukasi bagi anak-anak karena dapat mempelajari cara membudidayakan buah stroberi yang berkualitas. (Sukma Alam).

Wisata Kampung Durian, Jombang

Buat kamu yang mengaku penggemar buah durian,agrowisata buah yang satu ini sangat cocok untuk kamu kunjungi tanpa harus menunggu musim durian tiba. Di sini kamu bisa memetik sendiri dan memakan buah durian beragam rasa langsung dari pohonnya, atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh dengan harga yang tentunya relatif murah dan terjangkau.

Menariknya lagi, di sini kamu bisa membeli bibit durian dan belajar cara menghasilkan buah durian dengan rasa yang berbeda-beda. Prosesnya alami kok, jadi jangan ragu untuk menikmati kelezatan buah durian yang berlokasi di Agrowisata Desa Sumber Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kusuma Agrowisata, Malang

Agrowisata ini memberikan layanan wisata petik buah apel dan stroberi di dalam area perkebunan yang cukup luas dan berhawa sejuk. Bukan hanya buah apel dan stroberi saja lho, tapi ada beberapa jenis buah lainnya yang juga bisa dipetik langsung dari pohonnya. Selain buah apel dan stroberi, kamu juga bisa menikmati buah jeruk, jambu merah, buah naga dan lainnya. Semuanya alami dan bebas dari pestisida.

Selain menyediakan aneka buah, agrowisata yang berada di Kota Batu, Malang ini juga menghadirkan aneka wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Ada permainan Flying Fox, War Game di arena Airsoft Gun, hingga mengendarai kendaraan ATV di mini of road-track. Atau kamu tertarik dengan kuliner olahan buah? Ada restoran khusus yang menyediakan menu makanan berbahan apel dan stroberi di tempat ini. Seru kan?

Agrowisata Bhakti Alam, Pasuruan

Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Agrowisata Bhakti Alam berada didaerah perbukitan sehingga menampilkan pemandangan alam yang indah juga spot-spot foto yang menarik. Selain taman buah, agrowisata yang berada di Kota Pasuruan ini juga menyediakan taman bermain, kolam renang bahkan penginapan. Cocok buat kamu yang datang jauh-jauh dari luar Jawa Timur.

Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Untuk wisata buahnya yang bisa kamu nikmati, tersedia beragam jenis buah-buahan seperti jambu air, buah naga, melon, kelengkeng, dan lainnya. Tapi yang menjadi daya tarik utama dari agrowisata ini sekaligus menjadi ikon Agrowisata Bhakti Alam adalah buah durian. Jangan lupa, semua buah di sini bisa dipetik sendiri langsung dari pohonnya.

Agrowisata Petik Jeruk, Malang

Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Agrowisata yang terletak di Desa Selorejo Kec.Dau ini sangat menarik untuk dikunjungi karena terdapat beberapa jenis varietas jeruk yang dibudidayakan di tempat ini. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan memetik sendiri dan memakan buah jeruk yang masih segar dan manis langsung dari pohonnya.

Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Pengunjung juga bisa membawa pulang jeruk sebagai oleh-oleh dengan harga yang pastinya sangat murah. Berada di daerah perbukitan, agrowisata petik jeruk ini terlihat alami dan cukup kental dengan nuansa pedesaan yang khas.

Wisata Kebun Buah Terkenal Dan Terpopuler DiIndonesia

Tak heran jika tempat yang mulai dipopulerkan oleh para petani jeruk sejak tahun 2009 ini mendapat kunjungan wisatawan setiap harinya. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pedesaan di malam hari, terdapat puluhan home stay berupa rumah penduduk yang disewakan dengan harga yang terjangkau. Menarik kan?

Keboen Nogo Bululawang, Malang

Sesuai namanya yang berarti kebun naga, agrowisata yang satu ini memberi layanan wisata petik buah naga. Disini kamu bebas memetik buah naga yang diinginkan kemudian ditimbang untuk mengetahui harganya. Pastinya sangat murah jika dibandingkan dengan harga dipasaran, dan tentunya masih segar karena langsung dipetik sendiri dari pohonnya.

Kebun Buah Naga Pallangga, Gowa, Sulawesi Selatan

Kebun Buah Naga Palangga terletak sekitar sepuluh kilometer dari pusat Kota Makassar. Meski objek wisata ini identik dengan buah naga, ada beberapa koleksi buah-buahan lainnya seperti rambutan, jeruk purut, dan kelengkeng serta beberapa jenis tanaman sayuran. Tidak hanya melihat kebun, pengunjung juga bisa belajar tentang cara pembudidayaan tanaman buah naga.

Kebun Buah Batuah, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Kebun Buah Batuah terletak di KM 24 Loa Janan, yang merupakan jalan utama antara Samarinda dan Balikpapan. Objek wisata ini memiliki luas 35 hektare dengan konsep pertanian dan wisata alam yang dikelola oleh Dinas Pertanian Tanaman Propinsi Kalimantan Timur. Selain jenis buah, kebun ini juga terdapat macam jenis anggrek dan rumah kaktus yang dapat dibeli oleh para pengunjung.

Petik Kurma di Pasuruan

Tak perlu ke Timur Tengah, di Pasuruan Anda bisa merasakan sensasi panen kurma lho! Apalagi di bulan Ramadan begini, sambil menunggu buka puasa, Anda bisa ngabuburit di tengah segarnya pemandangan Kebun Kurma Pasuruan ini.